Calon Kades Kuala Mandor B, Muhammad Ali: Tingkatkan Perekonomian Warga Melalui Program UMKM

Kubu Raya, Kalbar, aspirasipublik.com – No Urut 3. Muhammad Ali maju lagi pemilihan Pilkades 17 November 2021, Kuala Mandor B nama Desa yang berada di Kecamatan Kuala Mandor Kab. Kubu Raya merupakan desa yang padat penduduknya beragam suku dan etnis Desa yang memiliki 4 dusun ini memiliki Daftar pemilih sementara 4.500 jiwa yang tersebar hampir rata di keempat dusun ungkap Sekcam Kuala Mandor. Muhammad, S.sos. M.si., disela – sela penetapan Calon kepala desa yang ikut dalam pilkades serentak Kab. Kubu Raya pada tanggal 17 November 2021.

Penetapan tersebut sudah diparipurnakan dan terpilih 3 peserta yang mengikuti pertarungan Pilkades kelak di desa Kuala Mandor B ungkap PPKD syamsul, sebagai Kontestan Pilkades karena No Urut 3 Muhammad Ali adalah Kades sebelumnya sudah harus di Plt kan menyangkut Pilkades sudah masuk tahapan dan guna kelancaran pelayanan dan urusan pemerintahan desa di Kuala mandor yang harus berjalan, Desa Kuala Mandor B hampir keseluruhan warga adalah bersumber pencaharian  petani dan kebun, mereka hidup dalam kedamaian karena selama menjabat Muhammad Ali selalu menerapkan program tepat guna dari Dana Desa yang ada dan akhir – akhir ini dikarenakan Pandemi dana Desa lebih difokuskan kepada bantuan PKH bagi warga yang terdampak sangat prihatin ada sekitar 100 orang yang tersebar di empat dusun,

Muhammad Ali langsung menyerahkan bersama perangkat desa lainya serta dibantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas Polsek Kuala Mandor yang berada di Desa Kuala Mandor B kerumah warga yang penerima bantuan.

Selama ini untuk penyaluran berupa bantuan yang didapat dari pemerintah kepada warga yang kurang beruntung sebagai Kepala Desa Muhammad Ali langsung kepada penerima sesuai data yang ada di desa selama ini dan tepat sasaran.

Harapan kedepan jika terpilih kembali Muhammad Ali masih memiliki program yang akan diselesaikan lima tahun kedepan berupa kesejahteraan warga melalui kegiatan ekonomi mikro berupa pembentukan UMKM serta kelompok usaha di masing – masing dusun yang bergerak di sektor peningkatan ekonomi warga berupa kelompok ibu dalam industri rumah tangga kerajinan yang memanfaatkan sumber alam yang ada melalui pembinaan beberapa pelaku UMKM nantinya yang akan di undang sebagai pelatih dan pembelajaran  bagi warga untuk bisa lebih baik lagi dalam mengelola usaha mikro di Desa Kuala Mandor ungkap Muhammad Ali dalam penyampaian Visi Misinya jika kembali terpilih lima tahun kedepan,

Situasi pandemi sangat dirasakan oleh Warga Kuala Mandor yang berpenghasilan dari berkebun dan bertani dimana hasil tani mereka kurang karena keadaan hujan yang tinggi serta tertutupnya akses keluar desa karena PPKM yang diberlakukan serta lesunya daya beli dari pasar akibat situasi Pandemi Covid yang sudah berjalan dua tahun belakangan.

Sebagai Kepala Desa tidak mudah dalam mengelola dana Desa yang ada untuk kebutuhan pembangunan fisik serta kegiatan ekonomi dalam situasi pandemi sekarang ini karena banyak keluarga didalam desa yang terdampak ekonomi yang harus diberikan bantuan dan juga penerpan protokol kesehatan Desa Kuala Mandor menggunakan dana desa untuk berbagi masker yang di buat oleh ibu – ibu di Desa untuk dibagikan bagi warga di empat dusun guna mengantisipasi perkembagan virus Covid bagi warga yang beraktifitas keluar masuk desa disebabkan desa kuala Mandor adalah jalur lintas dari Pontianak menuju desa lainya dan bisa juga ke Kabupaten lainya.

Situasi kedepan ungkap Syamsul diharpakan kesadaran warga dalam mendatangi TPS lebih tinggi lagi dibanding pemilihan sebelumnya, Kapolsek Kuala Mandor AKP. Dede juga mengatakan tingkat kerawanan di TPS desa kuala mandor tidak begitu tinggi walaupun demikian dari Kepolisian tetap menurunkan personil Pengamanan TPS serta monitoring situasi dan perkembangan selama masa kampanye serta tahapan pilkades yang akan dilaksanakan seretak di Kab. Kubu Raya ungkap Kapolsek Kuala Mandor.

Dalam situasi sekarang ini dari 3 calon ada 2 calon yang masih ada hubjngan keluarga di dusun yang sama merupakan antisipasi gesekan dalam dusun Kapolsek juga melakukan pemantauan supaya tahapan berjalan aman dan damai sesuai harapan warga, karena ini adalah kompetisi bersahabat semoga kedepan siapapun yang terpilih bisa lebih memajukan ekonomi warga desa dengan program program unggulan kepala desa kedepan. (Ridwan, S. S.H.)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *