Beranda Daerah Jadi Penyerap Air, Lapangan Komplek Gaya Motor Ditanami Pohon

Jadi Penyerap Air, Lapangan Komplek Gaya Motor Ditanami Pohon

0
Jadi Penyerap Air, Lapangan Komplek Gaya Motor Ditanami Pohon

Jakarta Utara, aspirasipublik.com – Sejumlah pohon ditanam di Lapangan Komplek Gaya Motor, RT 01/08 Kelurahan Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (6/1). Ditanaminya pohon diharapkan mampu menjadi penyerap air.

Lurah Semper Timur, Sarmudi mengatakan Lapangan Komplek Gaya Motor di RT01/08 menjadi lokasi penanaman pohon lantaran kerap tergenang saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi. Pohon yang ditanam diharapkan mampu menjadi penyerap air.

“Hari ini kita menanam pohon di sini (Lapangan Komplek Gaya Motor di RT01/08). Kita harapkan pohon ini menjadi resapan air karena taman ini kerap tergenang air saat terkadi hujan dengan intensitas yang cukup tinggi,” kata Sarmudi, saat ditemui di Komplek Gaya Motor di RT01/08, Kelurahan Semper Timur, Cilincing, Jakarta Utara, Jumat (6/1).

Dia menerangkan, terdapat sepuluh pohon yang ditanami di lapangan tersebut, yang diantaranya berjenis Salak, Sengon, Bintaro, dan Jambu.

Penanaman pohon juga sudah dilakukan di sejumlah lokasi seperti Jalan Akses Marunda dan Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani.

“Untuk penyediaan bibit pohonnya kita berkolaborasi antara pemerintah, pengurus RW, masyarakat, dan juga stakeholder. Minimal setiap harinya ada sepuluh pohon yang kita tanami di lahan-lahan kosong,” terangnya.

Sementara itu, Ketua RT 01/08 Kelurahan Semper Timur, Endang Subagya mendukung upaya Pemerintah Provinsi DKI Jakarta yang tengah menggalakkan penanaman pohon.

Apalagi di lingkungannya kerap tergenang saat terjadi hujan dengan intensitas tinggi.

“Di sini juga lintasan lalu lintasnya cukup padat dengan banyak dilewati truk trailer, jadi bukan hanya penyerapan, pohon juga bisa mengurangi polusi udara. Ini sangat baik dan kita mendukungnya,” tutup Endang Subagya. (eduardus)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini