Suwono Sosok Sederhana Terpilih Jadi Kades Rasau Jaya 1

Rasau Jaya, Kalbar, aspirasipublik.com – Rabu (17/11/21) pelaksanaan pemilihan kepala Desa periode tahun 2021 – 2027 dilaksanakan serentak untuk 35 Desa di 9 Kecamatan di Kabupaten Kubu Raya.

Pemilihan kepala Desa ini telah menjalani tahapan dan proses awal calon Kepala Desa, maksimal di setiap Desa hanya boleh 5 orang calon ungkap H. Mustafa pejabat Assiten II Bupati Kubu Raya di kunjungan keliling beberpaa kecamatan ketika meninjau langsung di Desa Rasau jaya setelah kembali dari desa batu ampar yang juga melaksanakan pilkades.

Dalam hal ini Mustafa juga menyampaikan minimnya kemungkinan saat sekarang ini bagi ASN aktif diberi ijin dalam pemilihan kepala desa karena Pemkab Kubu Raya kekurangan ASN jawabnya.

Desa Rasau Jaya 1 ini adalah desa perlintasan jalan penyebrangan dengan pelabuhan sungai ke kecamatan lain di Kab. Kubu Raya dan memiliki penduduk yang heterogen, terdiri dari suku jawa, madura, bugis, china, batak, minang serta melayu dan didominasi etnis jawa yang beragam agama dan kepercayaan, dari sisi ekonomi adalah niaga, pertanian hasil perikanan dan tingkat kesejahteraan masyarakat hampir merata dampak dari jalur perlintasan jalur sungai ungkap Sulaiman pejabat kecamatan Rasau Jaya.

Pemilihan kepala desa Rasau Jaya 1 diikuti oleh lima orang calon yang sudah terseleksi No. 1. Suwono, No. 2. Jumadi Rahmat, No. 3. Agus Suwandi, ST., No. 4. Hermanto dan No. 5. Suwaji.

Desa Rasau Jaya 1 berpenduduk 9.382 orang yang sudah memilik hak pilih 6.038 orang hak pilih ditolak 1.689 yang menggunakan hak pilih nya 4.494.

Proses pencoblosan tersebar di 14 TPS dimulai jam 07.00 bagi pemilih yang memiliki undangan, bagi pemilih yang tidak terdaftar seperti pemula, baru menikah dan tidak menetap boleh memilih setelah pukul 13.00 karena pemncoblosan berakhir jam 15.00 wib dan akan dilanjutkan penghitungan setelah kotak Suara di bawa ke Kantor desa ungkap ketua PPKD Sugiantono, S.Pd., ketika diwawancarai awak Aspirasi publik di Posko.

Seluruh kegiatan ini telah menyurati unsur terkaid pihak Satgas Covid 19, PMI dan melibatkan relawan kesehatan yang membantu menyiapkan Keperluan alat ukur suhu sanitaser dan masker tetap jaga protokol kesehatan bagi seluruh warga yang mencoblos wajib pakai masker dan kerumunan diatur ungkap Camat Rasau jaya.

Tepat pukul 16.30 dilakukan Pleno setelah Assisten II Bupati Kubu Raya hadir sepulang dari liputan dari Batu hampar yang juga melakukan pilkades menyaksikan Pleno yang juga di hadiri Forkopimca Rasau jaya dan unsur LSM serta media.

Pleno dilakukan di Aula Kantor Desa Rasau Jaya 1 dan didapat Hasil No. 1. Suwono, suara 1.352, No. 2. Jumadi Rahmad suara 774, No. 3. Agus Suwandi, ST suara 1.318 No. 4. Heemanto suara 431 dan No. 5. Suwaji suara 573.

Dari kelima calon ada yang merupakan Kepala Desa yang menjabat ikut yaitu No. 4. Hermanto.

Selesai pleno dengan penetapan pemenang dalam pemilihan yaitu No. 1. SUWONO suara terbanyak yang mengalahkan empat calon lainnya dan mengungguli Incomben Hermanto yang tertinggal jauh perolehan suara.

Dari hasil pantauan dan wawancara dengan berbagai kalangan di lokasi membenarkan bahwa SUWONO tidak termasuk yang diunggulkan ungkap mereka.

SUWONO adalah sosok yang sederhana dan berasal dari petugas kemanan bank BPD ungkap Team pendukung serta petugas yang kenal keseharian SUWONO.

Beliau dikenal ramah sederhana dan penolong di lingkungan dan terlihat dari perolehan di setiap TPS yang 14 merata dimiliki suara.

Seluruh RT dan Dusun begitu kenal dan suka hingga dukungan merata yang didapat menunjukan kepribadian SUWONO selama ini di lingkungan masyarakat ungakp salah satu tokoh yang ditemui.

SUWONO menghadiri kegiatan hingga penutupan SUWONO diarak pulang ke Posko mereka dengan diiringi shalawat seluruh peserta pleno mengucapkan selamat kepada SUWONO dan tidak semua calon yang kalah hadir terutama Kades pejabat lama Hermanto tidak kelihatan hingga akhir Pleno.

Dalam sambutan sebelum acara penutupan Kepala BPD menyampaikan pejabat lama Hermanto terhitung 18/11/21 sudah harus masuk kembali karena menjelang akhir jabatan meminta laporan pertanggung jawaban selama bertugas hingga batas akhir jabatan kepala desa yang tersisah akhir Desember 2021 karena 17 Desember 2021 resmi SUWONO dilantik dan telah sah menjabat Kepala Desa baru periode 2021 – 2027 ungkap Ketua BPD Desa Rasau Jaya 1.

Semua mengucapkan selamat bagi SUWONO. Dalam sambutannya SUWONO juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh warga yang sudah mendukungnya terbukti dengan perolehan suara dan berharap sejak ditetapkan pleno saya berharap kita tidak lagi berbeda sudah jadi satu warga Rasau Jaya 1 ungkap SUWONO mari bersama kita bangun Desa dengan program prorakyat berintegritas kemajuan ekonomi bersama makmur merata berterima kasih juga bagi seluruh unsur yang terlibat termasuk Media Aspirasi publik yang telah membantu ungkap SUWONO Kades terpilih. (Ridwan, S. S.H)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *