Sukses, Pelaksanaan Kegegiatan Gema Desa Kab. Malang Banyak Menyerap Aspirasi Masyarakat

Kab. Malang, aspirasipublik.com – Pelaksanaan program Gema Desa Kabupaten Malang yang pertama kali berlangsung kondusif, seperti halnya Wakil Bupati Malang Drs.H.M Sanusi,MM telah mendorong pencanangan Gema Desa (Gerakan Membangun Desa). Hal ini ditegaskan dalam kunjungannya ke kawasan Turen, (4/1/2019).

Pada saat Sanusi mendatangi berbagai desa khususnya diwilayah Turen untuk memantau pembangunan yang dilakukan oleh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) Kabupaten Malang. Ketika dikonfirmasi wartawan dirinya menjelaskan, “bahwa kegiatan Gema Desa ini adalah untuk mendorong dan memantau pembangunan yang sudah dilakukan seluruh OPD maupun disetiap desa. Karena dengan adanya hal itu, bertujuan agar pembangunan dapat berjalan sesuai dengan perencanaan dan bermanfaat bagi warga, sehingga berdampak pada masyarakat luas” terangnya.

Adapun beberapa desa yang telah dikunjungi Drs.H.M. Sanusi,MM selaku Plt.Bupati Malang antara lain Desa Sawahan, Desa Undaan, Desa Gedog wetan dan Desa Sanan kerto. Saat tiba di Desa Sawahan Kec.Turen Kab.Malang, dia mendatangi peternakan bebek milik warga dan melihat pembangunan sumur air, serta memantau bedah rumah tidak layak huni.
Tak cukup hanya itu saja, Drs.H.M.Sanusi.MM juga ikut memantau pelayanan administrasi kependudukan dilokasi kantor Desa Sawahan, yang telah dilaksanakan oleh Dispendukcapil (Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil) Kab.Malang, untuk pelayanan kepengurusan dokumen kependudukan bagi masyarakat.

Dengan adanya program GISA (Gerakan Indonesia Sadar Administrasi), maka melalui sebuah terobosan Jebol Anduk (Jemput Bola Administrasi Kependudukan) yang sudah dijalankan oleh  Dispendukcapil Kab.Malang. Seluruh Masyarakat di Desa Sawahan sangat antusias mengurus akte kelahiran, akte kematian, kartu keluarga, e-KTP dan KIA (Kartu Identitas Anak). Dan selain itu salah satu pegawai Dispendukcapil juga menjemput warga yang menyandang cacat lumpuh untuk bisa mengurus e-KTP.

Oleh sebab itu, Abdul Rokhim,S.sos,MM selaku Kepala Bidang Catatan Sipil menjelaskan,“bahwa perolehan penerbitan e-KTP yang sudah dicetak sebanyak 160 keping, Kartu Keluarga 80 lembar, akte kelahiran 25 lembar, akte kematian 6 lebar, KIA (Kartu Identitas Anak) 539 keping dan pendapatan proses perekaman e-KTP sementara ini yang masih berlangsung memperoleh 58 orang. Sehinga dengan adanya kegiatan ini saya berharap bagi masyarakat pada umumnya agar terus bersemangat untuk mengurus dokomen kependudukan yang masih belum dimiliki dan jangan lupa untuk melengkapi persyaratannya supaya dapat mempermudah proses kepengurusannya” terangnya.

Dilanjutkanya oleh Sunarko selaku Kepala Desa Sawahan juga menyampaikan,“bahwa dengan acara ini saya sangat berterima kasih khususnya kepada pemerintah Kabupaten Malang yang sudah mengadakan kegiatan Gema Desa di Desa Sawahan, karena bisa meningkatkan dan memudahkan kebutuhan masyarakat dalam hal tertib administrasi” tutupnya. (NN/RSY)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *