Beranda Pendidikan Dr. Husin Ansari, SE., ME. Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdangangan Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 186 dengan Predikat Sangat Memuaskan

Dr. Husin Ansari, SE., ME. Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdangangan Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 186 dengan Predikat Sangat Memuaskan

0
Dr. Husin Ansari, SE., ME. Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdangangan Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 186 dengan Predikat Sangat Memuaskan

Jakarta, aspirasipublik.com – Pada hari ini, Rabu 14 Desember 2022 bertempat di Kampus IPDN Cilandak Jakarta selatan Dr. Husin Ansari, SE., ME. Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdangangan Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 186 Dengan Predikat Sangat Memuaskan. dengan judul Disertasi

“Implementasi Kebijakan Green Public Procurement Dalam Pembangunan Berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Selatan”

Ujian Promosi Doktor yang dilakukan selama tiga jam dari pukul 09 .00 sampai pukul 12.00, yang pelaksanaan sidangnya dipimpin oleh Bapak Dr. Ismail Nurdin, M.Si. Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan didampingi Direktur Sekolah Pasca Sarjana IPDN Bapak Prof. Dr. H. Wirman. Syafri, M.Si. Mewakili Atas nama Rektor IPDN  Bapak Dr. Hadi Prabowo, MM.

Tim Promotor yang terdiri atas :1. Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA (Promotor)., 2. Prof. Dr. Ir. Dedeh Maryarni, MM (Co-Promotor)., 3. Dr. Irwan Tahir, AP., M.Si. (Co-Promotor).

Sidang ujian terbuka ini merupakan kelanjutan dari proses studi dan bimbingan yang telah dilalui selama mengikuti Program pendidikan Ilmu Pemerintahan sejak tahun  2019 dan Naskah disertasi dalam sidang ini merupakan hasil penyempurnaan dari naskah sebelumnya yang telah dikonsultasikan kembali kepada Tim Promotor dengan memperhatikan saran dan masukan baik secara lisan maupun tertulis dari Tim Penguji/Oponen Ahli yang terdiri atas:

1. Dr. Hadi Prabowo, MM. (Rektor IPDN)., 2. Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si. (Direktur Sekolah Pasca Sarjana IPDN)., 3. Prof. Dr. Muh. Ilham, M.Si. (Wakil Direktur Sekolah Pasca Sarjana IPDN)., 4. Prof. Dr. Dahyar Daraba, M.Si. (Guru Besar IPDN)., 5. Prof. Dr. Muh. Nur Sadik, MPM. (Penguji Eksternal)., 6. Dr. Deti Mulyati, SH., MH., CN. (Ibu Wakil Rektor)., Dr. Mansyur Achmad, M.Si. (Kaprodi Program Pasca Sarjana IPDN)., Dr. Muhadam Labolo, M.Si.

Riwayat singkat Dr. Husin Ansari, SE, ME., dilahirkan di Tumbang Samba Kabupaten Katingan 10 Juni 1980 anak kedua dari H. Firmansyah dan Hj. Maskaya, dari perkawinannya dengan Tri Hariati Ningsih dikaruniai 4 orang anak: 1. Habibie Alif Putra Husin, 2. Annisa Zahara, 3. Kenzo Khalif Al Husaini, 4. Muhammad Sidqi Al Gifari.

Dr. Husin Ansari, SE., ME. memulai pendidikan formal Sekolah Dasar di SDN Samba Danum 1 lulus tahun 1991, SMPN I Tumbang Samba lulus tahun 1994 dan SMAN I Sampit lulus tahun 1997. Kemudian melanjutkan pendidikan pada strata I di STIE Indonesia Banjarmasin Jurusan Akuntansi lulus tahun 2001 serta program magister Ilmu Ekonomi pada Universitas Lambung Mangkurat lulus tahun 2013.

Karir Dr. Husin Ansari, SE., ME., pada Tahun 2000 sebagai karyawan Banjarmasin Post salah satu anak perusahaan Kelompok Kompas Gramedia dan dalam pemerintahan dimulai sejak tahun 2005 sampai sekarang, dalam kedudukan sebagai Pegawai Negeri Sipil di Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan. pernah menjabat sebagai Kasubang Umum, Kasubag Rumah Tangga pada Sekretariat Daerah, Kepala Bidang Kekayaan dan Investasi pada Dinas Pengelolaan Keuangan dan Kekayaan Daerah, Kepala Bidang Pengelolaan Aset Daerah Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam pada Sekretariat Daerah, Kepala Bagian Perekonomian dan Administrasi Pembangunan pada Sekretariat Daerah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdangangan dan sekarang sebagai Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdangangan.

Disertasi Dr. Husin Ansari, SE., ME., yang berjudul “Implementasi Kebijakan Green Public Procurement Dalam Pembamgunan Berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Selatan” secara konseptual dianalisis menggunakan teori implementasi kebijakan Van Meter dan Van Horn (1973) untuk dijadikan konseptual dalam menganalisis implementasi kebijakan Green Public Procurement. Sementara serta konsep Green Public Procurement dari Akenroye. (2013) dijadikan konsep untuk membuat model implementasi kebijakan Green Public Procurement yang ideal dalam mendukung pembanguna berkelanjutan di Provinsi Kalimantan Selatan. menggunakan metode penelitian kualitatif yang ditentukan dengan purposive sampling , teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka, observasi dan wawancara. Sedangkan pengolahan dan analisa data melalui teknik coding dibantu program Nvivo 12 reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi, untuk pengujian keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi. Lokasi penelitian di Provinsi Kalimantan Selatan.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Husin Ansari, SE., ME., telah berhasil mengungkap hal-hal sebagai berikut:1. Implementasi kebijakan Green Public Procurement dalam mendukung Pembangunan di Provinsi Kalimantan Selatan belum optimal disebabkan oleh standar kebijakan yang berkaitan dengan rencana aksi dan kerangka hukum belumlah kuat, kebijakan masih bersifat generik dimana Peraturan Gubernur hanya menyatakan sebagai pedoman, kerangka hukum baik pada Perpres maupun Pergub tidak tegas menekankan diwajibkannya penggunaan GPP, organisasi dan kegiatan pelaksanaan yang berkaitan dengan rencana aksi dan otoritas pengatur dan pelaksana belum didukung oleh adanya kolaborasi, koordinasi yang berkaitan dengan skema ekolabeling tidak didukung oleh leadership yang baik, lingkungan kebijakan dan sikap pelaksana tidak didukung oleh komitmen dan kepatuhan untuk menjalankan GPP, sikap dan perilaku para pelaksana dan ekosistem produk ramah lingkungan dari hulu ke hilir belum tercipta dengan baik untuk mendukung pelaksanaan GPP.,2.Model implementasi kebijakan Van Meter dan Van Horn dipandang model yang dapat menjadi parameter analisis, akan tetapi pada realitasnya terdapat beberapa dimensi yang belum optimal diterapkan di Kalimantan Selatan, terutama dalam kaitannya dengan tujuan pembangunan berkelanjutan. Untuk itu, guna memberikan model yang ideal dan sesuai untuk diterapkan di Kalimantan Selatan, yang berusaha melengkapi celah kekurangan dari model yang sudah ada, peneliti membuat Model Implementasi Kebijakan Green Public Procurement Berkelanjutan, terdiri dari dimensi instrumen normatif, sumber daya kebijakan, kegiatan pelaksanaan dan kepatuhan actor-aktor kebijakan. Novelty hasil analisis dan model yang dibuat adalah ditemukannya komponen yang sangat penting yaitu leadhership dan kolaborasi yang belum diwacanakan dalam model Van Horn dan Van Meter secara dominan. Komponen-komponen tersebut menjadi pertimbangan peneliti untuk dimasukkan dalam bagian dimensi-dimensi baru pada Model Implementasi Kebijakan GPP Berkelanjutan.,3.Manfaat dari penelitian ini khususnya dalam pengembangan Ilmu Pemerintahan, diharapkan menjadi salah satu referensi dalam memperkaya khasanah keilmuan dan sekaligus menjadikan rujukan studi bagi mahasiswa yang terkonsentrasi pada objek penelitian yang sama.

Rangkaian acara siding terbuka  adalah sebagai berikut :  pembukaan dilanjutkan dengan pertanggungjawaban akademik dibacakan oleh Co Promotor setelah itu dilanjutkan dengan  ujian oleh penguji dan promotor , pengesahan kelulusan ,dilanjutkan dengan sambutan  Dr.Husin Ansari,SE,ME   diberikan kesempatan memberikan sambutan pertamanya sebagai Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 186 ungkapnya “ Saya ucapan terima kasih kepada tim promotor dan para penguji serta kepada anak dan  istri saya tercinta serta kepada kedua orang tua saya dan mertua saya  serta sahabat sahabat dari Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdangangan. Kabupaten Tabalong Provinsi Kalimantan Selatan  yang hadir disini , terima kasih teruntuk  bapak Bupati  Tabalong Dr. Drs. H.Anang Syakhfiani, M.Si ; beliau alumni Doktor di IPDN juga, yang selalu mendukung saya dalam menyelesaikan kuliah saya ini ,masih ungkapnya dalam proses    perjalanannya selama kuliah di IPDN karena saya tinggal di pedalaman Kalimantan kalau saya mau berangkat kuliah ke Jakarta ,saya dari rumah harus naik angkutan jarak 5 jam jalan darat dan naik Speed Boot dari tempat tinggal saya  menuju bandara setelah itu nginep di bandara baru terbang Jakarta yaitu di kampus tercinta  IPDN Jakarta  ini  itu semua saya lalui selama masa kuliah saya dari tahun 2019  dan Alhamdulillah berkat izin Allah SWT hari ini Doa saya dikabulkan oleh Allah SWT hingga saya menjadi Doktor IPDN ke 186 . selesai sambutanya dilanjutkan

Nasehat Akademik yang disampaikan oleh Prof. Dr. Nurliah Nurdin, MA kepada Dr. Husin Ansari, SE., ME., dengan prestasi studi ini dan dengan ilmu yang saudara dapatkan selama mengikuti perkuliahan di Program Studi Ilmu Pemerintahan, kini saudara dihadapkan pada tantangan yang lebih besar dan sekaligus tuntutan profesi yang lebih berat. Artinya, secara keilmuan, Saudara dituntut untuk secara berkelanjutan mendarmabaktikan ilmu pemerintahan tersebut bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Kami berharap dan berpesan kepada saudara agar dapat membuktikan segenap kemampuan professional saudara di berbagai bidang, serta berperan aktif dalam dalam pengembangan ilmu pemerintahan. Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan yang dapat berujung pada kesombongan, gunakanlah ilmu padi yang semakin berisi semakin merunduk, dan jadilah insan profesional yang bertakwa dan berguna bagi masyarakat, bangsa, dan negara.

Ucapan selamat juga dari media Aspirasi Publik Pimpinana redaksi Oberlin Sinaga, SH., SE., MM. yang juga dalam tahapan menyelesaiakan program Doktor IPDN dan wartawan Aspirasi publik Dr. Joko Susilo Raharjo Watimena, S.PdI., MM. semoga dengan ilmu yang didapatkan akan dapat memberikan manfaat untuk bangsa dan Negara tercinta serta dapat mengamalkan ilmunya untuk para generasi muda dan masyarakat Aamiin YRA.  (Oberlian sinaga @JSRW)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini