Musrenbang Desa Kalong 1, Didominasi Infrastruktur

Bogor, aspirasipublik.com – Kebutuhan masyarakat tentang laju perekonomian untuk menopang kebutuhan hidup, haruslah dari lancarnya perjalanan yang ditempuh. Seperti di Desa Kalong 1, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, yang masih didominasi oleh usulan Infrastruktur.

Sekretaris Desa (Sekdes) Kalong 1, Yatna mengatakan, infrastruktur menjadi skala prioritas disamping Pembedayaan dan Pelatihan-Pelatihan.

“Untuk saat ini usulannya masih didominasi oleh infrastruktur dan ada 24 pemberdayaan serta pembinaan untuk kerajinan usaha” kata Yatna saat ditemui usai acara Musrenbangdes di SDN Cigarung 01. Pada Kamis (09/09/2021).

Yatna menambahkan, intinya agar pembinaan kepada masyarakat bisa dipergunakan untuk menopang perekonomian keluarga.

“Untuk pelatihan ada pandai besi, Tata rias tapi lebih fokus ke pelatihan pandai besi sama bantuan modal usahanya,” tutupnya.

Ditempat yang sama Danramil 0621-16/Leuwiliang Kapten Infantri Kosawara menuturkan, bangga melihat program yang ditampilkan oleh segenap stek holder Desa Kalong 1.

“Pertama, untuk perbedaan musrenbang ditempat lain desa ini sudah menggunakan unsur Alat Instruksi (Alin) dan Alat Pengenalan Indtruksi (Alongen) maksudnya menampilkan hasil bekerjanya tapi kalau didesa lain tidak,” tuturnya

Koswara menanggapi dengan kepedulian yang memang sudah ditunjukkan oleh pihak Kecamatan Leuwisadeng.

“Jadi menurut saya tata urutnya sama karena, dari judulnya saja Musrenbang. Nah, dari bu roro tadi sudah bagus penyampaiannya, jangan hanya fisiknya saja tapi juga dimasukkan pembangunan non fisik. Contoh pendidikan UMKM dan pelatihan dari semua pemberdayaan yang ada didesa,” imbuhnya.

Koswara berharap, ditahun depan ada penambahan usulan dari pengenalan soal hukum kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan ada perubahan kedepannya dari usulan masyarakat,” pungkasnya. (Seno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *