Beranda Pendidikan Dr. Yasir Iswanto, SE.MM., Kuasa Hukum di Pengadilan Pajak usia 73 Tahun, Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 235 dengan predikat Sangat Memuaskan

Dr. Yasir Iswanto, SE.MM., Kuasa Hukum di Pengadilan Pajak usia 73 Tahun, Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 235 dengan predikat Sangat Memuaskan

0
Dr. Yasir Iswanto, SE.MM., Kuasa Hukum di Pengadilan Pajak usia 73 Tahun, Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 235 dengan predikat Sangat Memuaskan

Jakarta, aspirasipublik.com – Usia tidak menjadi penghalang seseorang menyelesaiakan pendidikan   ini semua dibuktikan oleh Dr. Yasir Iswanto, SE.MM., yang pada pagi hari ini kamis 14 september 2023  berhak secara Akademisi menyandang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN  pelaksanaan sidang berlangsung dari pukul 09.00 dan selesai pukul 12.00 di Ruang sidang khusus untuk program pasca sarjana Doktoral IPDN Jakarta di lantai satu gedung pasca sarjana Institut Pemerintahan Dalam Negeri jakarta, selaku pimpinan sidang Wakil Rektor IV Bidang Bidang Kerjasama Ibu Dr. Deti Mulyati, SH., MH., CN. mewakili atas nama Rektor IPDN Bapak Prof Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, MM. Dan pada siang   ini diputuskan  hasil sidang promosi Doktor bahwasanya atas nama  Dr. Yasir Iswanto, SE.MM., Kuasa Hukum  di Pengadilan Pajak  Setelah mempertahankan Disertasinya dihadapan promotor dan penguji selama tiga jam akhirnya Berhak Meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan ke 235  dengan predikat sangat Memuaskan dengan judul Disertasi:

“Pengaruh Penyuluhan dan Pelayanan Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Indonesia”

Dengan Tim Promotor yang terdiri dari :1. Prof. Dr. I Nyoman Sumaryadi, M.Si. (Ketua Promotor)., 2. Prof. Dr. Mansyur Achmad, M.Si. (Kap prodi program Doktor, Co Promotor)., 3. Dr. Faria Ruhaya, MP. (Kap Prodi Program Megister, Co Promotor)., Tim Penguji/Penelaah yang terdiri atas: 1. Prof. Dr. Drs. Hadi Prabowo, M.M. (Rektor IPDN) dan mewakili atas nama Rektor IPDN Ibu Dr. Deti Mulyati, SH., MH., CN. (selaku pimpinan sidang), 2. Prof. Dr. Muh Ilham, M.Si. (Direktur Pasca sarjana IPDN)., 3. Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA., CIPM., CSFA., 4. Prof. Dr. Triyuni Soemartono, M.M. (Penguji eksternal)., 5. Dr. Ika Sartika, M.T. (Wakil Direktur Pasca sarjana)., 6. Dr. Dadang Suwanda, M.M., M.Ak., CA.

Riwayat singkat Dr. Yasir Iswanto, SE.MM., dilahirkan di Tembilahan (Riau) pada tanggal 12 Januari 1950, dari pasangan bapak Kamsidjo (alm) dan ibu Waginem (almh). Pernikahannya dengan Dra. Sri Wahyuni, MPd. berlangsung pada tahun 1992 dan dikaruniai 2 (dua) orang anak, 1 putra, Ahmad Fraidee Pamungkas, ST.  dan 1 putri, dr. Dewi Hajar Fraidee Laras.

Pendidikan formal SD selesai pada tahun 1963 di SR Negeri Cokroyasan – Purworejo; pendidikan SLTP selesai pada tahun 1966 di SMP Negeri I Kutoarjo- Purworejo; pendidikan SLTA selesai pada tahun 1969 di SMA Negeri I Purworejo – Jawa Tengah; Gelar Sarjana Ekonomi diperoleh dari Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) pada tahun 1983; Gelar Magister Manajemen diperoleh dari Universitas Islam Indonesia (UII) – Yogyakarta pada tahun 1997; dan pada tahun 2014 memasuki Program Doktor Ilmu Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Pengalaman kerja: Dr. Yasir Iswanto, SE. MM. Dari tahun 1975 sampai tahun 2006 menjadi Pegawai (PNS) di Kementerian Keuangan (Direktorat Jenderal Pajak) dan lanjut bertugas di Pengadilan Pajak sampai dengan tahun 2006.

Tahun 2006 sampai 2021 bekerja sebagai Kuasa Hukum di Pengadilan Pajak.

Disertasi Dr. Yasir Iswanto, SE.MM., yang berjudul: Pengaruh Penyuluhan dan Pelayana Perpajakan terhadap Kepatuhan Wajip Pajak Orang Pribadi di Indonesia.Secara konseptual terinspirasi dari isu penting kualitas sumber daya manusia dalam penyelenggaraan birokrasi pemerintahan. Berangkat dari isu penting itulah maka menurut hemat kami masalah ini aktual untuk diteliti dan relevan dengan bidang yang ditekuni yang mendalami bidang ilmu pemerintahan menggunakan metode penelitian kuantitatif; Sampel penelitian sebanyak 100 orang wajib pajak diambil dari populasi 16.850.000 wajib pajak dengan teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuesioner dan observasi.

Dr. Yasir Iswanto, SE.MM., telah berhasil menganalisis yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini; dan mengambil/mendapatkan kesimpulan sebagai berikut: 1.Besarnya  pengaruh penyuluhan perpajakan terhadap kepatuhan perpajakan yang mencapai 12,5 persen ditentukan oleh pengetahuan perpajakan yang dikomunikasikan; Pengaruh terbesarnya adalah menyangkut “pemahaman pengetahuan perpajakan” yang berada pada skor rata-rata 4.310 pada skala Likert (5 gradasi), sedangkan pengaruh terkecilnya adalah yang menyangkut teknis dan non teknis perpajakan yakni pada skor rata-rata 4.140 pada skala Likert (5 gradasi); kesemuanya menunjukkan angka yang positif/baik (diatas angka 4 pada skala Likert 5 gradasi). Adanya pengaruh yang dibentuk oleh indikator-indikator penyuluhan perpajakan tersebut menunjukkan bahwa di antara penyuluhan perpajakan dan kepatuhan perpajakan terjalin suatu mekanisme hubungan kausalitas yang bermakna bahwa apabila penyuluhan perpajakan ditingkatkan atau meningkat maka peningkatan tersebut secara stimulan diikuti dengan peningkatan kepatuhan perpajakan., 2.Besarnya  pengaruh pelayanan perpajakan terhadap kepatuhan perpajakan yang mencapai 63,5 persen ditentukan oleh peraturan tentang pemberian kemudahan penyetoran, peraturan tentang pemberian kemudahan pelaporan; Pengaruh terbesarnya adalah menyangkut “system pelaporan perpajakan SPT manual/elektronik yang mudah)” yang berada pada skor rata-rata 4.310 pada skala Likert (5 gradasi), sedangkan pengaruh terkecilnya adalah pada Piloting Mall Pelayanan Publik (MPP) yakni pada skor rata-rata 4.130 pada skala Likert (5 gradasi); kesemuanya menunjukkan angka yang positif/baik (diatas angka 4 pada skala Likert 5 gradasi). Adanya pengaruh yang dibentuk oleh indikator-indikator pelayanan perpajakan tersebut menunjukkan bahwa di antara pelayanan perpajakan dan kepatuhan perpajakan terjalin suatu mekanisme hubungan kausalitas yang bermakna bahwa apabila pelayanan perpajakan ditingkatkan atau meningkat maka peningkatan tersebut secara stimulan diikuti dengan peningkatan kepatuhan perpajakan., 3.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara penyuluhan perpajakan dan pelayanan perpajakan secara bersama-sama terhadap kepatuhan perpajakan. Kontribusi pengaruh pelayanan perpajakan (0,556) lebih besar dari kontribusi pengaruh penyuluhan perpajakan (0,398) terhadap kepatuhan perpajakan; dapat dinyatakan bahwa penyuluhan perpajakan dan pelayanan perpajakan merupakan faktor-faktor yang menentukan kepatuhan dan kesadaran perpajakan orang pribadi.,dan 4.Masih diperlukan suatu pengembangan tehnik atau cara baru yang lebih efektif dalam upaya pencapaian target tingkat kepatuhan pajak Wajib Pajak Orang Pribadi (WPOP) yang dapat diwujudkan dalam suatu model penyuluhan yang dapat berjalan berbarengan (simultan) dengan pelayanan untuk kepentingan intensifikasi dan ekstensifikasi.

Hasil penelitian yang demikian itu diharapkan memberikan manfaat bagi pengembangan Ilmu Pemerintahan, sekaligus sebagai salah satu referensi bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lanjutan dalam bidang yang sama.

Nasehat Akademik yang disampaikan oleh. Prof. Dr. I Nyoman Sumaryadi, M.Si ., kepada Dr. Yasir Iswanto, SE. MM., Saudara telah berhasil mencapai prestasi studi yang layak dibanggakan, saudara juga berhasil menyusun konsep-konsep baru sebagai hasil pengembangan teori. Dan konsep-konsep itu menjadi kontribusi keilmuan bagi pengayaan dan pengembangan ilmu pemerintahan pada khususnya dan ilmu pengetahuan pada umumnya. Saudara Dr. Yasir Iswanto, SE.MM., dengan prestasi studi ini serta ilmu yang saudara dapatkan selama mengembara dalam belantara Ilmu pada Program Doktor Ilmu Pemerintahan, Institut Pemerintahan Dalam Negeri, Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia diharapkan menguatkan saudara untuk memberikan konstribusi dan solusi bagi setiap problematika bangsa. Saudara diberikan amanah mendharmabaktikan keilmuan khusus ilmu pemerintahan bagi kepentingan masyarakat, bangsa, dan negara. Kami meyakini bahwa saudara akan menunjukkan identitas profesional saudara di bidang tugas yang diemban dan memberi kemanfaatan bagi pengembangan ilmu pemerintahan di masa depan.Terakhir, jadilah insan yang senantiasa selalu bersyukur, profesional, memiliki empati sosial, dan selalulah berterimakasih untuk setiap kebaikan yang ditemui sehingga saudara selalu bermetamorfosa bagi keteladanan dimanapun saudara berada.Akhirnya kami sampaikan selamat dan sukses, semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa membersamai kita semua agar dapat memberikan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara, Aamiin YRA.

Ucapan selamat dari Pimpinan media Aspirasi Publik yang juga sedang dalam menyelesaikan sekolah pasca sarjana program Doktoral di IPDN, Bapak Oberlin Sinaga, SH., SE., MM. Dan wartawan aspirasi publik Dr. Joko Susilo Raharjo Watimena, S.PdI,MM, Semoga ilmu yang  diperoleh Dr. Yasir Iswanto, SE.MM., Kuasa Hukum  di Pengadilan Pajak akan dapat bermanfaat  untuk Masyarakat Bangsa Dan Negara Indonesia Tercinta, Amin YRA. (Oberlian Sinaga @ JSR Watimena)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini