May 17, 2022

Gubernur Riau Syamsuar Tetapkan Lokasi Pembangunan Tol Ruas Jambi – Rengat

2 min read

Foto: Syamsuar Gubernur Riau

Pekanbaru – Riau, aspirasipublik.com – Keseriusan Pemerintah Provinsi Riau dalam menyukseskan Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Trans Sumatera di wilayah Provinsi Riau terus bergeliat maju. Sesuai dengan ketentuan UU Nomor 2 Tahun 2012 yang mengamanatkan tahap persiapan pengadaan tanah (Penetapan Lokasi) menjadi tugas dan kewenangan Pemerintah Provonsi.

Pembangunan Jalan Tol Ruas Jambi-Rengat yang melintasi wilayah Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau sepanjang 81,5 Km dengan luas kebutuhan tanah 862,344 Ha telah melalui fase akhir dari tahapan persiapan dengan telah ditetapkannya Surat Keputusan Gubernur Riau Nomor Kpts.1488/X/2020 tanggal 23 Oktober 2020 tentang Penetapan Lokasi Pembangunan Jalan Tol Ruas Jambi-Rengat di Kabupaten Indragiri Hilir dan Kabupaten Indragiri Hulu Provinsi Riau.

Dengan ditetapkannya lokasi Pembangunan Jalan Tol Ruas Jambi-Rengat ini menambah catatan prestasi Gubernur Riau Syamsuar dalam mendukung Proyek Strategis Nasional (PSN) Tol Trans Sumatera di wilayah Provinsi Riau. Penetapan Lokasi Ruas Jambi-Rengat ini merupakan Penlok ke 3 dalam masa kepemimpinan Gubernur Riau Syamsuar yang baru memasuki akhir tahun ke 2, sekaligus menjadi Penlok terpanjang yaitu 81,5 Km.

Hal itu disampaikan oleh Satuan Kerja Pengadaan Tanah Jalan Tol Wilayah II Ditjend Bina Marga Kementerian PUPR yang diwakili oleh Jimmy Sianipar, MT dalam pertemuan coffie morning bersama Kepala Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau dan perwakilan PT. Hutama Karya Jalan Tol (HKJT) Selasa, 03 Novemver 2020 di Pekanbaru.

“Kami berterima kasih atas dukungan Pemprov Riau, bapak Gubernur Riau yang kami rasakan sangat serius mendukung Tol Trans Sumatera ini. Penlok Jambi-Rengat merupakan Penlok ke 3 setelah Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 40 Km, dan Bangkinang-Pangkalan sepanjang 26,7 Km, sekaligus ini Penlok terpanjang” tegas Jimmy.

Sejalan dengan itu, Kepala Dinas PUPRPKPP Provinsi Riau Ir.H.M.Taufiq Oesman Hamid,MT menyampaikan Pemerintah Provinsi Riau fokus dan berkomitmen mendukung persiapan sekaligus percepatan Pembangunan Jalan Tol yang ada dalam wilayah Provinsi Riau. Menurutnya, dengan adanya Tol akan mengurangi beban pada ruas-ruas jalan Nasional, jalan Provinsi dan Kabupaten.

“Bapak Gubernur selalu berpesan agar kami bergerak cepat dan fokus dalam mendukung persiapan sekaligus percepatan Tol Trans Sumatera ini. Dengan adanya Tol tentu beban dan kesibukan pada ruas-ruas jalan Nasional, jalan Provinsi dan jalan Kabupaten juga akan berkurang dan biaya perawatan akan terbantu” pungkas Taufiq.

Diakhir pertemuan mantan Kadis Perhubungan Provinsi Riau itu menyampaikan, kedepannya sinergitas Pembangunan Tol Trans Sumatera untuk Ruas Rengat-Pekanbaru dan Ruas Duri-Sigambal-Kota Pinang perlu terus ditingkatkan. Turut hadir dalam pertemuan coffie morning itu Kabid Pertanahan dan Pentaan Ruang Iwan Suryawan, S.Sos, M.IP dan Kepala Seksi Pertanahan Dr. Matnuril, S.IP,M.Si. (Uril/JSH)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.