Beranda Pendidikan Dr. Feri Firdaus, S.I.Kom. M.A., Dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Lampung Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 241 dengan Predikat Sangat Memuaskan

Dr. Feri Firdaus, S.I.Kom. M.A., Dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Lampung Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 241 dengan Predikat Sangat Memuaskan

0
Dr. Feri Firdaus, S.I.Kom. M.A., Dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Lampung Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 241 dengan Predikat Sangat Memuaskan

Jakarta, aspirasipublik.com – Selasa , 31 Oktober 2023  berlangsung dari pukul 09.00 dan selesai pukul 12.00 di Ruang sidang program pasca sarjana Doktoral IPDN di lantai satu gedung pasca sarjana Institut Pemerintahan Dalam Negeri jakarta , Wakil Rektor III Bidang Kewahasiswaan Bapak Dr. Yudi Rusfiana, S.IP., M.Si. mewakili atas nama Rektor IPDN Bapak Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, MM., siang ini diputuskan hasil sidang promosi Doktor bahwasanya atas nama Dr. Feri Firdaus S.I.Kom. M.A. Dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Lampung, Setelah mempertahankan Disertasinya dihadapan promotor dan penguji selama tiga jam akhirnya Berhak dan dapat  Meraih gelar Doktor Ilmu Pemerintahan ke 241 dengan predikat sangat Memuaskan dengan judul Disertasi

“Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia,” dengan Tim Promotor yang terdiri atas :1. Prof. Dr. Tjahya Supriatna, SU. Ketua Promotor., 2. Prof. Dr. Murtir Jeddawi, S.H., M.Si.Co Promotor., 3. Dr. Musa Yosep, S.IP., M.Ak. Co Promotor, Tim Penguji/Oponen Ahli yang terdiri atas:1. Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, MM., (Rektor IPDN) yang diamanatkan kepada Wakil Rektor III Bidang Kewahasiswaan Bapak Dr. Yudi Rusfiana, S.IP., M.Si. mewakili atas nama Rektor IPDN selaku Pimpinan sidang., 2. Prof. Dr. Muh. Ilham, M.Si.,Direktur Sekolah Pasca sarjan IPDN)., 3. Prof. Dr. Mansyur Achmad, M.Si.,(Kap Prodi Sekolah Pasca sarjana program Doktoral)., 4. Dr. Sampara Lukman, M.A., 5. Dr. Ika Sartika, M.T.,(wakil Direktur sekolah pasca sarjana IPDN)., 6. Dr. Anna Gustina Zaenal, M.Si. (Penguji Eksternal).

Riwayat Pendidikan: SD N 1 Bumi Agung Lulus Tahun 2000., SLTP N 1 Tegineneng Lulus Tahun 2003., SMK Gajah Tunggal Metro Lulus Tahun 2006., S1 Ilmu Komunikasi Universitas Lampung Lulus Tahun 2011., S2 Ilmu Komunikasi Universitas Gadjah Mada Lulus Tahun 2014, dan Tahun 2016 Promovendus memasuki Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahah di Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Riwayat Pekerjaan: Tahun 2014-2017, Asisten Ahli di Komisi Informasi Pusat Republik Indonesia., Tahun 2017-2019, Tenaga Ahli di DPR RI., Tahun 2018-2021, Dosen Komunikasi & Penyiaran Islam di UIN Raden Intan Lampung., Tahun 2022-sekarang, Dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Lampung

Disertasi Dr. Feri Firdaus, S.I.Kom. M.A.  yang berjudul: “Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia,” secara konseptual terinspirasi dari isu penting perihal masih belum terwujudnya DPR RI sebagai badan publik yang terbuka dan informatif di tengah semakin menguatnya kehendak masyarakat untuk mengakses informasi publik di lembaga-lembaga pemerintahan. Berangkat dari isu penting tersebut, maka menurut hemat kami hal tersebut aktual untuk diteliti dan relevan dengan bidang yang ditekuninya sebagai pegiat keterbukaan informasi publik, pendidik profesional dan ilmuan, serta mendalami Ilmu Pemerintahan.

Penelitian ini mempunyai perbedaan yang spesifik dengan penelitian-penelitian terdahulu, baik dari segi lokasi, teori yang digunakan, objek penelitian, dimensi analisis, teknik analisis data, maupun metode penelitian yang digunakan. Temuan penelitian yang dijadikan dasar bagi penyusunan strategi implementasi kebijakan oleh diharapkan dapat memperkaya kajian teoritis dan dukungan empiris yang berkenaan dengan pentingnya optimalisasi pelaksanaan keterbukaan informasi publik di DPR RI bagi peningkatan kualitas peran dan partisipasi publik dalam proses penyelenggaraan negara. Kajian empirik ini secara spesifik diarahkan untuk membahas suatu strategi yang dikembangkan dengan Metode Analisis SOAR dengan kerangka 5M (man, money, machine, material, method).

menggunakan metode penelitian kualitatif. Analisis Deskriptif yang dikembangan dengan analisis Model Implementasi Kebijakan van Meter & van Horn dan juga kerangka analisis SOAR.

Hasil Penelitian dan Manfaatnya:

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi UU KIP di DPR masih belum optimal yang disebabkan karena beragam hambatan dalam proses pendokumentasian, pengklasifikasian, pengelolaan, dan pelayanan informasi publik yang bersifat teknis, administratif, birokratif, maupun yang bersifat politis. Terutama dalam hal pemanfaatan media informasi, sumber daya informasi, dan juga standarisasi kualitas SDM. Strategi yang perlu dilakukan adalah perlunya DPR menginisiasi dan mengembangkan sistem big data internal yang mengintegrasikan pendokumentasian, penyimpanan, pengklasifikasian, pengelolaan, dan pelayanan informasi publik secara real-time.

Hasil penelitian yang demikian itu diharapkan dapat menjadi bahan masukan berharga bagi para pemangku kepentingan dalam merumuskan langkah-langkah dan kebijakan strategis yang berkaitan dengan pelaksanaan kebijakan keterbukaan informasi publik di DPR, dengan tujuan untuk menjadikan DPR sebagai badan publik yang terbuka dan informatif. Disamping itu, penelitian ini diharapkan dapat mempersembahkan manfaat yang penting bagi pengembangan pengetahuan dalam bidang ilmu pemerintahan dan menjadi referensi yang berguna untuk penelitian-penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan isu Keterbukaan Informasi Publik.

Nasehat Akademik yang disampaikan oleh Prof. Dr. Tjahya Supriatna, SU.kepada Dr.Feri Firdaus  S.I.Kom. M.A.

Saudara Dr.Feri Firdaus  S.I.Kom. M.A, setelah melewati perjalanan panjang studi yang penuh dengan dinamika tuntutan dan tantangan, akhirnya Saudara berhak menyandang gelar Doktor Ilmu Pemerintahan; dan sejak hari ini, Selasa 31 Oktober 2023, Saudara resmi dinyatakan sebagai Doktor Ilmu Pemerintahan yang ke 241 atas disertasi yang saudara pertahankan dihadapan Komisi Penguji dengan judul “Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik di Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.”

Selanjutnya kami berharap, dengan gelar tersebut Saudara dapat mengamalkan segala ilmu yang dipelajari selama mengikuti program studi serta menerapkan implikasi praktis dan strategis yang Saudara susun dalam disertasi bagi penguatan keterbukaan informasi publik di DPR RI. Lebih dari itu, terkait dengan kedudukan Saudara sebagai Dosen Ilmu Komunikasi di FISIP Universitas Lampung, kami juga berharap Saudara dapat melakukan berbagai terobosan dalam melaksanakan penelitian, pengajaran, dan pengabdian kepada masyarakat yang lebih efektif dan inovatif dengan mendorong terwujudnya pemerintahan yang lebih terbuka dan penguatan literasi masyarakat akan hak asasinya memperoleh informasi publik. Kembangkanlah pendekatan disiplin Ilmu Pemerintahan yang Saudara dapatkan selama mengikuti Program Studi Doktor Ilmu Pemerintahan untuk mengoptimalisasikan peran lembaga legislatif dalam penyelenggaraan pemerintahan yang lebih terbuka dan partisipatif di masa depan.

Ucapan selamat dari Pimpinan media Aspirasi Publik yang juga sedang dalam menyelesaikan sekolah pasca sarjana program Doktoral di IPDN,Bapak  Oberlin Sinaga, SH., SE., MM. Dan wartawan aspirasi publik Dr. Joko Susilo Raharjo Watimena, S.PdI, MM., Semoga ilmu yang didapatkan Dr. Feri Firdaus,  S.I.Kom. M.A., akan dapat bermanfaat untuk Masyarakat Bangsa Dan Negara Indonesia Tercinta, Amin. (Oberlian Sinaga @ JSR Watimena)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini