Beranda Pendidikan Dr. Drs. Bahrudin, M.Si., Kepala Bagian Disiplin Kinerja dan Penghargaan pada Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 248 dengan Predikat Sangat Memuaskan

Dr. Drs. Bahrudin, M.Si., Kepala Bagian Disiplin Kinerja dan Penghargaan pada Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 248 dengan Predikat Sangat Memuaskan

0
Dr. Drs. Bahrudin, M.Si., Kepala Bagian Disiplin Kinerja dan Penghargaan pada Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 248 dengan Predikat Sangat Memuaskan

Jakarta, aspirasipublik.com – Rabu 13 Desember 2023,berlangsung dari pukul 09.00 dan selesai pukul 12.00 di Ruang sidang lantai 1 Sekolah pasca sarjana Doktoral IPDN Jakarta,Wakil Rektor III IPDN Bidang Kemahasiswaan Dr. Yudi Rusfiana, S.IP, M.Si  mewakili atas nama Rektor IPDN Prof  Dr. Drs.H. Hadi Prabowo, MM. siang ini diputuskan  hasil sidang promosi Doktor  atas nama Dr.Drs. Bahrudin,M.Si.,berhak menyandang gekar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 248, Dengan Tim Promotor yang terdiri atas:1. Prof. Dr. Wirman Syafri, M.Si., M.Si, 2. Prof. Dr. Mansyur Achmad, M.Si.(Sek Prodi Pasca sarjana)., 3. Dr. Drs. Rizari, MBA., M.Si.,Tim Penguji/Penelaah yaitu:  1. Prof.Dr.Drs.H.Hadi Prabowo, MM. Rektor IPDN yang dalam hal ini siwakili oleh Rektor III IPDN Bidang Kemahasiswaan Dr. Yudi Rusfiana, S.IP, M.Si . sekaligus menjadi pimpinan sidang., 2. Prof. Dr. Muh. Ilham, M.Si. (Direktur Pasca sarjan)., 3. Prof. Dr. Drs. Ismail Nurdin, M.Si., 4. Prof. Dr. Dra. Ira Irawati, M.Si. (Penguji eksternal)., 5. Dr. Tjahjo Suprajogo, M.Si.,6. Dr. Mulyadi, SP., M.Si.,

Riwayat singkat    Dr.Drs. Bahrudin,M.Si.,dilahirkan di Tangerang, pada tanggal 15 Agustus tahun 1972, dari pasangan Bapak Hasan Basri (alm) dan Ibu Siti Fatimah (alm) Dr. Drs. Bahrudin, M.Si.,  merupakan suami dari Novia Trisnawati dan dikaruniai 3 (tiga) orang anak: 1) Ardinov Fairel Athariz Chalif, 2) Ardini Fidelia Artanti Cherilea, 3) Ardina Firzha Afia Cecilia.

Pendidikan formal Sekolah Dasar diselesaikan di SD Negeri Pondok Bahar 1  lulus tahun 1985, SMP Negeri 1 lulus tahun 1988, SMA Negeri 1 lulus tahun 1991. Melanjutkan Diploma III di STIA-LAN RI Jurusan Administrasi Kepegawaian lulus tahun 1997. Memperoleh gelar Sarjana dari STIA LAN RI Jurusan Administrasi Negara tahun 2000 dan memperoleh gelar Magister dari UGM Program Studi Administrasi Publik  tahun 2007 dan pada tahun 2021  memasuki Program Doktor Ilmu Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Karir dalam dunia kerja sebagai Pegawai Negeri Sipil dimulai sejak tahun 1993 dengan riwayat sebagai berikut:1.Tahun 1993-2000 Staf Subbag Kantor Pusat pada Bagian Mutasi : 2.Tahun 2000-2009 Staf pada Bagian Mutasi Pegawai Biro Kepegawaian.:3.Tahun 2009-2010 Kepala Sub Bagian Mutasi Kenaikan Pangkat pada Bagian Mutasi Biro Kepegawaian.:4.Tahun 2010-2015 Kepala Subbag Administrasi Kaderisasi pada Bagian Mutasi Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri.:5.Tahun 2015-2018 Kepala Subbag Pengangkatan Pegawai pada Bagian Mutasi Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal.:6.Tahun 2018-2019 Kepala Bagian Disiplin dan Penghargaan pada Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal.:7.Tahun 2019-2020 Kepala Bagian Mutasi pada Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri.:8.Tahun 2020-Sekarang Kepala Bagian Disiplin Kinerja dan Penghargaan pada Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal. Kementerian Dalam Negeri.

Penelitian Dr. Drs. Bahrudin,M.Si., dilakukan untuk mengetahui, menganalisa dan menjelaskan  Implementasi Kebijakan Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional di lingkungan Kementerian Dalam Negeri yang belum berjalan secara optimal dalam peningkatan pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Kementerian Dalam Negeri  serta menemukan model kedepan yang relevan dalam Implementasi Kebijakan  Penyetaraan Jabatan Administrasi ke Dalam Jabatan Fungsional di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri.

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teori implementasi kebijakan dari Hamdi (2014), dimana dalam proses impelentasi kebijakan tersebut meliputi dimensi produktivitas, lineritas, dan efesiensi, sedangkan dalam penyusunan model relevan dalam implementasi kebijakan penyetaraan jabatan administrasi ke dalam jabatan fungsional di lingkungan Kementerian Dalam Negeri agar dapat berjalan secara oftimal perlu memberikan intervensi pada beberapa area untuk menyempurnakan proses implementasi kebijakan penyetaraan yang sudah ada. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deduktif dengan informan Pejabat dilingkungan Kementerian Dalam Negeri dan Pejabat yang mengalami penyetaraan jabatan.

Dr. Drs. Bahrudin, M.Si., dalam hasil penelitiannya telah berhasil membuat modifikasi model Implementasi Kebijakan Penyetaraan Jabatan Administrasi Ke dalam Jabatan Fungsional Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Dalam Negeri berdasarkan pengembangan dari pendekatan Teori Hamdi (2014) yaitu dengan menambahkan intervensi pada beberapa area, seperti: (a) Menganalisa dan menetapkan jumlah PNS dengan jabatan administrasi yang akan disetarakan dan yang akan dipertahankan, (b) Menetapkan jumlah jabatan fungsional yang dibutuhkan Kementerian Dalam Negeri, melakukan sosialisasi kepada seluruh PNS Kementerian Dalam Negeri, (c) Membentuk tim penilai kinerja instansi untuk masing-masing jabatan hasil penyetaraan, dan (d) Menetapkan  regulasi terkait pengembangan karier dan tata kelola administrasi jabatan fungsional pasca penyetaraan, sehingga kebijakan penyetaraan dirasakan tidak merugikan PNS dan tidak mengalami kendala dalam pengembangan karier.

Nasehat Akademik yang disampaikan oleh  Prof. Dr. Wirman Syafri, M.Si., M.Si kepada  Dr. Drs. Bahrudin, M.Si., Kami berharap dan berdo’a bahwa dengan menyandang gelar tersebut, Saudara dapat menggunakan dan mengamalkan segala ilmu yang dipelajari selama mengikuti program studi doktoral  serta dapat menerapkan dampak dan pengaruh praktis dan model yang relevan dalam implementasi kebijakan penyetaraan jabatan yang  Saudar susun dalam disertasi untuk membawa perubahan kearah yang lebih baik untuk pengelolaan dan pengembangan karier PNS Kementerian Dalam Negeri dalam memberikan pelayananan kepada Masyarakat luas. Kami juga sangat berharap Saudara dapat melakukan berbagai gagasan, inovasi serta terobosan dalam rangka meningkatkan   kapasitas dan kafabilitas serta kompetensi saudara bagi kemajuan Lembaga Kementerian Dalam Negeri di masa depan.Setiap masa ada orang/manusianya dan setiap manusia ada masanya dalam menerima kesuksesan dalam hidup, untuk itu janganlah merasa bangga berlebihan yang  berujung pada kesombongan dan keangkuhan, manfaatkan dan gunakanlah ilmu yang didapat untuk hal-hal yang postif yang berguna untuk keluarga, orang lain, bangsa dan negara.

Demikianlah nasihat akademik ini kami sampaikan, untuk selanjutnya kami ucapkan Selamat dan Sukses kepada Dr.Drs. Bahrudin,M.Si.,, selalu bahagia bersama  keluarga tercinta, Amien Ya Robball Almin.

Ucapan selamat juga dari Pimpinan media Aspirasi Publik yang juga sedang dalam menyelesaikan sekolah pasca sarjana program Doktoral di IPDN,Bapak Oberlin Sinaga, SH., SE., MM. Dan wartawan aspirasi publik Dr. Joko Susilo Raharjo Watimena, S.PdI,MM, Semoga ilmu yang  diperoleh Dr.Drs. Bahrudin,M.Si., Kepala Bagian Disiplin Kinerja dan Penghargaan pada Biro Kepegawaian Sekretariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, akan dapat bermanfaat  untuk Masyarakat Bangsa dan Negara Indonesia Tercinta Aamin YRA. (Oberlian Sinaga @ JSR Watimena)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini