Pemdes Kab. Kubu Raya Percontohan Terapkan Seleksi Calon Perangkat Desa Melalui Test Tertulis Bersih

Kubu Raya, aspirasipublik.com – Pemdes Kab. Kubu Raya terapkan seleksi Calon Perangkat Desa melalui Test tertulis bersih. Desa Pal IX Kec. Kakap, Kab. Kubu Raya yang terletak berbatasan dengan Kota Pontianak terletak dijalan lintas menuju pelabuhan TPI Kakap adalah Desa yang telah menerapkan seleksi untuk menjadi perangkat desa dalam posisi kaur dan Kepala Dusun ini terbukti dengan dilakukannya beberapa cara penjaringan dan penyaringan yang diikuti oleh 40 orang peserta untuk mengisi posisi – posisi formasi kaur dan satu kepala dusun ungkap Kasi Pemdes Budi, S.IP., M.IP.,  di ruang Aula Kantor Desa Pal IX, karena antusiasnya peserta yang berminat bukan hanya berasal dari desa Pal IX tapi terdapat juga warga kota pontianak dan desa lainya di Kab. Kubu Raya.

Seleksi ini begitu diminati dan dilaksanakan dalam waktu test 1 jam 30 menit dan telah terpilih 3 orang formasi yang dibutuhkan dengan Nilai diatas 9 selebihnya rata nilai 5, sangat memprihatinkan tingkat pengetahuan para peserta untuk jawaban dari test pengetahuan umum tentang Kab. Kubu Raya dan Prov. Kalbar umumnya dalam 100 soal yang diajukan, diharapkan cara ini juga diikuti oleh seluruh desa di Sembilan Kecamatan yang ada di Kab. Kubu Raya ungkap Kasi Pemdes Budi disela – sela penyampaiannya sebagai narasumber dan sekaligus team penguji dari Kab. Kubu Raya,

Kab. Kubu Raya sudah menjadi contoh bagi Kab. Lainya di Provinsi Kalbar dalam pelaksanaan penjaringan dan penyaringan bagi perangkat desa serta tahun 2021 ini juga Pilkades Serentak banyak diminati lebih dari 5 pasang Calon kades dan akan dilakukan seleksi penjaringan dan Penyaringan untuk upaya bersih dalam proses rekruitment perangkat di Desa yang merupakan pelaksana tugas pembantu pemerintahan di Desa.

Kedepannya seluruh Kepala Desa sudah melakukan program ini untuk menghindari sengketa dan kekuasaan yang arogan ungkap Budi.S.IP., M.IP., karena Kabupaten lain beserta DPRD nya menjadikan Kab. Kubu Raya contoh dengan study banding ke Kantor Pemdes Kab. Kubu Raya. (Ridwan, S.H.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *