Tim Medis Puskesmas Desa Curug Bitung Laksanakan Penyuntikan Vaksin Buat Guru Dan Staf Desa

Bogor, aspirasipublik.com – Vaksinasi atau imunisasi merupakan prosedur pemberian suatu antigen penyakit, biasanya berupa virus atau bakteri yang dilemahkan atau sudah mati, bisa juga hanya bagian dari virus atau bakteri. Tujuannya adalah untuk membuat sistem kekebalan tubuh mengenali dan mampu melawan saat terkena penyakit tersebut.

Sebenarnya, sistem kekebalan tubuh terhadap suatu penyakit bisa terbentuk secara alami saat seseorang terinfeksi virus atau bakteri penyebabnya. Namun, infeksi virus Corona memiliki risiko kematian dan daya tular yang tinggi. Oleh karena itu, diperlukan cara lain untuk membentuk sistem kekebalan tubuh, yaitu vaksinasi.

Dengan mendapatkan vaksin COVID-19, masyarakat bisa memiliki kekebalan terhadap virus Corona tanpa harus terinfeksi terlebih dahulu.

Beberapa manfaat yang diperoleh setelah mendapat vaksin COVID-19, al:

  1. Menurunkan angka kesakitan dan kematian akibat COVID-19. Seperti yang disebutkan sebelumnya, vaksin COVID-19 dapat memicu sistem imunitas tubuh untuk melawan virus Corona. Dengan begitu, risiko Anda untuk terinfeksi virus ini akan jauh lebih kecil.
  2. Mendorong terbentuknya herd immunity. Seseorang yang mendapatkan vaksin COVID-19 juga dapat melindungi orang-orang di sekitarnya, terutama kelompok yang sangat berisiko, seperti lansia di atas 70 tahun. Hal ini karena kemungkinan orang yang sudah divaksin untuk menularkan virus Corona sangatlah kecil.
  3. Meminimalkan dampak ekonomi dan sosial. Manfaat vaksin COVID-19 tidak hanya untuk sektor kesehatan, tetapi juga sektor ekonomi dan sosial. Jika sebagian besar masyarakat sudah memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik untuk melawan penyakit COVID-19, kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat bisa kembali seperti sediakala.

Untuk antisipasi penyebaran covid 19 terhadap masyarakat desa, pada hari ini Rabu, tanggal. 10/03/2021. Tim Medis Puskesmas Desa Curug Bitung dipimpin langsung oleh Dr. Arvid bersama Dr. Dodo melaksanakan penyuntikan vaksin gelombang pertama terhadap guru dan seluruh staf beberapa desa diantaranya desa curug bitung, desa cisarua, desa malasari dan desa bantar karet.

Pelaksanaan penyuntikan vaksin berjalan lancar dan disaksikan oleh babinsa desa curug bitung  sertu dadang, Adapun pelaksanaan vaksin ini diutamakan terhadap staf desa maupun guru yang banyak berhubungan langsung dengan masyarakat. (Surya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *