May 16, 2022

Muh Nuh Berharap KPUD Kab. Bekasi Harus Menindaklanjutin Putusan Bawaslu RI Tentang Penggelembungan Suara Partai Nasdem

2 min read

Bekasi, aspirasipublik.com – Ketua DPD Partai Keadilan Sejahterah (PKS) Kab Bekasi, Mohamad Nuh meminta KPUD Kabupaten Bekasi segera melaksanakan Putusan BAWASLU RI Nomor: 25/ADM/BWSL/PEMILU/V/2019 yang ditanda tangani pada tanggal 12 Juni 2019, berkaitan adanya Penggelembungan suara tingkat DPR-RI buat Partai Nasdem yang jumlah suaranya sebanyak 6.096 suara, yang terjadi di wilayah Kelurahan Jatimulya,Tambun Selatan. 

KPUD Kabupaten Bekasi  dengan niat baik dan taat  terhadap hukum yang berlaku harus mampu dalam tempo yang sesingkat-singkatnya dapat menindak lanjutin surat dari DPD PKS Kabupaten Bekasi yang dikirim tertanggal 15 Juni 2019 ini.

Mohamad Nuh kepada awak media saat gelar Konferensi Pers di kantor DPD PKS Kab. Bekasi (15/6/2019) menerangkan, bahwa DPD PKS Kab Bekasi akan melakukan tindakan atau langkah hukum secara administratif atau pun pidana kepada pihak pihak yang dengan sengaja tidak mengindahkan keputusan Bawaslu RI,”Ujarnya. 

Sedangkan Budi Purwanto sebagai Team Advokasi DPD PKS Kab Bekasi juga menjelaskan kronologisnya sebagai berikut, pada awalnya saksi PKS bermandat menduga ada penggelembungan suara saat proses Rekapitulasi Suara dari model C1-DPR ke model DAA1-DPR.

PPK Tambun Selatan dan KPUD Kabupaten Bekasi terkesan kurang mengindahkan Saksi PKS yang mengajukan keberatan tersebut. Oleh sebab itu PKS Kabupaten Bekasi pada tanggal 13 Juni 2019 mengadukan hal tersebut kepada Bawaslu Provinsi Jawa Barat dengan Nomor Register 015/PEN/LP/PL/PROV/13.00/V/2019,” terangnya. 

Sedang Bawaslu Provinsi Jawa Barat sudah memproses lewat persidangan, akhirnya Bawaslu Provinsi Jawa Barat mengeluarkan Putusan Nomor 08/LP//PL/PROV/13.00/V/2019 tanggal 15 Mei 2019 yang intinya menyatakan KPU Kabupaten Bekasi secara sah dan melakukan pelanggaran administratif pemilu serta memberikan teguran tertulis kepada KPU Kabupaten Bekasi.

Keputusan tersebut kurang tepat,hal ini di katakan oleh PKS Kab Bekasi sehingga dilakukan banding/ koreksi kepada Bawaslu RI pada tgl 17 Mei 2019 dengan Nomor Register 25/K/ADM/Pemilu/V/2019.

Berdasarkan dokumen-dokumen permintaan koreksi berkesimpulan bahwa Keputusan Bawaslu Provinsi Jawa Barat Nomor 08/LP/PL/PROV/13.00/2019 tanggal 15 Mei 2019 terdapat kesalahan penerapan hukum, sehingga Bawaslu RI mengeluarkan Putusan Nomor 25/ADM/BWSL/PEMILU/V2019 tanggal 12 Juni 2019 yang intinya menerima Permintaan Koreksi Pelapor, hal itu memang di lakukan oleh majelis pemeriksaan Bawaslu RI. 

Selanjutnya Bawaslu Provinsi Jawa Barat Nomor 08/LP/PL/PROV/13.00/2019 telah memerintahkan KPU Kabupaten Bekasi untuk mencocokan perolehan suara Partai Nasional Demokrat  (Nasdem) dalam Formulir C1-DPR seluruh Tempat Pemungutan Suara di Kelurahan Jatimulya dengan Formulir Model DAA1-DPR Kecamatan Tambun Selatan,”Ungkap Budi Purwanto. (sugi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.