Karang Taruna Desa Nanggung Adakan Penanaman Seribu Pohon Dihadiri Muspika Kec. Nanggung

Bogor, aspirasipublik.com – Reboisasi adalah suatu upaya penanaman pohon dan penghijauan kembali kawasan hutan maupun lahan kosong untuk mengembalikan fungsinya. Reboisasi ini dilakukan sebagai bentuk penghijauan kembali kerusakan hutan yang terjadi akibat pembakaran, penebangan pohon dan tindakan tidak bertanggung jawab lainnya, yang jelas akan membawa dampak yang tidak baik bagi manusia. Bentuk dan akibat paling nyata dari kerusakan hutan adalah adalah banjir dan erosi.

Sebenarnya reboisasi bukan hanya dilakukan di hutan saja tetapi juga di lahan-lahan kosong agar nantinya tanah di bawahnya bisa menahan dan menyimpan air. Kerusakan hutan dan lahan yang terjadi secara tidak langsung berdampak pada kekeringan panjang saat musim kemarau tiba. Tidak adanya pohon yang menahan dan menyimpan air membuat sumber mata air tidak berfungsi.

Untuk menghijaukan kembali lokasi gunung dan antisipasi adanya bencana alam karang taruna desa nanggung, kecamatan nanggung, kabupaten bogor adakan penanaman seribu pohon. Adapun dalam pelaksanaan penanaman tersebut dilaksanakan di lokasi gunung kampung nangela desa nanggung, penanaman seribu pohon diawali oleh Kades Nanggung Ahmad Sodik, Bapak Ridho perwakilan GM antam, Bripka Tantan perwakilan kapolsek, Serka Nandang perwakilan danramil serta Bapak Sukandar, perwakilan camat nanggung juga Bu Neneng perwakilan dari DLH.

Dengan diadakannya penanaman seribu pohon ini bertujuan untuk menghijaukan kembali lokasi gunung dan antisipasi bencana banjir, pada kesempatan yang sama Ketua Karang Taruna Desa Nanggung Basuki berharap semoga penanaman pohon ini bisa menjadikan keberhasilan untuk kita semua. (Surya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *