Mahasiswa USD Asal Nias Tampilkan Atraksi Budaya, Kebhinekaan dan Kearifan Lokal Jati Diri Pemersatu Bangsa

Yogyakarta, aspirasipublik.com – Mahasiswa Universitas Sanata Dharma (USD) asal Kepulauan Nias tampilkan atraksi budaya berupa tari perang, tarian dan sejumlah alat musik tradisional Suku Nias pada acara ulang tahun USD ke 67.

Atraksi budaya Suku Nias ini dalam upaya memperkuat peran generasi muda dalam menjaga, merawat dan melestarikan budaya. Mengingat saat ini kesadaran kaum muda khususnya pelajar dan mahasiswa kurang menaruh perhatian terhadap seni budaya lokal. Padahal seni budaya merupakan warisan yang harus dibanggakan dan ditampilkan.

Seni budaya Suku Nias salah satu ragam budaya Indonesia bahkan mendapatkan pengakuan dari UNESCO seperti lompat batu Nias. Bahkan lompat batu tersebut pernah ditampilkan di uang kertas seribu rupiah.

Mahasiswa yang sedang menuntut ilmu di USD sangat bersyukur dan terimakasih atas kesempatan emas dan penghargaan yang diberikan oleh pihak kampus dan civitas akademik untuk menampilkan atraksi seni budaya Nias.

Perhatian kampus terhadap mahasiswa asal Nias ini cukup besar, sebagian dari mereka mendapat kesempatan studi sampai menyelesaikan S1 dengan beasiswa penuh untuk meraih gelar sarjana. Tidak menutup kemungkinan untuk lanjut S2 di program studi yang ada di USD.

Br. Sarju mengatakan mahasiswa asal Nias ini memiliki potensi yang besar baik di bidang akademis maupun humaniora. Melalui beasiswa yang diberikan oleh pihak kampus kiranya segala potensi dan bakat yang dimiliki bisa dikembangkan lagi supaya membawa manfaat dan kebaikan untuk masyarakat.

“Kami mengharapkan mereka tidak sekedar belajar menuntut ilmu disini, tetapi melalui budaya yang mereka miliki sebisa mungkin menampilkan budaya tari mereka sebagai media pembelajaran keberagaman, toleransi dan kemajemukan” ucapnya di Yogyakarta, Senin (9/1/2023).

Sehingga, masyarakat bisa mengenal budaya para mahasiswa asal Nias ini. Setelah mereka mengenal tentu akan terhibur dan selanjutnya akan menghargai Budaya Nias. Harapan kami mereka makin percaya diri, menjadi mahasiswa pembelajar dan berprestasi, kelak menjadi generasi penerus yang berguna dan dibanggakan oleh masyarakat, tutupnya. (Al)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *