Beranda Daerah Kepala Daerah Pasbar Tinjau Lokasi Pembangunan Pasar di Batang Toman

Kepala Daerah Pasbar Tinjau Lokasi Pembangunan Pasar di Batang Toman

0
Kepala Daerah Pasbar Tinjau Lokasi Pembangunan Pasar di Batang Toman

Pasbar, aspirasipublik.com – Pemkab Pasbar Rencanakan pembangunan Pasar tradisional Batang Toman dekat kantor Polsek Pasaman dan juga direncanakan pembutan jalan lingkar, pasar dan terminal di tinjau oleh Bupati Pasbar Hamsuardi, Wakil Bupati Pasbar Risnawanto didampingi oleh Plt Kadis Pu Ra’aan, Kepala Bappeda Joni Hendri dengan tokoh masyarakat untuk merencanakan langkah pembangunan ke depan Selasa sore (15/6).

Ternyata pembangunan jalan dan jembatan tersebut mendapatkan dukungan dari tokoh masyarakat setempat. Tentunya saja hal ini menjadi hal yang positif bagi pemerintah karena pembangunan jalan tidak perlu lagi ganti rugi.

Saat peninjauan lokasi, Tokoh masyarakat setempat Daulat Parit Batu Tuanku Jailani. MAk didampingi Tuanku Rajo Sayutis, SH menyampaikan bersedia menghibahkan tanah untuk pembangunan di areal tersebut.

“Kami bersedia menghibahkan tanah untuk pembangunan infrastruktur di sekitar Batang Haluan Kecamatan Pasaman Nagari Lingkuang Aua. Baik untuk pembangunan terminal, pasar hingga perbaikan jalan. Kami sebagai tokoh masyarakat siap mendukung pembangunan ini. Karena tanpa dukungan dari masyarakat maka pembangunan tidak akan berjalan dengan baik,” kata Daulat Parit Batu Jailani Mak

Daulat Parit Batu Tuanku Jailani. Mak diamini Tuanku  Rajo Sayutis, SH.

Sayutis, SH menambahkan, dengan adanya dukungan dari masyarakat hendaknya pembangunan cepat dilakukan oleh pemerintah, sehingga pembangunan di wilayah tersebut berjalan seiring dengan pertumbuhan ekonomi masyarakat sekitar.

Bak gayung bersambut, Pemerintah Daerah Pasbar merespon positif apa yang telah disampaikan oleh tokoh masyarakat tersebut. Bupati Pasbar Hamsuardi menegaskan jika pembangunan tanpa dukungan dari masyarakat tidak akan berjalan dengan baik, terutama dalam pembebasan lahan.

“Pemerintah tidak akan membanguna, baik itu jalan, jembatan, sekolah apapun itu bentuknya fasilitas negara tidak akan dibangun jika tanahnya masih bermasalah. Jika kita mendapatkan dukungan penuh dari masyarakat untuk membangunan, tentu ini menjadi poin penting bagi kita yang akan kita sampaikan kepada pemerintah provinsi dan pusat,” kata Hamsuardi.

Selain itu, lanjut Hamsuardi pembangunan dilakukan secara berkala walaupun pemerintah sudah meninjau lokasi tersebut. Perencanaan demi perencanaan di susun sehingga jelas berapa anggaran yang dibutuhkan untuk membuat jalan, jembatan, pasar hingga terminal.

Pada kesempatan itu Wakil Bupati Pasbar Risnawanto mengatakan tahun ini akan dibangun jembatan, jalan lingkar untuk terminal dan pembangunan pasar pada 2022 di Batang Haluan sekitar Polsek Pasaman tersebut. Apalagi tanah telah dihibahkan Daulaik Parik Batu kepada pemerintah. Tentunya hibah tersebut di dukung dengan kelengkapan administasinya.

“ini salah satu bukti tokoh adat dan masyarakat sekitar mendukung perkembangan infastruktur,” ujar Risnawanto.

Sementara itu, Plt PUPR Raf’an menyampaikan jika untuk pembangunan tersebut juga disampaikan nanti kepada pemerintah pusat dan provinsi, sehingga nanti diharapkan pembangunan dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK). Jika tidak bisa maka APBD tahun di 2022.

“Kemungkinan besar kita akan menggunakan DAK. Kita mencoba dengan memasukkan perencanaan di APBD 2022,” ucap Raf’an. (Dodi Ifanda)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini