December 9, 2022

Sido Muncul Laksanakan Operasi Bibir Sumbing Gratis di RSUD Doloksanggul

2 min read

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora, Ketua TP PKK Humbahas, Direktur RSUD Doloksanggul dr Netty Simanjuntak dan rombongan Sido Muncul, Kepak Sejahtera serta lainnya foto bersama di Doloksanggul

Doloksanggul , aspirasipublik.com – Bukti nyata kepedulian kepada masyarakat, PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul laksanakan operasi bibir sumbing dan katarak gratis di RSUD Doloksanggul Kabupaten Humbahas, Rabu (24/7) bekerjasama dengan RSU Tarutung, Kepak Sejahtera dan Perdami cabang Sumut.

Direktur RSUD Doloksanggul dr Netty Simanjuntak menjelaskan operasi dilaksanakan di 2 (dua) tempat, untuk operasi bibir sumbing sebanyak 12 orang dilaksanakan di RSUD Doloksanggul sedangkan operasi katarak sebanyak 27 orang di RSU Tarutung Taput. ‘Kami sangat mengharapkan kerjasama yang baik ini tetap dilaksanakan demi kemajuan dan kesehatan masyarakat khususnya di Humbang Hasundutan’ ujar Netty.

Tiur Simamora selaku Corporate Secretary PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul mengatakan perusahaan Sido Muncul telah melaksanakan operasi karatak sebanyak 53.000 orang yang tersebar di 27 provinsi di Indonesia. Kerjasama ini sangat bermamfaat sebagai pertanggungjawaban sosial kepada masyarakat.

Wakil Bupati Humbahas Saut Parlindungan Simamora mengatakan pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dan terpenting dari pembangunan nasional. Keberhasilan pembangunan kesehatan berperan penting dalam meningkatkan mutu dan daya saing sumber daya manusia Indonesia. Pelayanan kesehatan baik bagi individu maupun masyarakat harus berkualitas, terjamin keamamannya bagi penerima dan pemberi. Bibir sumbing merupakan kelainan sejak lahir yang diderita satu banding seribu kelahiran hidup. Kelainan tersebut terletak dibagian wajah yaitu terbelah dari bibir sampai langit-langit, kadang sampai wajah namun itu jarang terjadi.  Penyakit seperti ini harus segera ditangani tim kesehatan.

Proses operasi dapat dilakukan beberapa kali, tergantung tingkat kelainan yang diderita pasien. Jika hanya dibagian mulut, tidak begitu banyak operasi tapi jika mencapai gusi dan langit-langit akan dilakukan pengobatan dan perawatan yang serius. ‘Pemkab Humbahas mengucapkan terimakasih kepada Sido Muncul termasuk pihak yang terlibat dalam operasi bibir sumbing dan karatak gratis. Namun kami berharap perbuatan sosial seperti ini akan terus berlanjut’ harap Saut P Simamora. Selanjutnya Wakil Bupati Humbahas dan rombongan dipandu Direktur RSUD Doloksanggul dr Netty Simanjuntak meninjau pasien yang sudah dioperasi termasuk dalam proses operasi bibir sumbing. Bukan hanya itu saja, Wakil Bupati Humbahas juga menyapa pasien umum yang sedang dirawat di RSUD Doloksanggul.

Kegiatan sosial ini juga dihadiri Irjend Pol (Purn) Edward Aritonang dari Kepak Sejahtera, Wakil Ketua TP PKK Humbahas Ny Tiur Maryati Saut Parlindungan Simamora, Ketua DWP Humbahas Marista Tonny Sihombing, Asisten Administrasi umum dan Kesra Drs Janter Sinaga, PLt Kadis Kesehatan dr Binner Sinaga, Kabid Pelayanan RSU Tarutung drg Karen Tobing dan lainnya. (rel/rukmunal h siregar/protokol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.