Wily Suhendi Ingin Kembalikan Kali Cikaniki Dari Keruh Menjadi Bersih

Bogor, aspirasipublik.com – Pelaksanaan pembangunan raning atau indikator kali ciguha, desa bantar karet, kecamatan nanggung, kabupaten bogor dilaksanakan oleh bapak Wily Suhendi sangatlah luar biasa, bahkan pembangunan raning tersebut sudah membuahkan hasil yang sangat nyata seperti kali cikaniki, yang tadinya keruh dan banyak limbah sekarang terlihat jernih dan bersih mengalir dari kecamatan nanggung sampai Tangerang.

Kali cikaniki juga memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi manusia yaitu sebagai penampung air hujan yang turun dari langit. Ketika air hujan turun dan membasahi bumi, maka air tersebut akan mengalir ke tempat yang lebih rendah melalui anak – anak kali sehingga resiko terjadi longsor di dataran tinggi bisa di minimalisir.

Sifat air yang cukup unik yaitu air mengalir dari tempat yang lebih tinggi ke tempat yang lebih rendah menjadikan Kali cikaniki memiliki peranan yang sangat penting dalam mengalirkan air dari hulu sungai ke hilir sungai hingga air yang mengalir bermuara di laut.

Selain itu kali cikaniki juga menjadi tempat tinggal berbagai binatang dan tumbuhan yang keberadaannya memiliki banyak manfaat bagi manusia karena ada beberapa binatang dan tumbuhan yang tidak bisa hidup tanpa adanya kali.

Sejak Kali Cikaniki ini mendapat perhatian tampak benyak perubahan, hal ini tidak terlepas dari kekerjasama dengan PT. Antam Tbk Pongkor,

“Saya akan terus dan terus melaksanakan pembangunan raning atau indikator ini sampai seratus persen dan akan membuat kampung ciguha menjadi kampung yang indah dan bersih sebagai upaya kita untuk menjaga alam.” Ucap bapak Wily Suhendi kepada awak media Aspirasi Publik belum lama ini. (Surya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *