Dr. H. Ach. Baidowi, S.Sos., M.Si, Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI, Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN Ke 149 Predikat Sangat Memuaskan

Jakarta, aspirasipublik.com – Dr. H. Ach. Baidowi, S.Sos., M.Si, Wakil Ketua Badan Legislasi DPR RI / Sekretaris Fraksi PPP DPR RI, Pada hari ini, Selasa, tanggal 21 September 2021 Merupakan Hari yang paling bahagia karena pada hari ini dapat meraih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN Ke 149 dengan Predikat Sangat Memuaskan, Sidang yang dipimpin Direktur Pasca Sarjana  Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si mewakili atasnama  Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MM. Dalam acara sidang promosi ini tidak boleh dihadiri oleh tamu undangan jadi hanya boleh maksimal 10 orang saja, Turut hadir diacara ini  ibu kandungnya dan anak istri serta keluarga terdekat yang datang dari madura dan banyuwangi hanya 10 orang, sementara tamu undangan yang menyaksikan melalui zoom meting lebih dari 120 orang.

Keluarga yang hadir harus tetap melakukan protokol kesehatan guna memutus mata rantai covid 19. Sidang ujian terbuka ini merupakan kelanjutan dari proses studi dan bimbingan yang telah dilaluinya selama mengikuti Program Pendidikan Doktor Ilmu Pemerintahan sejak tahun ajaran 2016.

Naskah disertasi dalam sidang ini merupakan penyempurnaan dari naskah sebelumnya yang telah dikonsultasikan kembali kepada Tim Promotor dengan memperhatikan bantuan dan saran secara lisan dan tulisan dari Tim Penguji/Penelaah.

Tim Promotor yang terdiri atas: Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, SH., MH., MS. (Hadir Langsung)., Prof. Dr. Murtir Jeddawi, SH., MH.    (Melalui Daring)., Prof. Dr. Drs. H. I  Nyoman Sumaryadi, M.Si. (Melalui Daring).

Tim Penguji/Penelaah yang terdiri atas: Dr. Hadi Prabowo, MM. (Rektor IPDN)., Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si. (Direktur Pasca sarjana, Memimpin jalannya sidang)., Prof. Dr. Ngadisah, MA. (Hadir Langsung)., Prof. Dr. Bahrullah Akbar, MBA, CPA, CSFA. (Melalui Daring)., Dr. Hyronimus Rowa, M.Si. (Hadir Langsung)., Dr. Ismail Nurdin, M.Si. (Hadir Langsung)., Dr. Dadang Suwanda, SE, MM, Mak, Ak, CA. (Hadir Langsung)., Dr. Udaya Madjid, M.Pd. (Melalui Daring).

Riwayat singkat Dr. H. Ach. Baidowi, S.Sos., M.Si, dilahirkan di   Banyuwangi, 13 April 1980, putera dari Bapak Durahim dan Ibu Ramna dan diasuh oleh H. Amirudin dan Hj. Noer Saedah, Dr. H. Ach. Baidowi, S.Sos., M.Si,   adalah anak ke 4 dari 6 bersaudara. Pernikahannya dengan Uswatun Hasanah, S. Pd.I, telah dikaruniai 3 orang putra dan 1 orang putri, yaitu 1) M. Noufal Ramsy Ramdhani, 2) Nufailina Safiratul Aina 3) Muhammad Dewantara Amirul Mukminin, 4) Muhammad Khairil Rayyan Ramadhan.

Riwayat Pendidikan: Menamatkan SDN 1 Tegalharjo pada tahun 1992, SMPN 1 Kalibaru pada tahun 1995 dan MA Darul Ulum Banyuanyar Pamekasan pada tahun 1998. Mendapat gelar Sarjana Sosiologi dari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta tahun 2006,   mendapat gelar Magister Ilmu Politik dari Program Pasca Sajana Universitas Nasional Jakarta, dan pada tahun 2016 mengikuti Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan Istitut Pemerintahan Dalam Negeri.

