Tiga Tahun Aek Siborgung Kekeringan Ratusan Kepala Keluarga Terancam Kekurangan Pangan

Taput, aspirasipublik.com – Warga desa parbubu 1 (satu) dan parbubu 2 (dua) kecamatan Tarutung kab Tapanuli Utara desak pemprov Sumatera Utara segera perbaiki tanggul Aek siborgung.

Aek siborgung yang berada di desa parbubu 1 (satu) kecamatan Tarutung adalah salah satunya saluran irigasi untuk pertanian yang ada, mengairi persawahan kisaran 300 hektar lahan tani di tiga desa di parbubu.

sekitar bulan september tahun 2018 tanggul Aek siborgung jebol karena hujan deras yang mengakibatkan luapan dan volume air sangat tinggi hingga menjebol tanggul Aek siborgung.

Aek siborgung ini sebut penduduk desa (Parlindungan Lumban Tobing) yang juga petani didesa parbubu 2 (dua) mengungkapkan betapa pentingnya air siborgung ini buat kami paparnya.

Kami sudah tiga tahun tidak bisa bercocok tanam padi kerena air yang menjadi kebutuhan pertanian kini kering kerontang dan otomatis kami tak bisa bercocok tanam.

Kalau terus seperti ini kami mau makan apa?

Pertanian ini salah satunya sumber mata pencaharian kami di desa ini tambah Parlindungan.

Pernah kami dibantu Pemkab Taput beberapa kali untuk mencoba bergotong royong bahkan bapak Bupati Taput (DRS. Nikson Nababa,n M.Si) tak segan segan menurunkan alat berat milik Pemda untuk bantu perbaiki tanggul yang jebol ke desa kami tambah Parlindungan ke awak media walau kita tau sebenarnya masalah tanggul Aek siborgung adalah kewenangan dari pemerintah provinsi Sumatera Utara.

Namun mengingat tanggul yang jebol sangat parah warga dan Pemkab Taput tak sanggup membendung tanggul yang jebol.

Awak media mengkonfirmasi langsung ke Bupati Tapanuli Utara terkait hal ini, Bupati membenarkan kejadian yang dialami masyarakat nya saat ini.namun kewenangan kan ada di provinsi Sumatera Utara, kita peduli dengan masyarakat disana dan kita juga sudah berupaya sejauh ini.tapi kita tetap akan  terus menyampaikan hal ini ke pihak pemerintah provinsi tambah bupati.

Harapan kami mudah mudahan pemerintah provinsi segeralah memperbaiki tanggul Aek siborgung ini, jangan lagi ini berkepanjangan kata Parlindungan, karena Aek siborgung sangat berarti bagi kehidupan kami tambahnya. (Douglas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *