Dr. H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.I.P. Bupati Pesawaran Provinsi Lampung Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 221 dengan Predikat Sangat Memuaskan dalam Disertasi Menghasilkan Dua Desain Kebijakan Yaitu TABIK PUN dan INDIRA Menjadikan Solusi UMKM di Kabupaten Pesawaran

Jakarta, aspirasipublik.com –  Rabu , 12 Juli 2023,  berlangsung dari pukul 13.00 dan selesai pukul 15.45 di Ruang sidang program pasca sarjana Doktoral IPDN di lantai satu gedung pasca sarjana Institut Pemerintahan Dalam Negeri jakarta , Rektor IPDN Bapak Dr. Drs. Hadi Prabowo, MM., Memimpin secara langsung jalannya sidang terbuka dan selain menjadi ketua sidang juga sekaligus mewakili Bapak Menteri Dalam Negri Menteri (Mendagri) RI Jenderal Polisi (Purn) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, M. A., Ph. D. dalam undangan  pada acara Sidang Promosi Doktor Ilmu Pemerintahan Sekolah Pascasarjana IPDN. Hasil sidang promosi Pada sore   ini pukul 16.00 Wib diputuskan  bahwasanya atas nama  Dr.H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.I.P . Bupati Pesawaran Provinsi Lampung Putra dari Bpk. Zulkifli Anwar Komisi II DPR RI. Setelah mempertahankan Disertasinya dihadapan promotor dan penguji selama tiga jam akhirnya Berhak dan dapat  Meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan ke 221 dengan predikat sangat Memuaskan, dengan judul Disertasi

“Dukungan Pemerintah dan Desain Kebijakan dalam Peningkatkan Kinerja Usaha Miro Kecil Menengah Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung”.

Dengan Tim Promotor yang terdiri  dari :1. Prof. Dr. Wirman Syafri, M.Si., 2. Prof. Dr. Ir. Dedeh Maryani, MM., 3. Prof. Dr. Mansyur Achmad, M.Si.,Tim penelaah/penguji yang terdiri atas: 1. Dr. Drs. Hadi Prabowo, MM.(Rektor IPDN sekaligus memimpin jalannya sidang)., 2. Prof. Dr. Muh. Ilham, M.Si., 3. Prof. Dr. Cepi Pahlevi, SE., M.Si., CWM., 4. Dr. Drs. Rizari, MBA., M.Si., 5. Dr. Muhadam Labolo, M.Si., 6. Dr. Faria Rohana, MP.,

Riwayat singkat Dr. H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.I.P  dilahirkan di Tanjung Karang, 04 Juli 1983. merupakan putra kedua dari pasangan Bapak Zulkifli Anwar, S.H. dan Ibu Dra. Juniar Adhar. Dr.H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.I.P   merupakan suami dari Ibu Nanda Indira Dendi, S.E.,

Riwayat pendidikan,Pendidikan formal Sekolah Dasar Negeri 2 Bandar Lampung, pada tahun 1995.  SMP Negeri 2 Bandar Lampung tahun 1998.  SMA Negeri 10 Bandar Lampung pada tahun 2001. Pendidikan S-1 diselesaikan di Jurusan Tehnik Sipil, Universitas Sangga Buana Bandung pada tahun 2007, sedangkan pendidikan Magister Terapan Ilmu Pemerintahan diselesaikan di Institut Pemerintahan Dalam Negeri Tahun 2020.

Karir Dr. H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.I.P  dalam dunia kerja di mulai sejak tahun 2001 dengan Riwayat sebagai berikut:1.Direktur CV Laba Utama Bandung tahun 2001 – 2006.,2.Direktur CV Fleksi Utama Lampung tahun 2004 – 2008.,3.Komisaris PT. Mandiri Tekhnindo Jaya tahun 2006 – 2009.,4.DPRD Prov Lampung tahun 2009 – 2014.,5.DPRD Prov Lampung tahun 2014 – 2016.,6.Bupati Kabupaten Pesawaran tahun 2016 – 2021.,7.Bupati Kabupaten Pesawaran tahun 2021 – 2026.,

Disertasi Dr. H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.I.P  yang berjudul “Dukungan Pemerintah dan Desain Kebijakan dalam Peningkatkan Kinerja Usaha Miro Kecil Menengah Pasca Pandemi Covid-19 di Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung”. Penelitian ini dilandasi dengan temuan bahwa UMKM merupakan salah satu penopang perekonomian masyarakat (Madanchian et al. 2015; Matt & Rauch, 2020) akan tetapi masih memiliki beberapa kelemahan yaitu minimnya modal, terbatasnya infrastruktur, kebijakan makro yang kurang mendukung, tingginya biaya bahan baku, rendahnya pangsa pasar dan pekerja yang kurang terampil (Athaide & Pradan, 2020). Disisi lain pemerintah memiliki peran dan tanggungjawab dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat salah satunya terkait UMKM (Hunter, 2015). Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh dukungan pemerintah terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Pesawaran serta merumuskan desain kebijakan yang tepat dalam pengembangan UMKM.Penelitian ini menggunakan metodologi campuran, yaitu perpaduan analisis kuantitatif dan kualitatif dengan Explanatory Sequential Design. Pada desain ini, terdapat 2 fase berurutan/sekuensial yang interaktif. Tahap pertama, dilakukan pengambilan dan analisis data kuantitatif yang mana memiliki prioritas untuk menjawab pertanyaan penelitian. Tahap berikutnya, fase pengambilan data kualitatif dilakukan mengikuti fase sebelumnya. Peneliti umumnya menginterpretasikan data kualitatif untuk membantu menjelaskan (explain) hasil yang diperoleh pada fase kuantitatif (Creswell & Clark, 2011). Dari analisis kuantitatif, penelitian ini menganalisis pengaruh dukungan pemerintah yang terdiri dari dua aspek yaitu dukungan finansial dan dukungan non-finansial terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Pasawaran Lampung. Adapun analisis kualitatif digunakan untuk mencari desain kebijakan pemerintah dalam memberikan dukungan terhadap UMKM agar berkembang lebih pesat dan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.I.P  , telah berhasil mengungkap bahwa:1.Dukungan finansial pemerintah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Besar dampak dukungan finansial terhadap kinerja UMKM adalah 0,070 yang bisa diartikan dalam 2 makna yaitu bahwasanya dukungan finansial memberikan pengaruh pada peningkatan kinerja UMKM dan makna bahwasanya pengaruh dukungan finansial dalam peningkatan kinerja UMKM bisa dirasakan dalam jangka panjang. Selanjutnya dukungan finansial yang paling berpengaruh adalah terkait pemberian penghargaan dan apresiasi bagi UMKM yang berprestasi.dan 2. Dukungan non-finansial pemerintah berpengaruh postif dan signifikan terhadap kinerja UMKM di Kabupaten Pesawaran, Lampung. Besar dampak dukungan non-finansial terhadap kinerja UMKM adalah 0,858 yang bermakna bahwasanya dukungan nonfinansial berpengaruh signifikan dalam peningkatan kinerja UMKM dan pengaruh yang diberikan bisa dirasakan dalam jangka pendek. Selanjutnya dukungan non-finansial yang paling berpengaruh adalah terkait pembinaan dan pelatihan teknologi digital dalam bisnis dan kewirausahaan.

Konsep Baru.Penelitian ini merumuskan 2 desain kebijakan dalam pengembangan UMKM. Desain kebijakan pertama dijuluki dengan TABIK PUN yang mencakup Training UMKM, Bantuan modal dan Insentif bagi UMKM berprestasi, Kolaborasi dengan universitas dan pelaku bisnis ritel serta swasta lainnya dan membangun dan mengembangkan pusat-pusat pemasaran produk UMKM di pesawaran. Adapun usulan desain kebijakan yang kedua adalah INDIRA yaitu Integrasi UMKM dengan berbagai pihak mulai dari penyedia bahan baku, pihak swasta dan sesama UMKM, Digitalisasi dalam proses penyediaan bahan baku, produksi, penjualan hingga pemasaran produk UMKM dan Regenerasi UMKM dengan membina dan membentuk kader penerus UMKM di Kabupaten Pesawaran.

Nasehat akademik yangdisampaikan oleh Prof. Dr. Ir. Dedeh Maryani, MM. kepada Dr. H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.I.P, saudara telah berhasil mencapai prestasi akademik yang layak dibanggakan, sebagai suatu kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan terutama ilmu pemerintahan yang semakin fungsional untuk mengkritisi fenomena pemerintahan yang berkembang dengan sangat dinamis. Dr.H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.I.P, dengan prestasi studi ini dan dengan ilmu yang saudara dapatkan selama mengikuti perkuliahan di Program Studi Ilmu Pemerintahan, kini saudara dihadapkan pada tantangan yang lebih besar dan sekaligus tuntutan profesi yang lebih berat. Artinya, secara keilmuan saudara dituntut untuk secara berkelanjutan mendarmabaktikan ilmu pemerintahan tersebut bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Kami berharap dan berpesan kepada saudara agar dapat membuktikan segenap kemampuan profesional saudara diberbagai bidang, serta berperan aktif dalam pengembangan ilmu pemerintahan. Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan yang dapat berujung pada kesombongan, gunakanlah ilmu pada yang semakin berisi semakin merunduk, dan jadilah insan profesional yang bertaqwa dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Turut hadir pada acara sidang terbuka sekaligus memberikan ucapan selamat kepada  Dr.H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.I.P, yaitu Bapak Dirjen Bina Pemdes, Sekda Kab. Pesawaran, CEO PT. Cyber Global Indonesia, Direktur PT. Adhimatratama, Kapus Kajian Iklim Usaha dan Rantai Nilai Global LPEM FEB-UI, Para Pimpinan OPD Kab. Pesawaran.

Ucapan selamat juga dari Pimpinan media Aspirasi Publik yang juga sedang dalam menyelesaikan sekolah pasca sarjana program Doktoral di IPDN, Bapak  Oberlin Sinaga, SH., SE., MM. Dan wartawan aspirasi publik Dr. Joko susilo Raharjo Watimena, S.PdI,MM, Semoga ilmu yang didapatkan Dr. H. Dendi Ramadhona Kaligis, S.T., M.Tr.I.P  Bupati Pesawaran Provinsi Lampung, akan dapat bermanfaat  untuk Masyarakat Bangsa Dan Negara Indonesia Tercinta( Oberlian Sinaga @ JSR Watimena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *