Sertijab Panglima TNI dari Jenderal Hadi Tjahjanto kepada Jenderal Andika Perkasa

Jakarta, aspirasipublik.com – Serah terima jabatan panglima dari Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. kepada Jendral TNI Andika Perkasa berjalan dengan baik yang bertempat Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, pada Kamis (18/11)

Pelantikan Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa berdasarkan Keputusan Presiden Republik lndonesia (Keppres) Nomor 106/TNI/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima Tentara Nasional Indonesia Keppres tersebut ditetapkan di Jakarta pada tanggal 17 November 2021.

Adapun kegiatan giat Sertijab hari ini diantaranya adalah penyampaian Memorandum, Upacara Sertijab Panglima TNI, Sertijab Ketum Dharma Pertiwi dan IKKT PWA dari Ny. Nanny Hadi Tjahjanto kepada Ny. Hetty Andika Perkasa, Acara Pisah Sambut dan Acara Tradisi.

Jenderal TNI Andika Perkasa, lahir di Bandung, 21 Desember 1964. Karier TNI-nya bermula sejak lulus dari Akademi Militer (Akmil) pada 1987, yakni berada di Grup 2/Para Komando Kopassus. Dia juga sempat bertugas di satuan elite penanggulangan teror, Sat 81 Gultor Kopassus. Berbagai penugasan dan sejumlah jenjang pendidikan militer telah diikuti dengan baik demikian juga dengan jabatan dalam karier militernya

Pada periode pertama kepemimpinan Presiden Joko Widodo, saat sedang menjabat sebagai Kepala Dinas Penerangan TNI AD, dengan pangkat Brigadir Jenderal (Brigjen) tepatnya pada Oktober 2014, Presiden Joko Widodo menuJendral Andika mendapat tugas sebagai Komandan Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) dan pada waktu itu Di posisi itu, mendapat kenaikan pangkat menjadi Mayor Jenderal (Mayjen) TNI.

Pada Mei 2016, mendapat promosi jabatan sebagai Pangdam XII/Tanjungpura Tahun 2018 mendapat promosi sebanyak tiga kali.

Di awal tahun, dia menjadi Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan, dan Latihan (Dankodiklat) TNI AD, dengan pangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Selanjumya diangkat menjadi Panglima Kostrad (Pangkostrad) menggantikan Letjen TNI Agus Kriswanto, yang pensiun. Selang lima bulan kemudian, dilantik sebagai pemimpin tertinggi TNI AD dengan pangkat Jenderal TNI oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, pada 22 November 2018.

Hingga pada bulan November 2021 Presiden RI, Joko Widodo mengajukan ke DPR RI sebagai calon Tunggal Panglima TNI, selanjutnya pada 17 November 2021 Jenderal TNI Andika Perkasa dilantik menjadi PanglimaTNl di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat. (Patrick)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *