Tiga Kelurahan di Jakarta Utara Zona Hijau Vaksinasi Covid – 19

Jakarta, aspirasipublik.com – Dua kelurahan di Kecamatan Kelapa Gading, yaitu Kelurahan Pegangsaan Dua dan Kelapa Gading Timur, serta satu kelurahan di Kecamatan Penjaringan yaitu Kelurahan Kamal Muara masuk dalam zona hijau vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Berdasarkan data dari laman www.corona.jakarta.go.id, capaian vaksinasi dosis pertama di tiga kelurahan tersebut telah menyentuh angka delapan puluh persen dari total sasaran.

Camat Kelapa Gading, Darmawan mengucap syukur atas capaian vaksinasi di dua kelurahan tersebut. Untuk Kelurahan Pegangsaan Dua, capaian vaksinasi menyentuh angka 80,08 persen atau sekitar 40.020 orang dari sasaran 49.976 orang, dan capaian vaksinasi dosis pertama Kelurahan Kelapa Gading Timur menyentuh angka 81,22 persen atau sekitar 27.282 orang dari sasaran 33.592 orang.

Sedangkan data capaian vaksinasi Kecamatan Kelapa Gading, dipastikannya telah menyentuh angka 80.07 persen atau sekitar 95.514 orang dari sasaran 119.285 orang.

“Alhamdulillah capaian itu tentunya berkat kerja sama tim, baik itu aparatur kecamatan, kelurahan, petugas puskesmas, TNI, Polri, dan juga stakeholder (pemangku kepentingan lainnya), termasuk juga masyarakat,” kata Darmawan saat dikonfirmasi, Jumat (24/9).

Dijelaskannya, zona hijau vaksinasi Covid-19 yang diraih ini bukanlah hal yang mudah. Sosialisasi, edukasi, keterbukaan informasi, hingga pembukaan empat belas titik sentra vaksinasi saat awal pelaksanaan vaksinasi warga usia 18 sampai dengan 59 tahun.

Hingga saat ini, tercatat telah membuka sekitar 22 sentra vaksinasi baik di fasilitas umum seperti Gedung Olah Raga (GOR) Judo, mall, hingga Kantor Sekretariat Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT).

“Kalau dibilang upayanya setiap wilayah bisa saja sama. Tapi kami rasa, kami timing (waktu) pembukaan sentra vaksinasinya lebih cepat. Ditambah animo masyarakat pun tinggi,” jelasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Penjaringan, Depika Romadi mengapresiasi kerja kolaborasi dalam pencapaian vaksinasi Kelurahan Kamal Muara yang kini menyentuh angka 80,02 persen atau mencapai 10.347 orang dari sasaran 12.930 orang.

Termasuk juga kelurahan lain yang capaian vaksinasinya tetap didorong seperti halnya Kelurahan Kapuk Muara dan Pluit yang saat ini telah mencapai 76 persen. Begitu pun pada Kelurahan Pejagalan dan Penjaringan yang memiliki target capaian tinggi namun tidak menyurutkan semangat petugas dan para kader, menyisir warga yang belum divaksinasi baik itu belum berani atau pun memiliki riwayat penyakit bawaan (komorbid).

“Kami ucapkan terima kasih kepada petugas kesehatan, kader, stakeholder, hingga TNI dan Polri, hingga pengurus RT/RW di Kelurahan Kamal Muara yang telah bekerjasama. Ini merupakan kerja kolaborasi semua pihak yang setiap hari tak kenal lelah menyisir warga yang belum vaksin, mereka menjemput, memberi penjelasan, merayu, hasilnya ini,” tutup Depika. (EDUARDUS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *