Pembangunan P3A Kampung Pakapuran Dikerjakan Sangat Istimewa

Bogor, aspirasipublik.com – Agar tanaman dapat hidup dengan subur, selain dipengaruhi oleh faktor cuaca dan kandungan unsur hara didalam tanah, juga harus memperoleh cukup air. Pemberian air yang mencukupi merupakan faktor penting bagi pertumbuhan tanaman.

Demikian pula halnya dengan usaha meningkatkan produktivitas suatu lahan pertanian. Ketersediaan air merupakan faktor penting, tanpa air yang cukup produktivitas suatu lahan tidak maksimal.

Salah satu upaya penyediaan air bagi lahan pertanian adalah dengan membangun irigasi. Irigasi adalah “usaha pengadaan dan pengaturan air secara buatan, baik air tanah maupun air permukaan untuk menunjang pertanian”. Sedangkan Daerah Irigasi adalah suatu kesatuan wilayah yang mendapatkan air dari suatu jaringan irigasi.

Berdasarkan cara pengaturan, pengukuran, serta kelengkapan fasilitas, jaringan irigasi dapat dikelompokkan menjadi tiga jenis, yaitu: jaringan irigasi sederhana, jaringan irigasi semi teknis dan jaringan irigasi teknis.

Untuk kemajuan dan meningkatkan perekonomian seluruh warga kampung Pakapuran, desa parakan muncang, kecamatan nanggung, kabupaten bogor pemerintah menurunkan bantuan untuk pembangunan P3A (saluran air) yang akan mengairi pesawahan seluas 3 hektar sawah, maka dari itu agar seluas 3 hektar bisa teratasi tim pelaksana pembangunan melaksanakannya sangat luar biasa dan sesuai dengan RAB yang sudah di tentukan.

Salah satu warga yang memiliki sawah di sekitaran lokasi sangat mengucapkan terima kasih dengan adanya pembangunan saluran pengairan ini, karena belakangan ini pengairan kesulitan akibat kurangnya debit air yang akan mengairi sawahnya,

“Semoga menjadi solusi dan mendapatkan panen yang cukup baik,” tandasnya asep (Surya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *