Beranda Pendidikan Dr. Muhammad Arief Adillah, S.Sos. M.A.P., Dosen Politeknik Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Usia 27 Tahun, Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 247 dengan Predikat Sangat Memuaskan

Dr. Muhammad Arief Adillah, S.Sos. M.A.P., Dosen Politeknik Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Usia 27 Tahun, Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 247 dengan Predikat Sangat Memuaskan

0
Dr. Muhammad Arief Adillah, S.Sos. M.A.P., Dosen Politeknik Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Usia 27 Tahun, Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 247 dengan Predikat Sangat Memuaskan

Jakarta, aspirasipublik.com – Selasa,12 Desember 2023,berlangsung dari pukul 09.00 dan selesai pukul 12.00 di Ruang sidang lantai 3 Sekolah pasca sarjana Doktoral IPDN Jakarta, Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Inovasi  Prof. Dr. Hyronimus Rowa, M.Si. mewakili atas nama Bapak Rektor IPDN Prof  Dr. Drs.H. Hadi Prabowo, MM. siang ini diputuskan  hasil sidang promosi Doktor  atas nama Dr. Muhammad Arief Adillah, S.Sos. M.A.P., berhak menyandang gekar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 247, Dengan Tim Promotor yang terdiri atas:1.Prof. Dr. Drs. Khasan Effendy, M.Pd., 2. Dr. Ismiyarto, SH., M.Si., 3. Dr. Ella L. Wargadinata, MA., M.Si.,Tim Penguji/Penelaah yaitu: 1. Prof. Dr. Drs. H. Hadi Prabowo, MM. Rektor IPDN yang dalam hal ini siwakili oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Inovasi Prof. Dr. Hyronimus Rowa, M.Si. sekaligus menjadi pimpinan sidang., 2. Prof. Dr. Muh. Ilham, M.Si. (Direktur Pasca sarjana)., 3. Prof. Dr. Mansyur Achmad, M.Si. (Sek Prodi Pasca sarjana)., 4. Dr. Diah Puspita E., MP., 5. Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si., 6. Dr. Rachmayanty, Bc.Ip., SH., M.Si. (Penguji eksternal)

Riwayat singkat Dr. Muhammad Arief Adillah, S.Sos. M.A.P.,yang dilahirkan di Teluk Mengkudu pada tanggal 17 April 1996, merupakan anak sulung/anak pertama dari Bapak Khaidir dan Ibu Siti Zubaidah. Dr. Muhammad Arief Adillah, S.Sos.M.A.P., menikah dengan Saudari Nisaul Mardiah Tanjung dan dikaruniai Satu orang anak.

Pendidikan formal Sekolah Dasar diselesaikan pada tahun 2007 di SD R.A. Kartini, Serdang Bedagai. Untuk jenjang SMP diselesaikan pada tahun 2010 di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ar. Raudlatul Hasanah, Medan. selanutnya untuk jenjang SMA, lulus tahun 2013 dari Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mawaridussalam, Deli Serdang. Adapun pendidikan tinggi, jenjang S1 bergelar Sarjana Ilmu Administrasi Negara diselesaikan pada tahun 2018 di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara, serta S2 bergelar Magister Ilmu Administrasi Publik Universitas Medan Area.

Berikut adalah Riwayat Pekerjaan adalah: 1. Tenaga pengajar Pondok Pesantren Mawaridussalam, 2013 – April 2020: Dosen Politeknik Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, 2022 – Sekarang

Disertasi Dr.Muhammad Arief Adillah,S.Sos.M.A.P., yang berjudul “Implementasi Kebijkan Budaya Membaca dalam Meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat di Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera UTARA merupakan topik yang sangat aktual dan relevan sebagai kajian ilmu pemerintahan.  Fenomenanya adalah: Rendahnya penialain literasi membaca indonesia berdasarkan hasil survey yang dilakukan lembaga internasional. Indonesia selalu berada di posisi terbawah diantara negara-negara yang di survey. Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Indonesia dalam kategori rendah pada tahun 2019 dengan skala 48.17, pada tahun 2020 dengan skala 61.54, pada tahun 2021 dengan skala 64.40, pada tahun 2022 dengan skala 64.48. Kabupaten Serdang Bedagai yang sengaja dipilih oleh peneliti didasari dengan bebrgai prestasi yang di raih yaitu: 1. 28 November 2015 Rekor MURI dengan meresensi buku yang diikuti sebanyak 10.610 siswa., 2.20 Maret 2017 peringkat pertama sebagai Kabupaten Literasi dengan nilai indeks pembangunan literasi 0,8521, peringkat pertama dengan kategori A. Namun nilai Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat Kabupaten Serdang Bedagai pada Tahun 2022 dengan skala 40.03 dengan kategori rendah. Dari fakta-fakta dan fenomena yang telah disajikan, Dr.Muhammad Arief Adillah,S.Sos.M.A.P., merancang sebuah penelitian dengan menggunakan paradigma penelitian kualitatif.

Hasil Penelitian dan Manfaatnya,Merujuk pada hasil penelitian yang telah dilaksanakan Dr. Muhammad Arief Adillah, S.Sos. M.A.P., melihat perlunya kolaborasi pemerintah dengan melibatkan swasta dan sukarelawan untuk dapat mengimplementasikan kebijakan.sehingga hasil sebagai nofelty dengan memodifikasi model implementasi Mirelle S. Grindle dengan menambahkan 1 indikator dalam dimensi konteks yaitu Goverment Collaboration With Private Sector Involvement And Voluntary ,dapat digambarkan sebagai berikut:

Implementasi Kebijakan Model Peningkatan IPLM 2023

Nasehat Akademik yang disampaikan oleh Prof. Dr. Drs. Khasan Effendy, M.Pd., kepada Dr. Muhammad Arief Adillah, S.Sos. M.A.P.,Saudara Dr.Muhammad Arief Adillah,S.Sos.M.A.P.,sebagai seorang Doktor dengan capaian prestasi dan studi yang telah sudara raih, serta ilmu yang saudara dapatkan selama menempuh perkuliahan di Program Studi Ilmu Pemerintahan, kini saudara dihadapkan pada tantangan yang lebih besar yaitu tantangan untuk mendarmabhaktikan ilmu pemerintahan, wabil khusus ilmu implementasi kebijakan dalam meningkatkan budaya membaca sebagai pembangunan sumber daya manusia sehingga dapat mewujudkan Indonesia emas. Kami beharap dan berpesan kepada Saudara agar dapat membuktikan segenap kemampuan profesional saudara di berbagai bidang. Menjadi insan profesional yang akademik dan akademik yang profesional, yang terus mengembangkan diri dan berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya ilmu pemerintahan, wabil khusus lagi implementasi kebijakan dalam meningkatkan sumber daya manusia. Jauhkanlah diri dari rasa berbangga diri yang berlebihan yang berujung pada kesombongan. Gunakanlah ilmu padi yang semakin berisi semakin menunduk, jadilah insan profesional yang bertaqwa kepada Tuhan YME, berguna bagi masyarakat, bangsa dan negara.

Turut hadir dan memberikan ucapan selamat, Kedua orangtuanya ,istri tercintanya beserta putrinya, Direktur Politeknik Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, para sahabat sahabat Dosen Dosen Politeknik Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia serta para tamu tamu undanganya. Ucapan selamat juga dari Pimpinan media Aspirasi Publik yang juga sedang dalam menyelesaikan sekolah pasca sarjana program Doktoral di IPDN, Bapak Oberlin Sinaga, SH., SE., MM. Dan wartawan aspirasi publik Dr. Joko Susilo Raharjo Watimena, S.PdI,MM, Semoga ilmu yang  diperoleh Dr. Muhammad Arief Adillah, S.Sos. M.A.P., Dosen Politeknik Imigrasi, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia akan dapat bermanfaat  untuk Masyarakat Bangsa dan Negara Indonesia Tercinta Aamin YRA. (Oberlian Sinaga @ JSR Watimena)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini