Siborong borong, Tapanuli Utara Kota yang Indah dan Penuh Harapan

Foto: Budidaya tomat cabe dan bawang di perbukitan

Taput, aspirasipublik.com – Siborongborong (atau Siborong-Borong) adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara, provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Ibu kota kecamatan Siborongborong berada di kelurahan Pasar Siborongborong. Penduduk kecamatan ini berjumlah 47.729 jiwa (2020), dengan luas wilayah 279,91 km², dan kepadatan penduduk 170,51 jiwa/km². Memiliki Bandar Udara Internasional Silangit, berada di kecamatan ini, yang merupakan pintu masuk terdekat melalui udara ke kawasan wisata Danau Toba.

Foto: Bapak Baker Hutabarat

Penduduk kabupaten Tapanuli Utara, pada umumnya merupakan etnis Batak Toba, dan ada juga sebahagian Batak Angkola, Batak Simalungun, dan beberapa pendatang seperti Jawa, Minangkabau, Tionghoa dan Nias.

Selasa. Tanggal. 23/3/2021. Setelah 5 hari yang melelahkan berada di siborong – borong untuk suatu urusan, membawa saya pada suasana indah, nyaman yang penuh harapan dikota “surga” siborong – borong

Ramah tamah sebagai bentuk ekspresi budaya di siborong – borong dengan berbagai kekayaan alam dan pesona alam yang indah menjadikan kota sangat layak untuk dikunjungi dan dikembangkan.

perrtemuan dengan bapak Baker Hutabarat  membawa kami pada suasana dan pemikirn akan berbagai ragam potensial hasil alam dan budaya yang sedang dan perlu di kembangkan demi kemajuan kota siborong-  borong.

Foto: Pak Kumis

Dan Kebijaksaan pemikiran yang ditunjukkan oleh Bapak L. Nababan atau dikenal dengan nama ” Bapak Kumis” dalam berbagai penyelesain masalah dan memberikan dirinya sebagai tempat berbagi pendapat dengan warga sekitar membuktikan kearifan budaya lokal serta membuktikan kedewasaan budaya setempat dalam mengedepankan musyarah dan mupakat dalam memutuskan berbagai permasalah daerah yang ada, Bapak Kumis merupakan salah satu tokoh yang banyak dikenal di siborong – borong dan tapanuli Utara.

Perkembangan siborong borong tak lepas dari  usaha pemenrintah dalam memacu ekonomi dengan mengembangkan  bandara si langit menjadi bandar internasional yang memberikan kesenpatan pada daerah baik lokal dan luar negeri untuk mengenal.lebih baik siborong borong dan tapanuli Utara.

Foto; Suasana di Kedai Kopi Tempat Bercengkrama

Keberadaan kedai kopi yang hangat memberikan nuansa kekerabatan yang baik dan keterbukaan sikap dengan pendatang dalam memberikan warna hangatnya persahabatan. Untuk itu mari sempatkan waktu untuk melihat Tapanuli lebih dekat. (Poltak siahaan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *