Beranda Berita Peristiwa Ekonomi Kemasyarakatan Mulai Meningkat di Desa Pengasinan Kecamatan Gunung Sindur Kab. Bogor

Ekonomi Kemasyarakatan Mulai Meningkat di Desa Pengasinan Kecamatan Gunung Sindur Kab. Bogor

0
Ekonomi  Kemasyarakatan Mulai Meningkat di Desa Pengasinan Kecamatan Gunung Sindur Kab. Bogor

Bogor,aspirasipublik.com – Dana desa adalah dana yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang di peruntukkan untuk pembangunan di desa – desa. Dengan harapan kemandirian ekonomi, kebudayaan serta infrastruktur desa yang lebih memadai untuk di manfaatkan oleh masyarakat desa sekitar.

Anggaran yang di berikan oleh pemerintah adalah salah satu bentuk jawaban atas tumpang tindih nya kemerosotan ekonomi di masyarakat. Serta kunci sukses pembangunan di desa adalah partisipasi dan kolaborasi masyarakat dengan aparatur desa setempat.

Desa Pengasinan Kecamatan Gunung Sindur (kab.Bogor) adalah salah satu desa yang saat ini telah maju pesat di bidang ekonomi, pendidikan, kesehatan serta infrastruktur (jalan dan irigasi) desa ini dipimpin seorang kepala desa yang bernama Rusli Pranata, SE.

Awal nya masyarakat di desa pengasinan yang hanya berpenghasilan dari bercocok tanam padi, namun sekarang ini sudah banyak usaha rumahan yang tergolong dapat mencukupi biaya kebutuhan sehari – hari dari produktivitas makanan ringan seperti keripik singkong, keripik pisang dan lele asap.

Rusli Pranata SE, seorang kepala desa dengan kepiawaian tegas namun berjiwa sosial yang tinggi, bisa dikatakan sukses merealisasikan anggaran bantuan sosial sesuai dengan kebutuhan warganya terbukti banyak warganya sudah mulai menapaki usaha kecil rumahan.

Selain sebagai kepala desa Rusli Pranata, SE. adalah seorang pembisnis dan pengusaha, dalam kesibukkannya Rusli menyempatkan diri untuk di wawancarai oleh media aspirasipublik.com dan Rusli pun menyatakan”, peran pemerintah di dalam pembangunan desa sangatlah penting, dengan adanya Dana Desa pembangunan dan peningkatan taraf hidup masyarakat mulai membaik dan meningkat”, ungkapnya

“Untuk pemerataan bangunan saya lakukan dengan sistem bergilir, guna memberikan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat, yang melingkupi 7 kedusunan 7 RW dan 38 RT”, imbuhnya. Rusli pun kembali melanjutkan”, alhamdullilah infrastruktur jalan desa yang sudah 90% sudah dapat terselesaikan diantara lainnya : jalan Nagrog, jalan kampung kebun kopi dan jalan kampung jeletreng”, tuturnya

Peran penting masyarakat dengan cara bergotong royong telah mempermudah pekerjaan tersebut. Harapan saya selanjutnya apa yang menjadi kendala dan yang di inginkan masyarakat terjawab dengan semua pelaksanaan pembangunan di desa pengasinan dan saya pun berterima kasih kepada pemerintahan pusat dan pemerintahan kabupaten Bogor yang telah memberikan bantuan sosial untuk desa yang saya pimpin”, tegasnya. (Ria)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini