Kades Yeyen Bersama Tim Satgas Desanya, Gercep Tangani Wabah Covid-19

Bogor, aspirasipublik.com – Kepala Desa Kalong 1, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Yeyen Permana. SPdi bersama tim Satgas desanya Gerak Cepat (Gercep) menangani warga yang sakit ataupun yang terpapar wabah Pandemi Covid-19 di masa berlakunya PPKM darurat. Pada Kamis (15/07/2021).

Kades Yeyen mengatakan, selalu peduli dengan warga yang tidak mampu apalagi kedapatan tak mempunyai beras, maka pihaknya langsung memberikan bantuan.

“Saya peduli kalau ada warga yang sakit yang tidak mampu saya sendiri yang turun untuk membantu, mau dia ke rumah sakit atau ke dokter mana saja Insya Allah saya Kepala Desa Karang 1 tidak lelah untuk melayani masyarakat saya. Insyaallah, mau dipakai kebutuhan orang lain untuk mobil desa silahkan, untuk hari ini aja Yang sakitnya 5 Orang saya tanggung jawab Soal biaya-biaya yang terjangkau,” kata Yeyen.

Yeyen menambahkan, bantuan yang diberikan besar atau kecilnya selalu dirasakan masyarakat Desa Kalong 1.

“Insya Allah, yang dikatakan Babinsa Betul adanya silakan tanya-tanya aja ke masyarakat soal bantuan besar atau kecilnya Insya Allah untuk melayani masyarakat yang bener-bener gak makan juga, yang namanya kepedulian saya pasti mementingkan di rumah,” jelasnya.

Ditempat yang sama, tim Satgas Covid-19 Desa Kalong 1 Ferdi menuturkan, sesuai dengan petunjuk dari ketua tim Satgas Desa Kalong 1 langsung terjun untuk menolong warga, apapun bentuknya.

“Alhamdulillah, untuk kegiatan atau langkah yang sudah dilakukan sesuai dengan perintah yang dari atas, juga Satgas yang dari kabupaten atau Kecamatan. Nah selama ini dari awal juga perintah dari Ibu Kepala Desa sesuai dengan arahan dari Bhabinkamtibmas dan Babinsa udah kami jalankan untuk tingkat RT/RW entah itu penyemprotan atau sosialisasi ke masyarakat masalah kesehatannya dibantu dengan yang membidanginya,” tuturnya.

Sesuai dengan Tupoksinya lanjutnya Siapapun bisa memberikan masukan untuk jalur ke Pemkab Bogor.

“Alhamdulillah, udah kami laksanakan sesuai dengan perintah dari Ibu Kepala Desa dan itu udah kami laporkan ke bhabinkamtibmas Babinsa juga sudah di laporkan ke Puskesmas dan untuk Bentuk bantuan kami yang lain boleh juga kalau ada yang bisa memfasilitasi juga untuk Kabupaten atau ke dinsos,” lanjutnya.

“Iya bantuan untuk yang Isoman dari ibu kepala desa berupa beras, vitamin langsung dari Ibu Kepala Desa, untuk lebihnya ya Belum ada cuman untuk kebutuhan dan fasilitas APD seperti hand sanitiser langsung kami berikan untuk 14 hari, itu pun harus diperiksa kembali Gimana hasilnya kalau udah selesai,” tutupnya.

Senada dengan Ferdi, Babinsa Desa Kalong 1 Peltu Zarnidi menjelaskan, selalu menghimbau warga untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan.

“Untuk pencerahan kepada warga kami dari Satgas covid sudah mengimbau kepada tim Satgas kami sendiri ataupun masyarakat, pertama selalu mengingatkan kepada Satgas untuk selalu menghimbau dan memperhatikan masyarakat di lingkungan kita masing-masing, juga agar memantau apabila itu ada yang Isoman harus memantau apa kebutuhannya apa kendalanya dan selalu di pantau kalau bukan kami siapa lagi yang akan melaporkannya,” jelasnya.

“Dan apabila ada masalah kendalanya dalam bidang kesehatan, Mungkin dia ada kendala batuk ataupun ada keluarga setelah mendengar laporan, itu langsung di laporkan ke bidan desa. Nanti, dari Desa akan Menindaklanjuti apakah itu bisa ditangani oleh tim Satgas apakah itu juga harus dilaporkan kepada Puskesmas untuk ada tindakan lebih lanjut,” (Seno)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *