Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono Tebar 100 Ribu Benih Ikan dari Rangkaian Peringatan Ulang Tahun Kementrian KKP yang ke 22 Di Desa Wisata Pamegarsari, Lebak Wangi, Parung, Kabupaten Bogor

Bogor, aspirasipublik.com – Kunjungan kerja Menteri KKP di Situ lebak wangi, Rt 2 RW 01 desa wisata pamegarsari, kec. Parung, kabupaten bogor, Sakti Wahyu Trenggono didampingi sejumlah anggota DPR, yakni Adian Napitupulu, Ichsan Firdaus, dan K.H. Amang Syarifudin di Desa Wisata Pemegarsari tepatnya di situ Lebak Wangi, Parung Bogor. Jum’at 22 Oktober Pk 09.00.

Kunjungan tersebut Disambut oleh kepala desa Dian Iskandar SE, Ketua Pengurus Desa Wisata Amil Sumardi, Ketua TP. PKK Dina Mariana, Staf Desa, Babinsa, BPD, LPM, Pengurus Bumdes, Karang Taruna,Linmas, Kader PKK/Paud/Posyandu, Ketua Rt, Ketua Rw, Kadus, Ketua TP. PKK, tokoh agama, dan tokoh masyarakat,para pedagang yang berada di seputaran situ lebak wangi, Guru guru dan siswa siswi SD lebak wangi yang turut memeriahkan dengan permainan Hadrah adalah suatu kesenian dalam bentuk seni tari dan/atau nyanyian yang bernafaskan Islam disertai dengan alunan rebana  ,Turut hadir dari kabupaten bogor seluruh SKPD lengkap dari seluruh dinas mewakili bupati Bogor.

Dalam kunjungan tersebut tetap mematuhi protocol kesehatan ,Menjaga Jarak ,memakai masker,mencuci tangan dan seluruh tamu yang hadir disiapkan tenaga kesehatan  oleh panitia Rapid Test dan Swab Antigen secara gratis guna memutus mata rantai Covid 19.

Menteri Kelautan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menebar 100 ribu benih ikan di Desa Wisata Pamegarsari, Lebak Wangi, Parung, Kabupaten Bogor. Kegiatan ini dalam rangaka meningkatkan budi daya ikan, sekaligus meningkatkan ekonomi Rakyat dan membangun desa wisata sebagai tempat hiburan sehat. Tebar benih ikan ini juga menjadi bagian dari rangkaian peringatan ulang tahun kementrian KKP yang ke 22 selain itu, kehadiran menteri KKP secara langsung ke desa desa menjadi jawaban dari kerinduan Masyarakat desa atas hadir nya negara dalam setiap sektor kehidupan.

 Setelah  menebar benih Menteri Trenggono berkeliling Situ Lebak Wangi yang luasnya 7,1 hektare menaiki spetbood didampingi kepala desa pamegar sari Dian Iskandar SE., anggota DPR, Adian Napitupulu, Ichsan Firdaus, dan K.H. Amang Syarifudin dan SKPD kab Bogor serta beberapa tokoh masyarakat.

Sesampai disebrang situ lebak wangi sudah disambut gembira oleh anak anak SD Lebakwangi dengan irama hadrah didampingi para guru guru SD lebak Wangi ,Bukan saja anak anak SD yang menyambut akan tetapi seluruh masyarakat desa pamegarsari serta para  pedagang yang terdiri dari para kader PKK  ikut menyambut gembira dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan .

Selesai berkeliling setu lebak wangi dirangkai dengan pemotongan tumpeng oleh bapak kepala desa Pamegarsari Dian Iskandar SE, diserahkan kepada bapak mentri Kelautan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono  dalam menshukuri peringatan ulang tahun kementrian KKP yang ke 22 dan kehadirannya ke desa wisata situ lebak wangi desa pamegar sari parung bogor di rumah kediaman anggota DPR RI  Adian Napitupulu yang berada di depan danau tersebut.

Dalam wawancara wartawan Aspirasi Publik Dr Joko Susilo Raharjo Watimena S,PdI MM .Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN yang tinggal di desa pamegarsari juga bagian dari salah satu warga masyarakat desa pamegarsari kepada  Menteri Trenggono .ungkap pak mentri  bahwasanya “saya mengajak warga dan pengunjung untuk bersama-sama pengelola dalam menjaga kebersihan dan kelestarian ekosistem di Situ Lebak Wangi ini , Ekosistem perikanan yang sehat tidak hanya mendukung kegiatan wisata, tapi juga ketahanan pangan bagi masyarakat sekitar Situ Lebak Wangi dan situ lebak wangi ini  dapat dimanfaatkan untuk kegiatan budidaya perikanan air tawar namun aktivitas budidaya harus sesuai dengan aturan sehingga tidak mencemari lingkungan ,Kalau dimaksimalkan bisa menghasilkan perputaran ekonomi tinggi Kita bisa suplai untuk kebutuhan konsumsi masyarakat juga. Yang penting jangan sampai dirusak, jangan buang sampah di sini,” ungkapnya.

Kepala desa Bapak Dian Iskandar SE dan seluruh jajaranya yang penuh inovatif telah menjadikan  Desa pamegarsari menjadi desa  Wisata dan Tujuan dari desa wisata adalah untuk meningkatkan posisi dan peran masyarakat sebagai pelaku penting dalam pembangunan sektor pariwisata, dapat bersinergi dan bermitra dengan pemangku kepentingan terkait dalam meningkatkan kualitas perkembangan kepariwisataan didaerah membangun serta menumbuhkan sikap dukungan positif dari masyarakat desa sebagai tuan rumah melalui perwujudan nilai-nilai sapta pesona. Inovasi kepala desa Dian Iskandar SE. Bisa dijadikan contoh untuk desa desa di Indonesia, Demikian juga wajib pemerintah baik tinggkat pusat maupun kabupaten bogor harus mengapresiasi pemikiran yang luar biasa dari Pemerintah Desa Pamegarsari Kecamatan Parung bogor ini. (JSRW)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *