Disnakertrans NTB: Memiliki Rumah adalah impian & Kebahagian bagi Pekerja

Mataram, aspirasipublik.com – Manfaat Layanan Tambahan (MLT) Perumahan Pekerja bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan merupakan bentuk inovasi pelayanan yang disediakan oleh BPJamsostek bekerja sama dengan lembaga perbankan dengan memberikan kemudahan bagi pekerja tidak hanya yang belum memiliki rumah untuk bisa punya rumah sendiri. Tetapi juga mewujudkan impian pekerja yang ingin merenovasi rumahnya.

“Ini adalah kemudahan yang luar biasa dalam upaya mewujudkan kesejahteraan bagi pekerja,” kata Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi NTB I Gede Putu Aryadi, S.Sos, MH saat memberikan sambutan pada Acara Sosialisasi MTL Perumahan Pekerja bagi Peserta BPJS Ketenagakerjaan di Hotel Aruna Senggigi, Selasa (25/1/2022)

Dalam mewujudkan masyarakat NTB yang sejahtera dan mandiri sesuai dengan visi misi pemerintah provinsi NTB, pemerintah terus berupaya melakukan program yang bernilai positif salah satunya melalui program MTL Perumahan Pekerja.

Masyarakat yang sejahtera adalah orang yang bekerja dan dengan penghasilannya tidak hanya bisa menghidupi keluarga, tetapi juga bisa memiliki rumah.

“Salah satu tolak ukur masyarakat yang sejahtera adalah memiliki rumah. Sungguh sengsara memiliki keluarga, tetapi tidak memiliki rumah,” ujar Gede.

Hasil survei BPS menunjukkan bahwa tingkat kebahagiaan di NTB masih rendah. Bisa jadi salah satu indikatornya adalah banyak pekerja yang belum memiliki rumah.

“Saya berharap dengan adanya program MLT Perumahan Pekerja dapat menaikkan tingkat kebahagiaan di Provinsi NTB,” ujar Gede.

Dengan menjadi peserta BPJamsostek pekerja tidak hanya mendapat Jaminan Hari Tua (JHT), jaminan kesehatan, tetapi juga bisa memiliki rumah yang layak dalam membangun keluarga yang bahagia dan sejahtera.

Mengakhiri sambutannya, Gede mengatakan inovasi tanpa adanya sosialisasi dan edukasi dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

“Mudah-Mudahan program ini dapat berjalan dan pekerja terutama pekerja di sektor bawah mendapatkan fasilitas kredit rumah dengan bunga yang sangat ringan, sehingga NTB Gemilang sesuai visi misi pemerintah dapat segera terwujud,” pungkas Mantan Kepala Dinas Kominfotik NTB ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang NTB Adventus Edison Souhuwat mengatakan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) Perumahan merupakan salah satu kegiatan yang bertujuan membentuk satu persepsi atau kerjasama dalam memberikan MTL berupa perumahan kepada pekerja yang terdaftar sebagai anggota BPJamsostek. Peserta Jamsostek yang lolos verifikasi program MTL Perumahan Pekerja sebanyak 61.000 orang dan tersebar di 10 kabupaten/kota di Prov. NTB.

“Dengan adanya MLT Perumahan yang bekerjasama dengan berbagai pihak, kita berharap kedepannya bisa mewujudkan keinginan pekerja agar memiliki rumah di hari tuanya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bank BTN Cabang Mataram Yusuf Sadeli menyampaikan BTN sudah bekerja sama dengan BPJamsostek sejak tahun 2017 tentang Manfaat Layanan Tambahan (MTL).

Program memiliki rumah ini sebagai wujud pencapaian satu juta rumah bagi masyarakat Indonesia.

“Saya berharap program MLT di wilayah NTB ini dapat berjalan lancar sesuai dengan daerah lainnya yang sudah menjalankan program ini,” ujar Yusuf.

Jenis MLT Perumahan kerjasama antara Bank BTN dengan BPJamsostek antara lain KPR, Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), Pinjaman Renovasi Perumahan (PURP), dan Kredit Konstruksi (KK). (D. F Watimena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *