Lion Air Memberikan GRATIS Bagasi 20 Kg “Belaku Semua Rute dan Kota Tujuan Domestik” Momentum 76 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Kebangkitan Teknologi

Jakarta, aspirasipublik.com – Sabtu, 31 Juli 2021. Lion Air (kode penerbangan JT) member of Lion Air Group mengumumkan informasi terbaru dengan memberikan layanan “Gratis Bagasi 20 Kg” (20 kilogram) mulai efektif periode pesan tiket 01 Agustus 2021 dan periode mulai terbang 03 Agustus 2021 hingga pemberitahuan lebih lanjut (until further notice/ UFN). Fasilitas ini sebagai kategori bagasi tercatat atau terdaftar (checked baggage), yaitu barang bawaan penumpang yang diserahkan dan dilaporkan melalui petugas di meja pelaporan terminal keberangkatan bandar udara (check-in counter) setelah ditimbang dan dibawa ke ruang bagasi atau kompartemen kargo pesawat udara.

“Gratis Bagasi 20 Kg” berlaku khusus pada semua jadwal penerbangan rute domestik Lion Air yang dilayani pergi pulang (PP). Calon penumpang masih diperbolehkan membawa bagasi kabin maksimal 7 Kg per orang (ketentuan bagasi lihat penjelasan di halaman berikutnya).

Layanan bagasi tercatat “Gratis Bagasi 20 Kg” merupakan program baru Lion Air yang dijalankan sebagai bagian dari upaya:

  1. Kampanye terbang itu “sehat, aman dan menyenangkan”
  2. Momentum Agustus: Semarak 76 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia serta memperingati hari Kebangkitan Teknologi Nasional, bahwa pesawat udara sebagai salah satu bagian trransportasi berteknologi canggih, salah satunya HEPA Filter (lihat penjelasan di halaman berikutnya).
  3. Menawarkan kemudahan wisatawan dan pebisnis dalam mempersiapkan rencana penerbangan,
  4. Meningkatkan minat bepergian menggunakan pesawat udara,
  5. Mengakomodir permintaan pasar domestik dari calon penumpang dan pelanggan setia,
  6. Menjawab peluang dan tantangan bisnis seiring pertumbuhan tren perjalanan udara yang simpel, sesuai era saat ini,
  7. Kampanye “Ayo Jelajahi Indonesia”, Lion Air optimis masih mempunyai pasar penerbangan dalam negeri dan akan terus tumbuh di waktu mendatang. Selain itu, Lion Air tetap melayani penerbangan penumpang berjadwal, sewa tertentu (charter) serta angkutan kargo,
  8. Mendukung program pemerintah termasuk industri kreatif dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah), sejalan percepatan pemulihan perekonomian daerah dan nasional.

Hadirnya program khusus tersebut, setiap calon penumpang dapat melakukan perjalanan udara (traveling) lebih ekonomis serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi tercatat 20 Kg.

Ketentuan pelaksanaan “Gratis Bagasi 20 Kg”, sebagai berikut

  1. Khusus calon penumpang yang mempunyai tiket Lion Air, pada:
  2. Periode pemesanan mulai 01 Agustus 2021 sampai pemberitahuan lebih lanut,
  3. Periode penerbangan mulai 03 Agustus 2021 sampai pemberitahuan lebih lanut.
  4. Proses mendapatkan bagasi gratis 20 Kg, bersamaan ketika melakukan pembelian atau pemesanan tiket (issued ticket) mulai 01 Agustus 2021 sampai pemberitahuan lebih lanut:
  5. Secara online (www.lionair.co.id, online travel agent dan call center)
  6. Secara offline (ke kantor penjualan Lion Air, kantor agen mitra perjalanan dan lainnya)
  7. Demi kenyamanan penumpang, petugas check-in akan menimbang bagasi di check-in counter guna menentukan apakah bagasi memenuhi persyaratan ini. Apabila melebihi 20 Kg, maka membayar biaya tambahan agar bagasi dapat diangkut sebagai bagasi terdaftar.
  8. Bagi bayi yang tidak berhak atas kursi, kereta bayi lipat atau kursi dorong yang bisa dilipat, atau keranjang bayi atau kursi mobil dapat didaftarkan sebagai bagasi atau diterima sebagai bagasi kabin penumpang, tergantung ukuran, dimensi serta ketersediaan ruang.
  9. Penumpang dilarang mendaftarkan atau membawa barang berbahaya di pesawat, antara lain
  10. Bahan peledak seperti kembang api, petasan, bom yang belum meledak dan lainnya yang sejenis.
  11. Bahan magnetik yang kuat.
  12. Zat beracun (termasuk insektisida) dan zat korosif atau zat pengoksidasi (termasuk pemutih).
  13. Semua jenis kompor untuk memasak.
  14. Zat radioaktif.
  15. Bahan-bahan yang mudah terbakar, termasuk sebagian besar korek api atau bahan bakar pemantik.
  16. Gas bertekanan seperti katrij gas untuk kompor berkatrij gas, semprotan oksigen untuk olahraga, semprotan penghilang debu dan lainnya yang sejenis.
  17. Ketika di check-in counter, harap pastikan bagasi bertanda khusus (dilabeli) sesuai data penerbangan dan destinasi yang tepat. Nomor tanda terima bagasi dan bagasi terdaftar harus sama.

Untuk alasan keselamatan dan keamanan penerbangan, setiap penumpang harus mengikuti peraturan operasional, arahan dan instruksi awak pesawat.

Wajib Tahu!

Teknologi di Pesawat: Terbang Aman, Sehat dan Menyenangkan

Sirkulasi Udara dan Kebersihan dalam Kabin Terjaga Baik

Seluruh armada yang dioperasikan Lion Air Group termasuk pesawat modern yang memiliki sistem penyaringan udara (High Efficiency Particulate Air) atau disebut HEPA filter dan Extraction Syatem (by Environment Control System (ECS)) yang menjamin udara dalam kabin tetap segar.

HEPA filter membantu menjaga kebersihan udara di dalam kabin dan menyaring lebih dari 99,9% jenis virus, kuman, serangga dan bakteri. Udara di dalam kabin pesawat diperbarui setiap 2-3 menit, sehingga lebih segar. Untuk udara dari toilet (lavatory) dan dapur (galley) langsung dialirkan ke luar pesawat.

Penyemperotan (disinfektan) dan kebersihan terus dilakukan secara detail meliputi ruang kemudi (flight deck); dapur (galley); kamar kecil (lavatories), ruang kabin (cabin area), pegangan pembuka rak bagasi kabin (luggage storage bin handle); ventilasi udara dan call button; sandaran kursi; penutup tempat duduk (seat covers); sabuk pengaman (seatbelts); sandaran kepala tempat duduk (seat headrests); karpet lantai; jendela dan penutup jendela; fasilitas penumpang lainnya; ruang kargo (cargo compartment) dan lainnya.

Penggunaan telepon genggam dan perangkat elektronik lainnya, yaitu:

  1. Dilarang membawa perangkat elektronik yang mengeluarkan uap atau asap.
  2. Dilarang membawa laptop produk Apple jenis MacBook Pro 15 inchi produksi 2015 yang dipasarkan periode September 2015 sampai Februari 2017 sebagai bagasi tercatat/ terdaftar (checked baggage) dan kargo. Produk MacBook Pro (Retina 15-Inchi) produksi 2015 yang dipasarkan periode September 2015 sampai Februari 2017.
  3. Sesuai aturan, pengisi daya baterai (powerbank) berkapasitas daya:
  4. maksimum 100 Wh atau 20.000 mAh hanya boleh dibawa ke kabin dan dilarang masuk dalam bagasi tercatat/ terdaftar (checked baggage).
  5. 100-160 Wh atau 20.000-32.000 mAh harus ada persetujuan dari Lion Air.
  6. lebih dari 160 Wh dilarang untuk masuk ke dalam pesawat.
  7. Tidak dipergunakan selama pesawat lepas landas, mendarat atau bergerak di landas parkir (apron), landas hubung (taxiway) dan landas pacu (runway).
  8. Tidak dipergunakan ketika berada di lorong, kursi dekat jendela darurat dan pintu keluar di pesawat.
  9. Tidak menyebabkan kerusakan pada fasilitas atau menyebabkan cidera pada diri sendiri, penumpang lain serta kru bertugas di pesawat.
  10. Tidak mengganggu kenyamanan penumpang lain, misalnya: menghalangi jarak duduk di bagian depan kursi. (Obe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *