Walikota Jakarta Utara Himbau Pemudik yang Kembali Ke Jakarta Laporkan Kedatangannya

Jakarta, aspirasipublik.com – Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim menghimbau kepada warga yang sudah kembali dari mudik lebaran untuk segera melaporkan kedatangannya ke pengurus RT/RW setempat ataupun aparat kelurahan. Hingga kini, pendataan warga Jakarta Utara yang balik mudik masih terus dilakukan.

“Kita masih terus mendata warga yang balik mudik berdasarkan SIKM ataupun kondisi di lapangan hasil pengamatan warga dan aparat kelurahan. Para pemudik yang sudah datang ke Jakarta Utara akan dimonitor dan dilakukan pengecekan suhu tubuh,” jelas Ali saat ditemui di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Senin (17/5).

Pengecekan kesehatan bagi para pemudik mengacu pada SOP, jika suhu tubuhnya diatas 37,3 derajat celcius maka akan dilakukan swab antigen dan kalau hasilnya positif akan berlanjut ke pemeriksaan PCR. “Hasil PCR perlu waktu satu sampai dua hari. Apabila hasilnya positif tanpa gejala maka akan dikarantina di Wisma Atlet dan kalau bergejala akan segera mendapatkan perawatan di rumah sakit,” ujarnya.

Pendataan dan pengecekan kesehatan bagi warga yang mudik lebaran merupakan langkah antisipasi pemerintah untuk mencegah penyebaran kasus Covid-19 pasca libur lebaran. “Saya harap mereka segera melaporkan kedatangannya yang selanjutnya akan dilakukan pengecekan kesehatan sesuai SOP. Ini untuk menyelamatkan mereka dari resiko penularan Covid-19. Sementara ini, masih proses dan dijalankan di beberapa kelurahan karena belum semua pemudik yang pulang ke Jakarta,” pungkas Wali Kota. (Eduardus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: