January 30, 2023

Serah Terima dan Sosialisasi Pembangunan Gedung Lumbung Pangan Di Desa Pollung

2 min read

Humbahas, aspirasipublik.com – Pemkab Humbanghasundutan melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan

Uji coba penggunaan RMU dan Bed Dryer dan serah terima kepada kelompok penerima pembangunan lumbung pangan masyarakat Gapoktan Marbun Jaya di Desa Pollung, Kecamatan Pollung Kabupaten Humbahas Jumat(9/12).

Hadir dalam acara Tersebut Kadis Pertanian dan ketahanan Pangan Ir.Junter Marbun bersama jajarannya,Camat Pollung Parman Lumbangaol,Babinsa, Bhabinkamtibmas Polsek Pollung,Kepala Desa Pollung Beserta Perangkatnya dan Masyarakat,PPS desa Pollung,PPL Kecamatan Pollung Dan Seluruh(6 kelompok tani) Anggota Gapoktan Marbun Jaya.

Adapun bangunan yang diserahterimakan Pemkab Humbahas kepada Gapoktan ini yakni, Pembangunan Lumbung pangan kapasitas 60-100 ton, pembangunan Rumah RMU dan BED DRYER, pembangunan Lantai Jemur, Pengadaan RMU dan BED DRYER.untuk pembangunan ini adalah Swakelola Gapoktan ini dan Pengadaan Bed Dryer melalui E-katalog yang Dananya bersumber DAK bidang Pertanian Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Tahun anggaran 2022.

Menurut Pantauan Awak media ini, uji coba pengoperasian Bed Dryer Dan mesin penggiling padi berjalan sukses dan hasilnya memuaskan seperti yang diharapkan oleh keseluruhan anggota Gapoktan marbun jaya ini beserta Pemkab Humbahas.

Tujuan Pemberian bantuan infrastruktur dan seluruh pendukung kemandirian pangan ini diberikan sebagai tempat penyimpanan hasil produksi pangan yang didukung dengan fasilitas mesin pengolahan dan pengering gabah/beras yang dibangun untuk mewujudkan ketahanan pangan wilayah dan peningkatan kesejahteraan petani.

Pelaksanaan pembangunan infrastruktur pendukung dan seluruh pendukung kemandirian pangan adalah pembangunan lumbung pangan,lantai jemur dan Rumah RMU dan BED DRYER dilaksanakan secara Swakelola-Swakelola padat dan untuk pengadaan Mesin RMU dan BED DRYER melalui E-catalog oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Untuk itu usaha kilang beras berpeluang untuk dikembangkan Gapoktan Marbun Jaya.

Pemkab Humbahas berharap Alokasi Bantuan Lumbung Pangan ini kiranya berlanjut terus untuk kesinambungan dan bisa meningkatkan ketahanan Pangan dan pendapatan petani  khususnya Gapoktan Marbun Jaya dan masyarakat humbahas pada umumnya.

Kedepannya Gapoktan ini harus bersinergi mencari produksi pangan untuk kelancaran penggunaan bantuan dari pemerintah ini agarĀ  bisa menghadapi krisis Global di hari mendatang karena ini adalah termasuk Program Presiden RI Joko Widodo.

Sejauh ini ada sedikit kendala jalan dari jalan aspal(lapen) menuju lokasi Lumbung pangan kira-kira 100 meter karena jalannya baru dibuka dan masih nampak becek,

Polmar manik Selaku Sekretaris Gapoktan Marbun Jaya berharap, kepada Dinas terkait untuk perhatiannya memperbaiki jalan tersebut walaupun hanya perkerasan demi kelancaran transportasi keluar masuk kelokasi lumbung pangan,ujarnya”.

Ketua Gapoktan Marbun Jaya Pantun Lumban Gaol berharap kerjasama yang baik dalam tubuh Gapoktan ini agar saling mendukung satu sama lain untuk mengoptimalkan potensi produksi di daerah pollung khususnya yang didukung proses pengolahan dan pemasaran sehingga bisa membuahkan hasil dan meningkatkan nila tamba bagi petani.

Di penghujung acara Pantun Lumbangaol mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh masyarakat yang mendukung pembangunan lumbung pangan

dari awal Pembangunan sampai rampung dengan uji coba hari ini dan sangat berterimakasih kepada pemkab humbahas atas perhatiannya kepada Gapoktan Marbun Jaya, Terimakasih untuk Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan,Kami masih mengharapkan dukungan dan bantuan untuk kemajuan Lumbung pangan ini kedepannya,tutupnya”. (Jules R.lgaol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.