Pemuda Nias Indonesia Dukung Wujudkan Produk Ekonomi Kreatif Nias “Go Internasional”

Jakarta, aspirasipublik.com – Potensi pariwisata Kepulauan Nias harus mendapatkan perhatian khusus dan sungguh-sungguh dari semua stakeholder khususnya kepala daerah. Pemerintah daerah harus berperan aktif dan progres mengeksplorasi berbagai potensi destinasi wisata dijadikan sumber daya ekonomi baik sektor ekonomi kreatif, desa wisata, craft, batik, kuliner, dan hasil alam lainnya.

Pemuda Nias Indonesia menyambangi Kemenparekraf yang diterima langsung oleh Direktur Pemasaran Regional II Kemenparekraf Raden Sigit  Witjaksono. Pada pertemuan tersebut dibahas berbagai macam potensi destinasi wisata Kepulauan Nias.

Sigit Witjaksono menyampaikan peran dari masyarakat sangat strategis dan penting untuk memajukan ekonomi kreatif dan pariwisata. Peran dan keterlibatan pemuda sangat dibutuhkan karena pemuda memiliki energi, kreativitas dan inovasi kekinian, Jumat (12/11/2021).

Pada kesempatan itu Hendri A Larosa, SH, MH mengatakan secara universal pariwisata Kepulauan Nias sangat berpotensi untuk dijadikan pariwisata kelas dunia. Bisa dilihat dari keindahan pantainya dan keunikan budaya yang menjadi aset masyarakat Kepulauan Nias. Hal itu diperkuat dengan diselenggarakan Sail Nias 2019.

Kita mendorong pemerintah daerah se-Kepulauan Nias agar sektor pariwisata menjadi prioritas khusus karena dapat mendorong perekonomian daerah yang maju guna kesejahteraan masyarakat. Setelah closing statement menyampaikan bahwa budaya Nias adalah budaya kesatria terbukti dari Hombo Batu, ujar Hendri selaku praktisi hukum.

Sementara Pemuda Pemerhati Daerah Tertinggal Edizaro Lase bahwa Kepulauan Nias itu ibarat mutiara yang terkubur dalam lumpur. Untuk itu pemerintah daerah harus menentukan arah dan tujuan pembangunan ekonomi Kepulauan Nias khususnya dibidang ekonomi pariwisata.

Optimisme ini sangat berdasar dengan kinerja pemimpin di Bupati Nias Utara Amizaro Waruwu dan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu yang terus menggerakkan birokrasi yang melayani, menggenjot pertumbuhan ekonomi dan peningkatan infrastruktur, ujar Edi Lase.

Dinilai Nias Utara sangat berpotensi dijadikan sebagai desa wisata skala nasional karena daya tarik yang dimilikinya sangat menjual. Diharapkan pemerintah daerah melalui Dinas Pariwisata segera gerak cepat dan turun langsung ke tiap desa menginventaris desa mana yang berpotensi dijadikan desa wisata produktif, ujar Ardin Lase, SH. (EZL)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *