Telah terbit buku Terbaru Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd., Dr. Solahuddin Ismail “Tata Kelola Organisasi Dinamis, Transformasi Menuju Organisasi Era Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0”

Telah terbit buku baru karangan Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd. Dr. Solahuddin Ismail dengan judul “Tata Kelola Organisasi Dinamis, Transformasi Menuju Organisasi Era Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0”

Dalam wawancaranya Wartawan Aspirasi Publik DR.Joko Susilo Raharjo Watimena S,PdI,.MM.adalah salah satu murid Prof. Dr. Hj. Sedarmayanti, M.Pd.  sewaktu menimba ilmu di Program Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN, Ungkapnya semoga buku ini akan berguna untuk para kalangan Akademisi,Praktisi,Para peneliti ,Birokrasi ,ASN,Para mahasiswa dan mahasiswi dan terutama untuk kepentingan masyarakat bangsa dan negara tercinta Indonesia yang membedah tentang Tata Kelola Organisasi Dinamis, Transformasi Menuju Organisasi Era Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0  .

Didalam kata pengantar dari buku ini adalah sebagai berikut : Globalisasi yang menginspirasikan industri 4.0 dan masyarakat 5.0 menjadi hambatan dan tantangan terkini generasi milenial. Ilmu bukan hanya berada dalam acuan teoretis semata-mata, tetapi juga sangat membutuhkan praktis secara bersama. Selain itu, ia juga harus seiring dengan kemajuan teknologi masa kini agar pengetahuan dapat dicampur sesuai dengan tuntutan zaman. Demikian halnya tumpuan yang perlu diadaptasi dalam pengelolaan organisasi.

Justru, buku ini mencoba mengajak pembaca sekalian untuk memahami pengetahuan dalam konteks yang lebih luas, mencakup teori, praktis, dan tata cara menyesuaikan dengan kemajuan teknologi masa kini. Ia sejalan dengan tuntutan industri 4.0 dan masyarakat 5.0 yang menginginkan masyarakat sama ada hasrat atau tidak menerima dan melakukan transformasi organisasi untuk memenuhi tuntutan zaman yang telah berkembang pesat.

Organisasi secara umum harus positif menerima pembaruan dan mengelolanya secara kreatif dan inovatif, agar masyarakat dapat menerima pembaruan yang diperkenalkan. Jadi, mempersiapkan sumber daya manusia dan sarana prasarana sesuai kebutuhan harus dipercepat agar organisasi tidak tertinggal. Untuk tujuan itu, pemimpin organisasi perlu memahami konsep dan kebutuhan industri 4.0 dan masyarakat 5.0 terlebih dahulu. Hal tersebut sebagai asas utama dalam memastikan organisasi dikelola setara dengan negara maju lain.

Pemahaman ini kemudian perlu ditransformasikan dalam segenap aspek organisasi agar kreativitas dan inovasi dapat dikembangkan sesuai dengan norma baru yang diimplementasikan. Cara berpikir dan daya cipta produk Kata Pengantar vivi baru perlu diberi ruang sebaiknya dalam menghadapi persaingan globalisasi. Metode baru dalam manajemen organisasi bersifat maya (virtual) seperti kantor maya (virtual office) dan otomatisasi kantor (office automation) akan menjadi cara tata kelola baru dalam organisasi.

Dengan demikian, penggunaan teknologi secara maksimal dan menyeluruh harus dimanfaatkan dan dilaksanakan mencakup sistem, instrumen, aplikasi, dan sebagainya, supaya sistem penyampaian (delivery system) berlaku dengan efisien dan dapat dinikmati oleh pemimpin dan masyarakat. Teknologi dengan prasarana yang up-to-date menjadikan aliran informasi dapat disalurkan dengan cepat dan berkesan. Aplikasi e-administration menjadikan informasi dapat disalurkan dengan cepat, selain dapat mengurangi salah paham terkait informasi yang ingin disampaikan. Ia juga sesuai dengan kehendak pemerintah di dalam mengupayakan seluruh informasi berasaskan e-government bagi pencapaian informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

 Organisasi secara natural perlu membentuk strategi yang berkesan dalam mengenal kebutuhan baru yang berbagai macam. Metode SWOT menjadi sebagian cara untuk mengetahui, mengelola, dan mengawasi keberdayaan organisasi supaya sentiasa berada di dasar yang tepat. Kepekaan terhadap iklim organisasi, hubungan komunikasi, teknologi dan informasi baru dari pelbagai sumber membolehkan perencanaan dilakukan secara strategis, supaya kelancaran organisasi dapat terlaksana. Ia juga dapat mengecilkan jurang perbedaan pengelolaan dan mengurangi konflik kepentingan di dalam organisasi.

Koordinasi yang tepat dan kolaborasi yang strategis harus menjadi mekanisme penting dalam proses membuat keputusan di dalam organisasi. Kedudukan ini harus juga mengambil kira keberadaan sumber daya organisasi dan keperluan melakukan restrukturisasi, supaya pengembangan organisasi mencapai tahap optimal. Analisis, proses, dan intervensi bagi setiap perubahan dan pembaruan akan menjadikan manajemen perubahan organisasi berfungsi sebagai setara dan seimbang (check and balance), demi kelancaran tata kelola organisasi.

 Pengelolaan organisasi perlu memberi fokus kepada aset pengetahuan yang melibatkan seluruh masyarakat dalam memastikan segala perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan penilaian dapat berjalan dengan lancar. Sumber daya manusia yang berpengetahuan sesuai dengan tuntutan organisasi perlu diperkokoh dan digerakkan secara tuntas dengan membuka peluang kepada para pimpinan untuk terus menimba dan berbagi pengetahuan baru.

Ini karena modal manusia (human capital) adalah aset penting yang harus didedahkan dengan ilmu dan pengetahuan yang luas, agar mereka terus bermotivasi dan cakap mengelola organisasi. Jadi, penting di sini untuk menilai kebutuhan manajeman bakat (talent management) sebagai salah satu bentuk pengawasan kerja ke atas pimpinan. Kualitas kerja secara efisien akan merujuk bukan hanya kepada produktivitas semata, tetapi juga kepribadian, kepemimpinan, talenta, dan lainnya yang mewakili identitas individu. Ia secara tidak langsung akan melahirkan sumber daya manusia unggul dan berkualitas yang memahami keperluan organisasi, memenuhi citra hidup bersosial, dan mampu memberi pelayanan terbaik kepada masyarakat. Akhirnya, buku “Tata Kelola Organisasi Dinamis, Transformasi Menuju Organisasi Era Industri 4.0 dan Masyarakat 5.0” disajikan kepada para pembaca dalam keadaan yang serba kekurangan. Penulis mengharapkan komentar dan saran dari pembaca agar isi kandungannya dapat diperbaiki bagi memenuhi citra pembaca sekalian. Sekali lagi penulis mohon maaf atas kekurangan dan khilaf yang ada di dalam penulisan buku ini. Editor: Rachmi., Desain Sampul: Hendra Kurniawan.,Setting & Layout Isi: Benny Wahyudi.,Diterbitkan & dicetak oleh PT Refika Aditama,Jl. Mengger Girang No. 98, Bandung 40254 Telp. (022) 5205985, Fax. (022) 5205984, Email: refika_aditama@yahoo.co.id., refika.aditama@gmail.com., Anggota IKAPI Cetakan Kesatu, Juni 2021. (Oberlian Sinaga@JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *