August 8, 2022

Wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, H. Tjahjo Kumolo Sungguh Sangat Mengejutkan Masyarakat Indonesia

2 min read

Jakarta, aspirasipublik.com – Jatinangor (01/07/2022), berita wafatnya Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, H. Tjahjo Kumolo sungguh sangat mengejutkan masyarakat Indonesia, tak terkecuali seluruh civitas akademika IPDN.

Kedekatan Bapak Tjahjo Kumolo dengan IPDN sudah dimulai saat almarhum menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri. Almarhum kerap kali hadir ke kampus IPDN baik untuk melakukan kunjungan kerja maupun dalam memimpin pelaksanaan wisuda dan pelantikan pamong praja muda IPDN.

Itulah yang membuat IPDN mengenal dekat sosok yang sangat inspiratif yang sangat dekat dengan seluruh staf baik di lingkungan Kemendagri maupun Kemenpan-RB ini. Rektor IPDN, Dr. Hadi Prabowo mewakili seluruh civitas akademika IPDN menyampai belasungkawa yang mendalam atas kepergian Bapak penggerak ASN ini. “Saya dan seluruh civitas akademika IPDN mengucapkan turut berduka cita atas wafatnya Bapak H. Tjahjo Kumolo.

Almarhum semasa hidupnya merupakan sosok yang sederhana, humble juga pekerja keras. Almarhum juga dikenal sebagai sosok yang dekat dengan wong cilik, sangat memperhatikan dan peka terhadap lingkungan sekitar juga tentunya masyarakat luas.

Tangan dingin almarhum dalam berpolitik dan mengelola organisasi juga sudah tidak diragukan lagi baik selama menjabat sebagai anggota DPR RI dari tahun 1987 sampai 2014, Menteri Dalam Negeri pada periode tahun 2014-2019 ataupun pada saat menjabat sebagai, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi pada tahun 2019 sampai dengan beliau wafat.

Dibawah kepemimpinannya Kemendagri dulu pernah meraih pengharagaan opini wajar tanpa pengecualian dari Kementerian Keuangan selama 5 tahun berturut-turut, begitupun saat menjabat di Kemenpan-RB, beliau membawa Kemenpan-RB dalam meraih predikat Badan Publik Informatif dalam Anugerah Keterbukaan Informasi Publik. Jadi jelas lah sudah bagaimana kontribusi yang diberikan almarhum selama hidupnya bagi negara ini. 

Semoga pengabdian dan dedikasi yang almarhum berikan untuk negara ini menjadi ladang pahala yang mampu menempatkannya di tempat terbaik disisi Allah SWT”, tuturnya.

Beberapa penghargaan lain yang almarhum raih selama hidupnya yakni Bintang Mahaputera Adipradana, Bintang Alumni Kehormatan AKPOL Semarang, Penghargaan Bintang Emas dari Kapolri, Pin Alumni Kehormatan IPDN, Bintang Penghargaan Kerajaan Sulawesi dan Bintang Penghargaan Pemda Provinsi Sulawesi Selatan. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.