Dr. Drs. H. Zulfadli Gazali, M.Si. Direktur Utama PT. Ambang Barito Nusapersada dan Sebagai Sekretaris Umum PD XVI KB FKPPI Kalimantan Selatan, Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 225 dengan Predikat Sangat Memuaskan

Jakarta, aspirasipublik.com – Jum’at, 14 Juli 2023, berlangsung dari pukul 13.00 dan selesai pukul 16.00 di Ruang sidang program pasca sarjana Doktoral IPDN di lantai satu gedung pasca sarjana Institut Pemerintahan Dalam Negeri Jakarta, Ibu Dr. Deti Mulyati, SH., MH., CN. Wakil Rektor Bidang Kerjasama mewakili atas nama Rektor IPDN Bapak Dr. Drs. Hadi Prabowo, MM. sore ini memutuskan  hasil sidang promosi Doktor bahwasanya atas nama  Dr. Drs. H. Zulfadli Gazali, M.Si.Direktur Utama PT. Ambang Barito Nusapersada  dan sebagai Sekretaris Umum PD XVI KB FKPPI Kalimantan Selatan, Setelah mempertahankan Disertasinya dihadapan promotor dan penguji selama tiga jam akhirnya Berhak dan dapat  Meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan ke 225 dengan predikat sangat Memuaskan, dengan judul Disertasi

“Implementasi Kebijakan Pengelolaan Alur Sungai Barito Dalam Pemanfaatan Potensi Alam Untuk Peningkatan Pendapatan Provinsi Kalimantan Selatan”.

Dengan Tim PromotorDengan Tim Promotor yang terdiri atas : 1. Prof. Dr. Muh. Ilham, M.Si., 2. Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd., 3. Dr. Muhadam Labolo, M.Si., Tim Penguji/Penelaah yang terdiri atas: 1. Dr. Drs. Hadi Prabowo, MM. (Rektor IPDN)., 2. Prof. Dr. Mansyur Achmad, M.Si., 3. Prof. Dr. Dahyar Daraba., M.Si., 4. Dr. Ika Sartika., M.Si., 5. Dr. Ahmad Averus, M.Si., 6. Dr. Ir. Deden Gandana, M.Si (Penguji Eksternal)

Riwayat singkat Dr. Drs. H. Zulfadli Gazali, M.Si.dilahirkan di Banjarmasin, pada tanggal 19 Februari 1962, dari pasangan  (Alm) H. Abdulmajid, dan (Alm) Hj. Normasiah. Pernikahannya dengan Hj. Masmulya, telah dikaruniai 3 orang anak, yaitu: Muhammad Riza Aulya Firdaus, Siti Dewi Ayu Saputeri dan Siti Huwaina Fairuz.

Riwayat Pendidikan, menempuh pendidikan di SDN Kusuma Djaya Kota Banjarmasin lulus tahun 1975; SMP Rajawali Kota Banjarmasin lulus tahun 1979; SMPPN 28 Kota Banjarmasin lulus tahun 1982; Sarjanamuda APDN Banjabaru lulus tahun 1986, Sarjana STIA Bina Banua Kota Banjarmasin lulus tahun 1998, MAP Universitas Gadjah Mada lulus tahun 2000 dan Program Doktoral Ilmu Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri. Riwayat Pekerjaan: 1. Camat Banjarmasin Timur Kota Banjarmasin (2001 -2003)., 2. Kepala Dinas Pendapatan Kab. Tanah Bumbu (2003-2006)., 3. Sekretaris Daerah Kabupaten Tanah Bumbu (2006- 2010)., 4. Sekretrais Daerah Kota Banjarmasin. (2011- 2015)., 4. Staf Khusus Gubernur Kalimantan Selatan (2016- 2017)., 5. Komisaris Bank Kalimantan Selatan (2017 – 2019)., 6. Direktur Utama PT. Ambapers (2019 – Sekarang)

Riwayat Organisasi: 1. Ketua PC. 1602 FKPPI Kota Banjarmasin (1991 – 1994)., 2. Sekretaris Umum DPD Golkar Tk. II Kota Banjarmasin (1993-1998)., 3. Ketua GM FKPPI Prov.Kalsel (2005–2010)., 4. Wakil Ketua GP. Anshor Prov. Kalsel (2008-2010)., 5. Ketua ORARI Kabupaten Tanah Bumbu (2005 – 2010)., 6. Ketua PERCASI Kabupaten Tanah Bumbu (2005 – 2010)., 7. Ketua I/ Harian DHD 45 Prov. Kalsel (2018 – 2022)., 8. Sekretaris Umum PD XVI KB FKPPI Kalsel (2021 – Sekarang) dan  Pelatihan yang Pernah Diikuti: 1. Diklat SPAMEN Depdagri  di Surabaya  Tahun 2005., 2. ESQ Leadership Traning di Jakarta 2013., 3. Diklat Manajemen Operator Terminal dan BUP di Jakarta 2019.

Disertasi Dr. Drs. H. Zulfadli Gazali, M.Si. yang berjudul: ” Implementasi Kebijakan Pengelolaan Alur Sungai Barito Dalam Pemanfaatan Potensi Alam untuk Peningkatan Pendapatan Provinsi Kalimantan Selatan”.

Lahirnya Undang-Undang No. 17 Tahun 2008 tentang Pelayaran dan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 48 Tahun 2021 tentang Konsesi dan Bentuk Kerjasama Lainnya Antara Pemerintah dengan BUP, yang memberikan dampak terhadap terjadinya perubahan-perubahan pengelolaan Alur Ambang Barito dan Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kehilangan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari pengelolaan Alur Ambang Barito. Sedangkan penelitian yang dilakukan bertujuan untuk menganalisis kendala dalam implementasi kebijakan pengelolaan Alur Sungai Barito dalam peningkatan pendapatan asli daerah Provinsi Kalimantan Selatan, serta strategi apa yang dapat digunakan sebagai solusi dalam proses kebijakan pengelolaan Alur Sungai Barito.Desain Penelitian,menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam dengan sejumlah informan serta studi dokumen.

Dr. Drs. H. Zulfadli Gazali, M.Si. telah berhasil memperoleh temuan penelitian bahwa implementasi kebijakan pengelolaan alur sungai Barito dalam pemanfaatan potensi alam sebagai peningkatan pendapatan Provinsi Kalimantan Selatan sudah dilaksanakan dengan baik dan PT. Ambapers memperoleh konsesi selama 20 tahun ke depan. Kendala yang dihadapi yaitu pendangkalan alur karena tingginya sedimentasi yang berdampak terhadap tingginya biaya pemeliharaan, kerusakan pada rambu navigasi dan penentuan tarif yang sering memunculkan konflik. Untuk meningkatkan pendapatan diperlukan strategi menggali potensi objek pungutan, melakukan negosiasi ulang sistem bagi hasil dengan perusahaan rekanan, mengembangkan jalur di Alur Sungai Barito agar dapat dilalui kapal dengan kapasitas yang lebih besar, mengembangkan potensi wisata di Alur Sungai Barito, mengembangkan usaha baru di bidang sewa kapal, mengembangkan usaha di bidang akomodasi dan penginapan untuk ABK yang beroperasi di Alur Sungai Barito, dan mengembangkan jalur pelayaran di Alur Sungai Barito sampai dengan provinsi Kalimantan Tengah.

Nasehat Akademik yang disampaikan oleh Prof. Dr. Khasan Effendy, M.Pd  kepada Dr. Drs. H. Zulfadli Gazali, M.Si., saudara telah berhasil mencapai prestasi akademik yang layak dibanggakan, sebagai suatu kontribusi bagi pengembangan ilmu pengetahuan terutama ilmu pemerintahan yang semakin fungsional untuk mengkritisi fenomena pemerintahan yang berkembang dengan sangat dinamis. Dr. Drs. H. Zulfadli Gazali, M.Si., dengan prestasi studi ini dan dengan ilmu yang saudara dapatkan selama mengikuti perkuliahan di Program Studi Ilmu Pemerintahan, kini saudara dihadapkan pada tantangan yang lebih besar dan sekaligus tuntutan profesi yang lebih berat. Artinya, secara keilmuan saudara dituntut untuk secara berkelanjutan mendarmabaktikan ilmu pemerintahan tersebut bagi kepentingan masyarakat, bangsa dan negara. Kami berharap dan berpesan kepada saudara agar dapat membuktikan segenap kemampuan profesional saudara diberbagai bidang, serta berperan aktif dalam pengembangan ilmu pemerintahan. Jauhkanlah rasa bangga yang berlebihan yang dapat berujung pada kesombongan, gunakanlah ilmu padi yang semakin berisi semakin merunduk, dan jadilah insan profesional yang bertaqwa dan berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Ucapan selamat juga dari Pimpinan media Aspirasi Publik yang juga sedang dalam menyelesaikan sekolah pasca sarjana program Doktoral di IPDN, Bapak Oberlin Sinaga, SH., SE., MM. Dan wartawan Aspirasi Publik Dr. Joko susilo Raharjo Watimena, S.PdI, MM, Semoga ilmu yang didapatkan Dr. Drs. H. Zulfadli Gazali, M.Si. Direktur Utama PT. Ambang Barito Nusapersada dan sebagai Sekretaris Umum PD XVI KB FKPPI Kalimantan Selatan, akan dapat bermanfaat untuk Masyarakat Bangsa dan Negara Indonesia Tercinta. (Oberlian Sinaga @ JSR Watimena)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *