Kapolsek & Danramil Awali Pembangunan Mesjid Al – Iklas Kampung Pasir Saga

Bogor, aspirasipublik.com – Menilik masjid dari zaman ke zaman memiliki fungsi yang sangat penting, diantaranya:

  • Fungsi Zikir

Masjid berarti “tempat sujud”. Dalam syariat Islam ditegaskan bahwa seluruh permukaan bumi, pada hakikatnya, adalah masjid, yakni tempat untuk bersujud. Hal ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW,”Bumi ini telah disediakan bagi kita sebagai tempat bersujud (masjid) dan kondisinya bersih.” (HR Muslim). –

  • Fungsi Pikir

‘Alî ibn Abî Thâlib berkata,“Tidak ada yang lebih berharga daripada sebuah kemerdekaan, dan tidak ada yang lebih mulia daripada selesai menunaikan kewajiban.”

  • Fungsi Sosial

Selain tempat zikir (ibadah) dan pikir (tempat mendialogkan berbagai hal, khususnya yang berkaitan dengan ilmu agama dan umum), masjid seharusnya juga punya fungsi ketiga yang tak kalah pentingnya, yaitu fungsi sosial. Pada fungsi yang ketiga inilah, nasihat Sunan Gunung Jati yang dikutip pada awal tulisan ini menemukan relevansinya. Jadi, masjid (baca: umat Islam) seharusnya tidak hanya mengekspresikan kesalehan ritual, melainkan juga kesalehan sosial.

Dengan rasa bahagia akan mempunyai tempat untuk melaksanakan ibadah solat yang layak dan nyaman seluruh warga kampung pasir saga RT. 02 RW. 02 desa parakan muncang, kecamatan nanggung, kabupaten bogor secara bersama – sama datang kelokasi pembangunan mesjid al iklas yang akan melaksanakan peletakan batu pertama.

Oleh karena itu Donatur yang memberi bantuan buat pembangunan mesjid al iklas Ustad Uweng kampung lukut meminta agar pelaksanaan peletakan batu pertama dilakukan oleh kapolsek nanggung AKP. Dedi Hermawan, SH. Dengan Danramil Kapten CAJ. Suwignyo serta Sekdes Parakan Muncang Endang Ropiyudin.

Adapun anggaran untuk pembangunan mesjid al iklas dengan ukuran 7 M x 11 M sebesar Rp.150.000.000,-(seratus lima puluh juta rupiah) sudah menjadi tanggung jawab Ustad uweng kp lukut di tambah suwadaya warga setempat sebesar Rp.10.000.000,- (sepuluh juta rupiah).

Pada kesempatan yang sama ustad uweng juga mengatakan saya membantu anggaran buat pembangunan mesjid al iklas ini hanya karena Alloh SWT, dengan harapan saya semoga lancar dan sukses. (Surya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: