Dinas Pertanian Kota Padang melalui Bidang Keswan dan kesmavet Gelar Suntik Vaksinasi Rabies secara Gratis

Padang, aspirasipublik.com – Hewan pemeliharaan masyarakat dan hewan liar yang ada di kota padang dianjurkan dan digiatkan untuk suntik vaksin rabies setiap minggu terhadap hewan yang rentan dengan penyakit rabies seperti: Anjing,Kucing dan Kera.Suntik Vaksinasi rabies ini dilakukan untuk antisipasi dan menekan kasus rabies dari gigitan hewan hewan peliharaan tersebut.

Dengan adanya hari rabies sedunia yang diperingati setiap  tanggal 28 September setiap tahun nya,maka dinas pertanian kota padang melalui bidang Kesehatan hewan dan Kesehatan masyarakat veteriner(Keswan dan kesmavet) melakukan suntik vaksinasi rabies secara gratis yang dilaksanakan dipelantaran parkir GOR H.Agusalim padang pada hari Minggu(3/10).Dengan begitu antusias nya masyarakat datang membawa hewan peliharaan nya.

Pihak Dinas Pertanian menargetkan 70 persen dari populasi yang ada untuk di suntik vaksin.hal ini dilakukan karena tingginya angka warga digigit hewan rabies di daerah kota padang.

Kepala bidang kesehatan hewan dan kesehatan masyarakat veteriner(Kabid Keswan dan Kesmavet) Dinas Pertanian kota padang,Drh.Sofia hariani,mengatakan bahwa vaksinasi ditujukan untuk Hewan Pembawa Rabies(HPR) seperri anjing,kucing dan kera.Kita berharap pelayanan ini menurunkan gigitan dari hewan pembawa rabies.pihak nya menargetkan 330 hewan untuk disuntik vaksin rabies hari ini dengan stock 530 dosis vaksin.

Sofia msnambahkan untuk kasus rabies di kota padang selama tahun 2021 sejauh ini yang positif tidak ada,”untuk laporan yang masuk sebanyak 180 laporan.Sementara itu untuk penanganan anjing liar sendiri saat ini terkendala karena adanya pandemi civid-19.Sebelumnya pihaknya melakukan penangkapan anjing liar,kemudian disuntik vaksin rabies dan dilepaskan kembali”paparnya.

Untuk saat ini terbatas kuota nya dengan 50 kuota,dan kami fokus pelaksanaan vaksinasi yaitu yang kami inginkan 70 persen dari populasi ,harapan kita semoga ini tersalurkan semua.Selain itu kita juga menurunkan dua personil kelokasi yang banyak hewan liar,partisipasi masyarakat juga sangat diharapkan,”jelas Sofia.

Pihak Dinas Pertanian menghimbau masyarakat untuk tidak membunuh  hewan liar dijalanan,warga sebaiknya menghubungi Dinas Pertanian agar hewan liar diberikan suntikan vaksin pemandulan rabies,” Tuturnya. (Edril)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *