Puskesmas Kelurahan Sunter Jaya II Gandeng TNI AD Untuk Percepatan Layanan Vaksinasi COVID-19

Jakarta, aspirasipublik.com – Untuk mempercepat layanan vaksinasi COVID-19 bagi warga berusia diatas 18 tahun di wilayah Kelurahan Sunter Jaya, Kecamatan Tanjung Priok, jajaran Puskesmas Kelurahan Sunter Jaya II berkolaborasi dengan unsur TNI AD dan Kepolisian dalam hal penambahan personil tenaga kesehatan.

“Hari ini, kami sangat bersyukur sekali karena pelayanan vaksinasi bagi warga Sunter Jaya dibantu langsung oleh anggota TNI AD dan tim dari Wisma Atlet. Ada enam tim dari TNI AD yang diturunkan untuk membantu pelayanan vaksinasi COVID-19 yaitu dokter, bidan, dan perawat,” ungkap Kepala Puskesmas Kelurahan Sunter Jaya II, dr. Artika saat ditemui dalam kegiatan serbuan vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Kelurahan Sunter Jaya II, Selasa (29/6).

Berdasarkan data sementara yang didapatkan hingga Senin (28/6) kemarin, jumlah warga Sunter Jaya yang telah divaksinasi COVID-19 mencapai 14.500 orang. “Target peserta vaksinasi hari ini sekitar 400 orang. Sejauh ini kendala yang dihadapi masih bisa diatasi seperti halnya lokasi vaksinasi di lahan yang sempit nanti kami akan mencoba mencari tempat yang lebih luas lagi supaya protokol kesehatan (prokes) tetap terjaga,” terangnya.

Dukungan personil TNI AD dalam penyediaan tenaga kesehatan di Puskesmas Kelurahan Sunter Jaya II merupakan bentuk komitmen bersama untuk meningkatkan herd imunity. “Kami berusaha membantu untuk mempercepat program vaksinasi COVID-19 di wilayah Kelurahan Sunter Jaya. Hari ini, dikerahkan 21 anggota dari Puskes TNI dan 10 orang dari Pusdikes. Setiap saat, kami siap berkolaborasi dengan unsur Pemda, Polri dan TNI dalam penanganan COVID-19,” ujar Danramil 03 Tanjung Priok, Mayor Kav Teguh.

Sementara itu, antusiasme warga Sunter Jaya untuk mengikuti kegiatan serbuan vaksinasi di Puskesmas Kelurahan Sunter Jaya II semakin meningkat. “Ini pertama kalinya saya disuntik vaksin dengan harapan bisa mencegah tertularnya COVID-19. Awalnya sempat takut tapi mumpung ada kesempatan vaksinasi jadi harus dimanfaatkan. Kalau bukan dari diri sendiri siapa lagi yang melindungi diri kita dari ancaman COVID-19. Saat disuntik tidak terasa sakit dan tidak merasakan efek apapun, mudah-mudahan bisa sehat terus. Walaupun sudah divaksinasi, saya akan tetap menjaga prokes dengan 5M,” tutur Ummu Aini (24), warga RW 06 Sunter Jaya. (Eduardus)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *