Aplikasi Megames Menghadirkan Permainan Tradisional Nusantara yang Sangat Menghibur dan Edukatif di Tengah Pandemi Covid-19

Jakarta, aspirasipublik.com – Pandemi Covid-19 masih dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Pemberlakuan PPKM menjadikan masyarakat hanya bisa melakukan kegiatan dari rumah. Hal inipun bikin jenuh, bosan dan penat. Biar gak bosan dan jenuh  mainkan aja megames yang tersedia di play store yang menyajikan hampir 2.000 lebih jenis permainan tradisional nusantara yang tersebar dari Sabang sampai Merauke.

Hari ini 15 Juli 2021 PP UMINDO menyelenggarakan diskusi nasional  melalui daring dengan mengusung tema: “Penguatan Nilai-Nilai Pancasila melalui Game Tradisional Nusantara Berbasis Digital” yang dihadiri oleh narasumber Marvel Situmorang, Direktur Pengembangan Pitalebar Kominfo, Nyoman Adhiarna, Plt. Direktur Ekonomi Digital Kominfo, Hetifa Sjaifudin, Wakil Ketua Komisi X DPR RI, Yuana Rochma Astuti, Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Marlinda Irwanti Direktur Pascasarjana USAID, dan Tarachan Mirchandani Founder meGames

Direktur Pengembangan Pitalebar Kominfo, Marvel Situmorang mengatakan bahwa sangat menyambut baik dan mendukung kreativitas pembuatan games yang dikaitkan dengan wawasan nusantara atau konten-konten yang mengedepankan budaya nasional. Kita sebut ini sebagai kreativitas yang sangat baik, kita ketahui bahwasanya generasi muda kita suka menggandrungi games tradisional akan menumbuhkan kecintaan terhadap produk dan kebudayaan Indonesia.

Untuk itu, Kominfo akan berusaha sekuat tenaga membangun infrastruktur telekomunikasi internet yang bisa menjangkau semua wilayah pedesaan di tanah air dengan cepat dan berbiaya murah, ujar Marvel Situmorang di Jakarta, Jumat (15/07/2021).

Sementara itu, dukungan yang difasilitasi oleh Kemenparkraf terhadap provider games untuk berkompitisi di pasar internasional melalui event-event games digital baik yang diselenggarakan dalam negeri maupun diluar negeri seperti event Game Prime, Game Connection, Gamescom, Tokyo Game Show dan Baparekraf Game Prime 2021.

Bertepatan dengan Hari Game Indonesia tanggal 8 Agustus 2021, Kemenparekraf /Baparekraf akan menyelenggarakan Baparekraf Game Prime 2021, eksebisi game terbesar di Indonesia yang dilaksanakan setiap tahun oleh AGI dan GGWP.

Ribuan game developer dan praktisi industri game akan mengikuti program pameran, networking dan pertemuan bisnis disini. Selain itu Deputi Pemasaran akan mendukung pembelian game lokal melalui program bertajuk Beli Game Lokal, ungkap Yuana Rachma Astuti, Direktur Pemasaran Kemenparekraf.

Dengan event berskala nasional dan internasional akan memacu semangat provider aplikasi game semakin berdaya saing tinggi dan bertumbuh yang berdampak pada pertumbuhan ekonomi kreatif berbasis game digital. Diharapkan akan lahir pemain-pemain game kelas dunia yang bertalenta tinggi dan bisa bersaing di tingkat internasional sama halnya dengan e-sport.

Diharapkan juga dukungan dari DPR RI khususnya komisi 10 agar membuat UU khusus yang memayungi hak cipta games karya anak bangsa khususnya games tradisional.

Tarachan Mirchandani, founder meGames dan CEO ACM  mengatakan, meGames dirancang atas kegelisahannya melihat semakin hilangnya permainan tradisional dengan masuknya dunia digital. Untuk itu, kata Kamal, pihaknya ingin terus melestarikan dan mengenalkan permainan tradisional kepada generasi muda.

Selain itu juga memberikan edukasi dan hiburan serta membangkitkan rasa nasionalisme kepada generasi muda kita untuk cinta dan lebih menghargai budaya Nusantara. (EZL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *