May 16, 2022

Berkat Program ADD Pembangunan Kampung Sumber Fajar Semakin Maju Pesat

2 min read

Lamteng, aspirasipublik.com – Cukup banyak faktor yang menyebabkan masyarakat di pedesaan hidup dengan terpuruk, dan terpaksa pula mereka harus hidup dalam standar kualitas hidup yang rendah dan serba kekurangan yang pada akhirnya berakibat kemiskinan berlangsung secara sistematis dan menimbulkan permasalahan yang beragam baik dari segi ekonomi, pendidikan, maupun kesehatan. Dilatarbelakangi atas fenomena tersebut, muncul berbagai program setiap tahunnya baik dari pemerintah pusat maupun dari pemerintah daerah dengan tujuan untuk membangkitkan dan juga mendorong kemampuan masyarakat terutama masyarakat yang ada di wilayah pedesaan. Ini merupakan wujud dari pemberdayaan dengan memunculkan kembali nilai-nilai kearifan lokal dan modal sosial seperti nilai kegotong royongan yang akhir-akhir ini sudah mulai terkikis.

Salah satu program tersebut adalah Alokasi Dana Desa (ADD). ADD adalah perolehan bagian keuangan desa dari kabupaten yang penyalurannya melalui kas desa dan merupakan bagian dari Dana Perimbangan Keuangan Pusat dan Daerah yang diterima oleh kabupaten. Perlu adanya ADD dikarenakan karena kebijakan ADD sejalan dengan agenda otonomi daerah, dimana desa ditempatkan sebagai basis desentralisasi. Kebijakan ADD relevan dengan perspektif yang menempatkan desa sebagai basis partisipasi. Sebagian besar masyarakat Indonesia hidup dalam komunitas sebuah pedesaan yang mana desentralisasi di tingkat desa tersebut akan meningkatkan fungsi pemerintahan sesuai dengan kebutuhan masyarakatnya.

Tujuan pembangunan pemerintah pusat untuk mempercepat pembangunan di seluruh pelosok Indonesia kini semakin kelihatan wujudnya salah satunya yaitu dikampung Sumber Fajar atas kegigihan tercatat selama tahun 2018 Kakam Supri Plt beserta sekertaris desa Sururi, bersama warga, terus bekerja sama memajukan pembangunan kampung , untuk tahun ini yang terwujud yaitu lapen  antara lain membuka badan jalan,dan sudah menjadi rutinitas dikampung ini yaitu goton- royong warga dilakukan setiap seminggu sekali dengan adanya kebersamaan warga kampung sumber fajar ini lebih pesat kemajuan Kusus nya di bidang pembangunan fisik. (Lucky)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.