August 8, 2022

Dr. Wahyu Tri Putranto, S.E., M.Ak. Putra Terbaik Kelahiran Karanganyar Jawa Tengah sebagai Pengusaha Otomotif Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan ke 178 dengan Predikat Cumlaude

5 min read

Jakarta, aspirasipublik.com – Kamis, 30 Juni 2022 bertempat di Gedung Pasca sarjana lantai Tiga    Kampus IPDN Cilandak Jakarta Selatan Dr. Wahyu Tri Putranto, S.E., M.Ak. Pengusaha Otomotif Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan ke 178 dengan predikat Cumlaude dengan judul Disertasi

Pengaruh Implementasi Kebijakan, Kepemimpinan dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat,”

Ujian Promosi Doktor yang dilakukan selama tiga jam dari pukul 09.00 sampai pukul 12.00, yang pelaksanaan sidangnya dipimpin oleh Ibu Wakil Rektor Bidang Wakil Rektor Bidang Kerjasama, Dr. Dety Mulyati, S.H., M.H., CN. didampingi Direktur Pasca Sarjana Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si. Mewakili atas nama Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MM., Tim Promotor yang terdiri atas:1. Prof.  Dr. H. Wirman Syafri, M.Si(Direktur Pasca Sarjana); 2. Dr. Prio Teguh, SH., MSi.(Direktur IPDN Kampus Cilandak ). 3. Dr. Irwan Tahir, AP., M.Si .;  dan  Tim Penguji/Oponen Ahli yang terdiri atas:1. Dr. Hadi Prabowo, M.M. (Rektor IPDN); 2. Prof. Dr. Tjahya Supriatna, SU.; 3. Prof. Dr. Muh. Ilham, M.Si. (Wakil Direktur Pasca Sarjana); 4. Prof. Dr. Ermaya Suradinata, SH., MH., MS.; 5. Prof. Dr. Muhammad Mulyadi, AP., M.Si.; 6. Dr. Hyronimus Rowa, M.Si. (Wakil Rektor IPDN) 7. Dr. Mansyur Achmad, M.si. (Kaprodi Pasca Sarjana); 8. Dr. Ika Sartika, MT.;

Riwayat singkat Dr. Wahyu Tri Putranto, S.E., M.Ak. dilahirkan di Karanganyar Jawa Tengah, pada tanggal 23 Januari 1976, dari pasangan Mardoyo Broto Atmojo (Almarhum) dan Hj. Sri Ningsih S.Pd. Menikah dengan Dr. Hj. Ratna Wati, S.E., M.M telah dikaruniai seorang putra Muhammad Rasyid Wahyu Mumtaz, dua putri: Annisa Hazna Istiqomah dan Shafira Wahyu Mufidah

Riwayat Pendidikan: SD Negeri Bejen 3 Karanganyar Lulus Tahun 1988, SMP Negeri 1 Karanganyar lulus Tahun 1991, SMA Negeri Karangpandan, Karanganyar Lulus Tahun 1994, Akademi Akuntansi dan Perpajakan Bentara Indonesia Surakarta Lulus Tahun 1997, Sarjana Ekonomi STIE Swadaya Jakarta Lulus Tahun 2004, Magister Akuntansi STIE Swadaya Lulus Tahun 2009, Promovendus memasuki Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahah Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2019.

Riwayat Pekerjaan: 1.Tahun 1997 – 2002 Kabag Keuangan STIE Mulia Pratama Bekasi;2.Tahun 1998 – 2008 Bendahara Yayasan Pencerdasan Bangsa Bekasi,3.Tahun 2002 – 2008 Pembantu Ketua III STIE Mulia Pratama,4.Tahun 2005 – 2013 Direktur PT. Bintang Utama Sentosa,5.Tahun 2006 – sekarang Direktur CV Tri Sukses Makmur,6.Tahun 2013 – sekarang Direktur PT. Tunas Sukses Persada ,7.Tahun 2013 – sekarang Komisaris PT. Bintang Utama Sentosa,8.Tahun 2019 – sekarang Direktur PT. Global Visioner Indonesia,9.Tahun 2019 – sekarang Komisaris PT. Jendela Inti Sedaya.10.Tahun 2020 – sekarang Dewan Pembina Yayasan Pencerdasan Bangsa Pratama,10.Tahun 2020 – sekarang Direktur Pascasarjana STIE Mulia Pratama Bekasi,11.Pengusaha  Pengusaha Otomotif sampai sekarang .

Disertasi Dr. Wahyu Tri Putranto, S.E., M.Ak. yang berjudul: “Pengaruh Implementasi Kebijakan, Kepemimpinan dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat”, secara konseptual terinspirasi dari isu penting kinerja pelayanan administrasi ketenagakerjaan dan pemberdayaan tenaga kerja. Berangkat dari isu penting itulah maka menurut hemat kami masalah ini aktual untuk diteliti dan relevan dengan bidang yang ditekuni yang mengabdi di bidang Pendidikan dan kewirausahaan yang mendalami Ilmu Pemerintahan.

Orisinalitas Penelitian: Penelitian ini mempunyai perbedaan yang spesifik dengan penelitian-penelitian terdahulu, baik dari segi lokasi, teori yang digunakan, obyek penelitian, unit analisis, maupun teknik analisis data, karena menggunakan penelitian kuantitatif. Temuan penelitian yang dijadikan dasar penyusunan konsep baru oleh Dr. Wahyu Tri Putranto, S.E., M.Ak.  diharapkan dapat memperkaya kajian teoritis dan dukungan empiris yang berkenaan dengan pentingnya kinerja pelayanan administrasi ketenagakerjaan dan pemberdayaan tenaga kerja. Kajian empirik ini secara spesifik diarahkan untuk membahas hubungan kausalitas di antara Implementasi Kebijakan, Kepemimpinan dan Profesionalisme yang diposisikan sebagai antecedent variables (sebab) dengan Kinerja Dinas Tenaga Kerja Kota Bekasi yang diposisikan sebagai consequency variable (akibat). Kajian hubungan kausalitas tersebut dilakukan menurut pendekatan teori implementasi kebijakan publik dari Charles O. Jones, teori Kepemimpinan Visioner dari Burt Nanus, teori profesionalisme dari Udin Syaefudin Saud, dan teori kinerja dari Thomas Gordon.

Disain Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif. Sampel penelitian sebanyak 242 responden diambil dari populasi 667 orang menggunakan Tabel Krejcie. Teknik pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan, kuesioner, dan observasi. Analisis data menggunakan Analisis SEM yang diperdalam dengan analisis Deskriptif.

Hasil Penelitian Dr. Wahyu Tri Putranto, S.E., M.Ak. dan Manfaatnya: Melalui penerapan Analisis, SEM,berhasil memperoleh tiga  temuan penelitian yang menjadi dasar penyusunan tiga konsep baru. Tiga konsep baru yang dimaksud merupakan hasil pengembangan driven theory penyusunan konstruk tiga variabel leten eksogen. Tiga konsep baru tersebut adalah berikut:

Konsep baru yang tersusun dari pembahasan pengaruh Implementasi Kebijakan terhadap Kinerja adalah Konsep Baru tentang Tata Kelola Keuangan Satuan Keja Perangkat Daerah,  dengan definisi : Tata Kelola Keuangan Satuan Kerja Perangkat Daerah adalah Manajemen Keuangan Organisasi Perangkat Daerah dalam satu tahun anggaran untuk mengimplementasikan kebijakan, program dan kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya yang dinyatakan dengan  besaran alokasi anggaran, fungsi anggaran, kinerja Anggaran, dan akuntabilitas kinerja anggaran.  Dengan definisi yang demikian itu tercakup 4 dimensi analisis: (1) Dimensi Besaran alokasi anggaran; (2) Dimensi Fungsi anggaran; (3) Dimensi Kinerja Anggaran; dan (4) Dimensi Akuntabilitas Kinerja Anggaran.

Konsep baru yang tersusun dari pembahasan pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja adalah Konsep Baru tentang  Pemimpin Pengarah Perilaku Organisasi,  dengan definisi: Pemimpin Pengarah Perilaku Organisasi adalah Peran Pimpinan yang mengelola perilaku perorangan, perilaku kelompok dan perilaku organisasi untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu yang terungkap dari peran Pemimpin Sebagai Penata Perilaku; Pemimpin Sebagai Pengatur Perilaku; dan Pemimpin Sebagai Pengendali Perilaku. Dengan definisi yang demikian itu tercakup 3 dimensi analisis: (1) Dimensi Pemimpin Sebagai Penata Perilaku; (2) Dimensi Pemimpin Sebagai Pengatur Perilaku; dan (3) Dimensi Pemimpin Sebagai Pengendali Perilaku.

Konsep baru yang tersusun dari pembahasan pengaruh Kepemimpinan terhadap Kinerja adalah Konsep Baru  tentang   Penampilan Profesional,  dengan definisi : Penampilan Profesional adalah Kinerja Profesional  yang Akuntabel, Proaktif dan Intensif dalam mengoptimalkan pencapaian tugas,  fungsi dan tanggungjawab profesi secara maksimal. Dengan definisi yang demikian itu tercakup 3 dimensi analisis: (1) Dimensi Kinerja Profesional yang Akuntabel; (2) Dimensi Kinerja yang Proaktif; dan (3) Dimensi Kinerja yang Intensif.

Hasil penelitian yang demikian itu diharapkan memberikan manfaat bagi upaya peningkatan kinerja; memberi manfaat bagi pengembangan Ilmu Pemerintahan, dan sekaligus sebagai salah satu referensi bagi peneliti lain yang ingin melakukan penelitian lanjutan dalam bidang yang sama. Selain itu, kami berharap aplikasi aksiologi hasil penelitian dan aplikasi epistemologi penyusunan konsep baru yang ditunjukan dengan standar prosedur tertentu kiranya berkenan dilembagakan menjadi ciri dan standar Disertasi Ilmu Pemerintahan IPDN.

Nasehat Akademik yang disampaikan oleh co Promotor Bapak Dr. Prio Teguh, SH., MSi.(kepada   Dr. Wahyu Tri Putranto, S.E., M.Ak., Setelah melewati perjalanan panjang studi yang penuh dengan dinamika tuntutan dan tantangan, akhirnya Saudara berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan; dan sejak hari ini, 30 Juni 2022 Saudara resmi dinyatakan sebagai Doktor Ilmu Pemerintahan.  Selanjutnya kami berharap, dengan gelar tersebut Saudara dapat mengamalkan segala ilmu yang dipelajari selama mengikuti program studi serta menerapkan implikasi praktis dan konsep baru yang Saudara susun dalam disertasi untuk kebaikan sesama dan kesejahteraan masyarakat yang seluas-luasnya. Kami juga berharap Saudara dapat melakukan berbagai terobosan untuk menjembatani dunia usaha dan dunia birokrasi ketenagakerjaan. Kembangkanlah  pendekatan disiplin Ilmu Pemerintahan yang Saudara dapatkan selama mengikuti Program Studi  Doktor Ilmu Pemerintahan untuk mengoptimalisasikan hubungan dan kerjasama dunia usaha dan dunia pemerintahan.

Ucapan selamat dari Media Aspirasi Publik kepada  suami istri yang keduanya adalah Doktor lulusan IPDN (dengan predikat Cumlaude),Ini menjadi contoh bagi generasi muda dan masyarakat Indonesia betapa kompaknya pasangan ini telah menyelesaikan Doktor dengan bersama. (Oberlian Sinaga @JSRWatimena)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.