Riwayat Pekerjaan: Published Editor of SUKA PRESS (2004 – 2006)., Coverage Coordinator of Sunan Kalijaga News (2004 – 2006)., Journalist of Sindo Newspaper (Reporter dan Editor)., Experts for Chairman of Commission IV at the House of Representatives, Republic of Indonesia (DPR RI)., Expert Staff for Communication Division of PT. MRT Jakarta., Member of Parliament in Commission II at DPR RI from United Development Party (PPP) Faction (2016-2019)., Deputy Secretary of The United Development Party Faction at DPR RI (2017-2019)., Member of DPR RI Legislation Body (2017 – 2019)., Member of Selected Committee for Election Bill (2016 – 2017)., Member of Selected Committe for Cyber Resilience (2019).

Disertasi Dr. H. Ach. Baidowi, S.Sos., M.Si, yang berjudul: Pengaruh Pengawasan dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Berbasis Aplikasi E-Village Budgeting di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur, secara konseptual terinspirasi dari isu penting efektivitas pengelolaan Dana Desa, yang didalam pengelolaan Dana Desa tersebut terlaksana fungsi pengaturan dan fungsi pengawasan yang menjadi obyek forma Ilmu Pemerintahan. Dengan penerapan E-Village Budgeting, maka  dengan sendirinya efektivitas pengelolaan Dana Desa berbasis aplikasi E-Village Budgeting di Kabupaten Banyuwangi tampak menjadi suatu fenomena pengelolaan keuangan desa yang berkorelasi dengan berbagai variabel. Variabel-variabel yang dimaksud tentu tak terbatas hanya di lingkungan internal pemerintah desa sebagai pihak yang berwenang mengelola Dana Desa. Di lingkungan eksternal pemerintah desa juga terdapat sejumlah variabel yang berkorelasi dengan pengelolaan Dana Desa. Variabel eksternal yang dimaksud seperti misalnya sumber daya ekonomi, sumber daya alam dan sumber daya sosial serta partisipasi masyarakat dalam pengelolaan alokasi dana desa tersebut.Di antara sejumlah variabel yang berkorelasi dengan efektivitas pengelolaan Dana Desa berbasis aplikasi E-Village Budgeting,  diasumsikan bahwa Pengawasan dan Kompetensi Aparatur Desa menjadi dua variabel laten eksogen yang berpengaruh signifikan terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Berbasis Aplikasi E-Village Budgeting di Kabupaten Banyuwangi.  Penelitian ini menggunakan mix method, kuantitatif dan penelitian kualitatif. Sampel penelitian sebanyak 270  responden  diambil dari populasi 756 orang dengan metode SEM. Penentuan  11 Informan Penelitian menggunakan porpusive sampling technique.Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuesioner penelitian, pedoman wawancara dan observasi.  Analisis data menggunakan Analisis SEM yang dikembangkan dengan  Analisis Deskriptif.

Dr. H. Ach. Baidowi, S.Sos., M.Si,  telah berhasil memperoleh dua temuan penelitian dan menyusunnya menjadi dua konsep baru sebagai berikut : Konsep Baru I tentang Koreksi Penyimpangan Pengelolaan Dana Desa Berbasis Elektronik dengan definisi:  Koreksi Penyimpangan Pengelolaan Dana Desa Berbasis Elektronik adalah pola pemeriksaan dan penilaian kinerja pengelolaan dana desa berbasis elektronik yang meliputi koreksi prosedur kerja,  koeksi teknis pekerjaan,  koreksi koordinasi kerja, dan  koreksi waktu kerja.  Konstruk teoritis  konsep baru mencakup empat dimensi analisis: (1) Koreksi Prosedur kerja,  (2) Koreksi Teknis Pekerjaan, (3) Koreksi Koordinasi Kerja, dan (4) Koreksi Waktu kerja.   Konsep Baru II tentang tentang Kompetensi Pengelolaan Dana Desa Berbasis Elektronik dengan definisi: Kompetensi Pengelola Dana Desa Berbasis Elektronik  adalah pengetahuan praktis aparatur desa terhadap kinerja pengelolaan dana desa berbasis elektronik yang meliputi  kompetensi administrasi, kompetensi manajemen, dan komptensi teknis pengelolaan dana desa berbasis elektronik. Konstruk teoritis  konsep baru mencakup tiga dimensi pengetahuan : (1) Kompetensi Administratif Dana Desa Berbasis Elektronik, (2) Kompetensi Manajerial Dana Desa Berbasis Elektronik, dan (3) Kompetensi Teknis Dana Desa Berbasis Elektronik.

Hasil penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi upaya peningkatan efektivitas pengelolaan Dana Desa berbasis aplikasi e-village budgeting dalam penyelenggaraan Pemerintahan Desa di seluruh Indonesia; memberi manfaat bagi pengembangan Ilmu Pemerintahan, dan sekaligus menjadi referensi studi bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lanjutan dalam bidang yang sama. Selain itu, Dr. H. Ach. Baidowi, S.Sos., M.Si,, Berharap konsep baru ini tidak hanya bermanfaat untuk kabupaten Banyuwangi Jawa Timur akan tetapi Harapanya bermanfaat untuk seluruh kabupaten kota dan provinsi Seluruh Indonesia .

Sambutan pertama Dr. H. Ach. Baidowi, S.Sos., M.Si,  Ungkapnya ucapan terima kasih kepada promotor dan co promotor, Rektor IPDN, Direktur Pasca Sarjana, Kapprodi Pasca Sarjana, para penguji oponen ahli, ibu kandungnya yang dapat menghadiri dan anak istrinya serta keluarganya yang datang dari banyuwangi dan madura.

Saya berdiri sekarang ini di depan para promotor dan penguji selesai Doktor pada hari ini sangat bersyukur kepada Allah SWT dan kedua orang tua saya serta anak istri saya, saya anak desa yang kedua orang tua saya hanya selesai di bangku sekolah dasar, bapak saya hanya seorang guru ngaji dan ibu saya hanya seorang ibu rumah tangga, akan tetapi berkat doa keduanya hari ini saya bisa menyelesaikan Doktor di IPDN Alhamdulillah. Ungkapnya

Nasehat Akademik yang disampaikan oleh Ketua Promotor 1. Prof. Dr. Drs. Ermaya Suradinata, SH., MH., MS. Kepada Dr. H. Ach. Baidowi, S.Sos., M.Si,  Ungkapnya “setelah melewati perjalanan panjang studi yang penuh dengan dinamika tuntutan dan tantangan, akhirnya Saudara berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan; dan sejak hari ini Selasa, 21 September 2021, Saudara resmi dinyatakan sebagai Doktor Ilmu Pemerintahan yang ke 149 atas disertasi yang saudara pertahankan dihadapan komisi penguji dengan judul “Pengaruh Pengawasan dan Kompetensi Aparatur Desa Terhadap Efektivitas Pengelolaan Dana Desa Berbasis Aplikasi E-Village Budgeting  di Kabupaten Banyuwangi Provinsi Jawa Timur”. Selanjutnya kami berharap, dengan gelar tersebut Saudara dapat mengamalkan segala ilmu yang dipelajari selama mengikuti program studi serta menerapkan implikasi praktis dan konsep baru yang Saudara susun dalam disertasi untuk meningkatkan Efektivitas Pengelolaan Dana Desa berbasis e-Village Budgeting diseluruh Indonesia. Lebih dari itu, terkait dengan kedudukan Saudara sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat, kami juga berharap Saudara dapat melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan efektivitas pelaksanaan fungsi perwakilan dan fungsi pengaturan yang melekat pada lembaga legislatif dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dan menghormati hak asasi manusia.

Kembangkanlah pendekatan disiplin Ilmu Pemerintahan yang Saudara dapatkan selama mengkuti Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan untuk mengoptimalisasikan peran lembaga legislatif dalam penyelenggaraan pemerintahan di masa depan. Jauhkan lah rasa bangga yang berlebihan dan berujung pada kesombongan, gunakanlah ilmu padi yang semaki berisi akan semakin merunduk, jadilah insan profesional yang bertaqwa, berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara”.

Ucapan selamat juga dari keluarga besar media Aspirasi Publik Oberlin Sinaga, SH., SE., MM. yang sedang menyelesaikan Doktor di IPDN dan wartawan Aspirasi Publik DR.Joko Susilo Raharjo Watimena, S.PdI.,MM Alumni Doktor IPDN, Semoga ilmu yang didapat bisa diamalkan dan berguna bagi masyarakat bangsa dan negara tercinta. (Oberlian Sinaga@JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *