Deklarasi Timur Indonesia Bersatu, Mengusung Tema “Budayaku, Jati Diriku”

Bitung, aspirasipublik.com – Deklarasi Timur Indonesia Bersatu (TIB) mengusung tema “Budayaku, Jati Diriku.” Tema ini dianggap sangat penting dan relevan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Budaya lokal nusantara sebagai warisan para pendahulu mengalami pergeseran bahkan tak jarang tersingkir di negeri sendiri dikarenakan budaya impor kian hari makin menjamur.

Untuk itu, Timur Indonesia Bersatu (TIB) sebagai organisasi masyarakat merasa terpanggil, memiliki tanggung jawab moral dan turut berkontribusi memperkuat, melestarikan dan merawat budaya nusantara sebagai kekayaan bangsa Indonesia.

Pada acara deklarasi tersebut menampilkan atraksi budaya dengan  menyuguhkan Tari Kabasaran kebanggaan masyarakat Manado, Kota Bitung, Sulawesi Utara, di GOR Kota Bitung, Sabtu (20/11/2021).

Acara deklarasi diundang hadir Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey, Kapolda Sulut, Wali Kota Bitung Ir. Maurits Mantiri, Kakesbangpol, Forkopimda Kota Bitung, Ketua Umum TIB Andreas Parapaga, Ketua DPC TIB Bitung Apolinaris Ngilamele, Pimpinan Ormas/LSM Provinsi Sulut dan Kota Bitung, serta para pengurus DPC TIB Kota Manado, tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Ketua Umum Timur Indonesia Bersatu Andreas Parapaga menyampaikan bahwa acara deklarasi TIB bertujuan membangkitkan semangat mencintai budaya nusantara sebagai warisan dan kekayaan bangsa Indonesia. Masyarakat harus bangga dengan budaya kita sendiri.

“Selain itu, mengingatkan masyarakat untuk melawan tindakan intoleransi, radikalisme, terorisme dan korupsi.”

Ia juga menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas dukungan Pemerintah Kota Bitung, Pemerintah Sulawesi Utara dan segenap masyarakat yang telah mendukung terselenggaranya acara deklarasi TIB, ujar Andreas Parapaga.

Kedepan, Timur Indonesia Bersatu optimis bisa membangun sinergitas dan kolaborasi antara masyarakat maupun pemerintah daerah untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di wilayah Timur Indonesia.

Semakin banyak generasi muda Timur Indonesia menuntut ilmu yang setinggi-tingginya, berwirausaha dan berkarya untuk kemajuan bangsa dan negara. (EZL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *