May 17, 2022

Polsek, Koramil Serta Satpol PP Perketat Antisipasi covid – 19

2 min read

Bogor, aspirasipublik.com – Apa Itu COVID-19? COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh Novel Coronavirus (2019-nCoV), jenis baru coronavirus yang pada manusia menyebabkan penyakit mulai flu biasa hingga penyakit yang serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Sindrom Pernapasan Akut Berat/ Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS).

Pada 11 Februari 2020, World Health Organization (WHO) mengumumkan nama penyakit yang disebabkan 2019-nCov, yaitu Coronavirus Disease (COVID-19).

Gejala: Gejala umum berupa demam ≥38°C, batuk kering, dan sesak napas. Jika ada orang yang dalam 14 hari sebelum muncul gejala tersebut pernah melakukan perjalanan ke negara terjangkit, atau pernah merawat/kontak erat dengan penderita COVID-19, maka terhadap orang tersebut akan dilakukan pemeriksaan laboratorium lebih lanjut untuk memastikan diagnosisnya.

Penularan: Seseorang dapat terinfeksi dari penderita COVID-19. Penyakit ini dapat menyebar melalui tetesan kecil (droplet) dari hidung atau mulut pada saat batuk atau bersin. Droplet tersebut kemudian jatuh pada benda di sekitarnya. Kemudian jika ada orang lain menyentuh benda yang sudah terkontaminasi dengan droplet tersebut, lalu orang itu menyentuh mata, hidung atau mulut (segitiga wajah), maka orang itu dapat terinfeksi COVID-19. Seseorang juga bisa terinfeksi COVID-19 ketika tanpa sengaja menghirup droplet dari penderita. Inilah sebabnya mengapa kita penting untuk menjaga jarak hingga kurang lebih satu meter dari orang yang sakit.

Karena kasus ini sudah terlanjur menyebar perlu dilakukan pengawasan yang ketat, dengan demikian penyebaran dapat dikurangi, untuk itu jajaran polsek koramil 2125 serta Satpol PP Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor. Dalam setiap harinya dari jam 8.00 Wib sampai jam 11.00 Wib terus melaksanakan operasi yustisi penegakan kesehatan.

Adapun dalam pelaksanaan operasi tersebut di pimpin langsung oleh Kapolsek Nanggung IPTU. Dedi Hermawan, SH. dan pelaksanaan operasi dilaksanakan di perbatasan wilayah kecamatan nanggung, oleh karena itu ketika operasi sedang berjalan awak Media Aspirasi Publik melakukan konfirmasi langsung dengan kapolsek nanggung IPTU. Dedi Hermawan, SH. tetang pelaksanaan operasi yustisi ini dengan tujuan agar seluruh masyarakat taat pada aturan tentang protokol Kesehatan dan bisa terhindar dari covid 19 “Untuk itu kami anjurkan kepada seluruh masyarakat bila beraktivitas harus memakai masker dan sering cuci tangan itu semua untuk antisipasi covid 19.” Ucap Kapolsek Nanggung. (Surya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.