Prof. Dr. Ir. H. Dahyar Daraba, M.Si. Dikukuhkan Menjadi Guru Besar Pada Bidang Ilmu Administrasi Publik Oleh Rektor IPDN di Kampus Jakarta

Jakarta, aspirasipublik.com – Rabu (10/11/2021) Institut Pemerintahan Dalam Negeri mengukuhkan Prof. Dr. Ir. H. Dahyar Daraba, M.Si., sebagai Guru Besar bidang Ilmu Administrasi Publik IPDN. Pengukuhan Guru Besar ini dilaksanakan di IPDN Kampus cilandak Jakarta dengan tetap menerapkan protokol kesehatan covid-19 yang sangat ketat.  Acara diawali dengan laporan Sekertaris Senat Prof. Dr. Tjahya Supriatna, SU., dilanjutkan dengan Pengukuhan oleh Rektor IPDN dan orasi ilmiah Prof. Dr. Ir. H. Dahyar Daraba, M.Si. setelah itu Mulai hari ini resmi menjadi Guru Besar IPDN, setelah menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “¬Public Trust¬: Apa, Mengapa dan Bagaimana Penerapannya untuk Menciptakan Pelayanan Prima dalam Penyelenggaraan Pemerintahan.

Orasi ilmiah tersebut juga telah dipublikasikan dalam jurnal Pal Arc’ Journal of Archaeology of gypt/Egyptology (Q.3) dengan SJR 2020 0,11.” Silahkan bias diakses ungkapnya dalam orasi ilmiahnya.

dilanjutkan dengan sambutan Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo, M.M., yang juga merupakan Ketua Senat IPDN mengatakan bahwa materi yang diangkat dalam orasi ilmiah ini adalah materi yang menjadi salah satu dari fungsi utama pemerintahan, “Orasi ilmiah dari Prof. Dahyar ini merupakan salah satu fungsi utama pemerintah yaitu memberikan pelayanan kepada masyarakat secara prima agar tercipta suatu keadilan dan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah”, ujar Rektor IPDN. Masih menurutnya, pelayanan prima di era revolusi industri 4.0 dan era society 5.0 harus berbasis information technology karena tanpa internet pelaksanaan pelayanan prima baik pada sektor publik atau private tidak akan berjalan dengan maksimal. “Dalam era millennium saat ini, pelayanan publik yang prima harus berbasis IT sehingga pelayanannya dapat dilakukan, faster, better, and cheaper. Untuk mencapai pelayanan prima pun perlu didukung dengan Satu Data yakni pengelompokan data-data sejenis secara terstruktur dalam database,” ujarnya.

Sebagai Profesor di bidang ilmu administrasi publik, Prof. Dr. Ir. H. Dahyar Daraba, M.Si., diharapkan dapat mengilhami dan menginternalisasikan ide dan gagasan yang disampaikannya dalam orasi ilmiah tersebut dalam masyarakat. “Kami harap Prof. Dahyar mampu membangun dan mengembangkan konsep kepercayaan publik yang sangat berperan penting dalam membangun kinerja birokrasi publik terutama dalam penyelenggaraan pelayanan publik.

Beliau juga diharapkan mampu menentukan strategi yang jitu, tepat dan akurat terkait dengan bagaimana membangun public trust sesuai dengan norma, budaya serta local wisdom,” ujar Rektor.

Acara pengukuhan ini dihadiri oleh seluruh Guru besar IPDN, keluarga, para direktur kampus daerah dari seluruh Indonesia. (JSRW @ Oberlian Sinaga)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *