June 25, 2022

Kemeriahan Hari Raya Idul Fitri 1443 H Membawa Pesan Indonesia Negara Damai dan Berpengaruh di Dunia

2 min read

Jakarta, aspirasipublik.com – Umat Islam di seluruh dunia khususnya Indonesia merayakan hari kemenangan setelah sebulan penuh menjalankan ibadah puasa. Gema takbiran berkumandang di seluruh nusantara bahkan di setiap sudut kota dan kampung masyarakat ikut merayakannya. Bahkan umat agama lain pun ikut larut menyaksikan keriuhan dan kebahagiaan saudara-saudaranya umat Islam merayakan hari kemenangan paling sakral, suci dan indah itu.

Kemeriahan dan kebahagiaan ini pun makin sempurna dan paripurna karena lebaran tahun-tahun sebelumnya sangat terbatas dilakukan langsung maupun tidak langsung dikarenakan dampak pandemi covid-19. Tahun ini, masyarakat menyambutnya dengan penuh kebahagiaan dan rasa syukur untuk bisa bertemu dan silaturahmi dengan sanak saudara dan kerabat baik dalam satu kota maupun di luar kota. Rasanya kurang paripurna kebahagiaan jikalau tidak dilakukan secara tatap muka untuk saling memaafkan dan aneka suguhan roti lebaran khas nusantara. Indonesia memang dahsyat dan menjadi poros perubahan dunia salah satunya agenda Presidensi G-20 sebentar lagi diselenggarakan di Bali dan Indonesia adalah tuan rumahnya.

Menurut, Edizaro Lase Aktivis Sosial dan Kepemudaan menyampaikan bahwa Hari Raya Idul Fitri yang dirayakan oleh umat Islam di Indonesia bukanlah sekedar perayaan dan eksepsi kebahagiaan semata melainkan karunia dan pemberian Tuhan Yang Maha Esa untuk Indonesia.

“Tidak kebetulan Indonesia menjadi negara berpendudukan mayoritas agama Islam melainkan umat Islam di Indonesia menjadi rahmatan dan berkah untuk bangsa dan negara Indonesia dan juga masyarakat dunia” ujar Edizaro Lase di Jakarta, Senin (02/05/2022).

Hal itu menjadikan umat Islam di Indonesia semakin dihormati dan diperhitungkan di panggung internasional sekaligus menjadi kekuatan peradaban Islam dan ekonomi dunia.

Sementara, Pakar Komunikasi Publik Renaldi Zein lulusan Magister Komunikasi Universitas Indonesia dan Mantan Dewan Pengawas RRI menyampaikan umat Islam harus konsisten merawat, menjaga dan memelihara kedamaian dan kesejukan untuk kepentingan bangsa dan negara. Umat Islam Indonesia memiliki karakteristik tersendiri karena pengaruh budaya dan kearifan lokal nusantara.

Perlu diingat bahwa semua warga negara Indonesia masyarakat majemuk baik ragam suku, agama, bahasa dan budaya yang banyak tersebar di wilayah NKRI yang berdiri di atas puluhan ribu pulau. Marilah sebagai sesama anak bangsa jagalah persatuan dan kesatuan bersama dengan penuh toleransi, rasa kasih dan pengertian, bahu membahu membantu menuju Negara yang makmur, adil, berpengaruh dan beradab.

Hal ini sesuai pesan kepala negara Presiden Jokowi agar Indonesia aman dan damai rakyatnya. Rayakan Idul Fitri 1443 H dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Ibe)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.