May 16, 2022

Wisata Sipinsur Humbang Hasundutan Semakin Dicintai

2 min read

Teks Foto: Ketua Komisi VI DPR RI Aria Bima dan Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE saat berada di Sipinsur Humbang Hasundutan, Sabtu (7/12)

*Tommy Kurniawan: Sipinsur Tidak kalah Indah dengan Swis

Doloksanggul, aspirasipublik.com – Geosite Sipinsur yang terletak di Desa Pearung Kecamatan Paranginan salah satu kawasan wisata utama di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas). Luasnya sekitar 2 hektar dan berada di ketinggian 1.213 meter diatas permukaan laut.  Berada di lokasi wisata itu seakan berada di angkasa karena bisa melihat secara jelas Danau Toba Muara Kabupaten Tapanuli Utara dan Kabupaten Samosir termasuk Tobasa dan kini wisata alam Sipinsur semakin dicintai pengunjung.

Tiba di Geopark Sipinsur ini, wisatawan akan langsung berhadapan dengan pulau kedua di tengah Danau Toba yang lebih kecil, namanya Pulau Sibandang Kecamatan Muara Tapanuli Utara. Pulau ini bisa dicapai dalam waktu 10-15 menit dari pelabuhan Muara menggunakan kapal.

Wisata alam dengan hutan pinus yang berfungsi sebagai camping ground dan difasilitasi taman bermain anak-anak itu sudah dikunjungi para pejabat negara termasuk Presiden RI Ir H Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo tepatnya Senin 29 Juli 2019 lalu. Kunjungan Presiden dan rombongan melihat secara langsung kesiapan infrastruktur dan sektor pariwisata di Danau Toba yang ditetapkan sebagai salah satu destinasi super prioritas.

Sipinsur sudah ditetapkan sebagai juara pertama kategori Dataran Tinggi Terpopular dalam ajang Anugrah Pesona Indonesia (API) 2018 lalu. Dataran tinggi yang memberikan panorama alam Danau Toba sebagai hidangan rekreasinya tersebut dinilai sebagai dataran tinggi terbaik 2018 dari segi vegetasi alam dan kenaturalan.  

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE mengatakan kawasan wisata Sipinsur masih dikelola pemerintah daerah dan akan terus dibenahi sebagai daya tarik untuk wisatawan ke Danau Toba khususnya di wilayah Humbang Hasundutan. Geosite Sipinsur selalu ramai dengan wisatawan pada hari libur atau akhir pekan. Pemkab Humbahas akan terus memperbaiki dan membangun berbagai sarana dan prasarana sebagai daya tarik para pengunjung.  Geopark Sipinsur sangat mudah dijangkau, sekitar 30 menit dari Bandara Silangit di Siborong-borong Tapanuli Utara.

Para pengunjung datang ke Sipinsur bukan hanya jalan-jalan atau sekedar memandang indahnya panorama Danau Toba dan sejuknya alam tapi sudah banyak membuat acara-acara besar termasuk Festival Danau Toba.  Wisata yang diprakarsai mantan Sekda Sumut Dr RE Nainggolan sewaktu menjabat Bupati Taput itu sudah dikunjungi mantan Gubernur DKi Djarot Saiful Hidayat, pengacara Hotman Paris Hutapea termasuk Kapoldasu baru Irjend Pol Drs Martuani Sormin. Terakhir kunjungan kerja spesifik Komisi VI DPR RI tepatnya Sabtu (7/12). Tommy Kurniawan aktor sekaligus bintang iklan yang kini anggota Komisi VI DPR RI yang ikut kunjungan ke Sipinsur mengaku bahwa lokasi pemandangan dari Sipinsur tidak kalah indahnya dari yang ada di Swis. (REL/Rukmunal H Siregar/Protokol)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.