May 19, 2022

Kunker Menkes RI dan Kapolri di Wilayah Perbatasan Entikong, Tinjau Simulasi penerapan Aplikasi Karantina Presisi di PLBN Entikong

2 min read

Kalbar, aspirasipublik.com – Mentri Kesehatan RI Ir. Budi Gunadi Sadikin bersama Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo melaksanakan Kunjungan kerja di Wilayah Perbatasan Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau pada Rabu 19 Januari 2022.

Kunjungan kerjanya di wilayah Perbatasan Kecamatan Entikong kali ini Menkes RI dan Kapolri didampingi Asops Kapolri Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo, Kadiv TIK Polri Irjen Pol Slamet Uliandi, Kapusdokkes Polri Irjen Pol Rusdianto, Pangdam XII/Tpr Mayjen TNI Sulaiman Agusto, Kapolda Kalbar Irjen Pol Suryanbodo Asmoro, Koorspripim Polri Kombes Pol Dedy Murti Haryadi dan Sekpri Kapolri Kombes Pol Ahrie Sonta.

Dalam kunjungan kerja tersebut Kemenkes RI dan Kapolri serta rombongan melaksanakan peninjauan ke PLBN Entikong Desa Entikong Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau.

Setibanya rombongan di PLBN Entikong, disambut langsung oleh Forkopimda Kabupaten Sanggau dan Forkopincam Kecamatan Entikong serta CIQS PLBN Entikong.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolres Sanggau AKBP Ade Kuncoro Ridwan, S.I.K melaporkan situasi di PLBN Entikong Kepada Menkes RI dan Kapolri beserta Rombongan diantaranya menjelaskan Data PPLN Periode November 2021 s/d Januari 2022, Pengecekan alur / mekanisme pemeriksaan kedatangan PPLN yang melintasi PLBN Entikong (Negatif dan negatif), Lokasi Karantina / Isolasi yang ada di Kecamatan Entikong, Kemampuan Analisa / Kapasitas Mesin PCR dan TCM, Rumah Sakit Rujukan Covid-19 Kabupaten Sanggau, Petugas Pengamanan dan Pengawasan PMI, Data PPLN yang Terakses di Aplikasi Karantina Presisi dan Alur Monitoring Karantina Presisi.

Selanjutnya pada Pukul 11.50 WIB Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin bersama Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dan rombongan melaksanakan Peninjauan dan Simulasi penerapan Aplikasi Karantina Presisi di PLBN Entikong.

Peninjauan ini dilakukan untuk memastikan penanganan PMI maupun pelaku perjalanan internasional di pintu masuk negara berjalan dengan baik, hal ini dalam rangka mengantisipasi dan mencegah masuknya virus varian baru Covid-19 ke Indonesia.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, menjelaskan maksud kunjungannya bersama Menkes adalah untuk melihat langsung proses penanganan PMI dan pelaku perjalanan internasional di PLBN Entikong.

“Karena PLBN Entikong ini merupakan salah satu pintu masuk para pekerja migran dan pelaku perjalanan internasional,” ungkapnya.

Kapolri mengungkapkan bahwa saat ini Covid-19 atau yang disebut Omicron sudah masuk ke Indonesia. Dimana kasus ini kebanyakan memang dibawa mereka yang selesai melaksanakan perjalanan dari luar negeri.

“Kita ingin memastikan bagaimana proses pemeriksaan terhadap PMI atau pelaku perjalanan luar negeri. Kita lihat bagaimana pengecekan terhadap protokol kesehatannya kemudian juga proses karantina. Kita harus meyakinkan semuanya berjalan dengan baik,” ungkap Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo.

Setelah melakukan Peninjauan dan Simulasi penerapan Aplikasi Karantina Presisi di PLBN Entikong selanjutnya Menkes RI bersama Kapolri serta rombongan kembali menuju Lapangan Hellypad Patoka dan Take Off meninggalkan Kecamatan Entikong Kabupaten Sanggau menuju Bandara Supadio Kubu Raya dengan menggunakan 2 unit Heli AW 189-169. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.