June 25, 2022

Dr. Budi Mulyana, SE. M.Si Dosen Politeknik Keuangan Negara STAN Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 170 dengan Predikat Sangat Memuaskan

4 min read

Jakarta, aspirasipublik.com – Kamis, Tanggal 19 Mei 2022 bertempat di Gedung Pasca sarjana lantai satu   Kampus IPDN Cilandak Jakarta Selatan Dr. Budi Mulyana, SE. M.Si Dosen Politeknik Keuangan Negara STAN Raih Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN ke 170 dengan predikat sangat memuaskan ”Implementasi Balanced Scorecard dalam Meningkatkan Kualitas Perencanaan Kinerja di Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta” Ujian Promosi Doktor yang dilakukan selama tiga  jam dari pukul 09.00 sampai pukul  12.00, yang pelaksanaan sidangnya dipimpin oleh Bapak Wakil Rektor Bidang Adinistrasi  Dr. Rizari, MBA,M.Si., didampingi Direktur Pasca Sarjana Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si. Mewakili atas nama Rektor IPDN Dr. Hadi Prabowo, MM., dengan Tetap melakukan protokol kesehatan, Penguji dan promotor hadir langsung semuanya, Komisi Promotor yang terdiri atas :1. Prof. Dr. H. Khasan Effendy, M.Pd. 2. Prof. Dr. H.M. Aries Djaenuri, MA., 3. Dr. Sampara Lukman, MA dan Tim Penguji/Penelaah yang terdiri atas :1. Dr. Hadi Prabowo, MM. (Rektor IPDN)., 2. Prof. Dr. H. Wirman Syafri, M.Si. (Direktur Pasca Sarjana)., 3. Prof. Dr. Dahyar Daraba, M.Si., 4. Prof. Dr. Drs. Bahrullah Akbar, MBA., CPA., CSFA., 5.  Prof. Dr. Muh. Ilham, M.Si., 6. Dr. Hyronimus Rowa, M.Si. 7. Dr. Mansyur Achmad, M.Si. (Kaprodi Pasca Sarjana)., 8. Dr. Ir. Dedeh Maryani, MM.,

Riwayat singkat Dr. H. Budi Mulyana SE.Ak., Msi dilahirkan di Tasikmalaya, pada tanggal 5 Januari 1972, dari pasangan Suhana dan Titi Djubaedah.  Pernikahannya dengan Dian Pertiwi, Ak., MSE. telah dikaruniai 3 orang putra-putri, yaitu: Hanifah Salma Ramadhani, S.Psi., Emira Taqira Karima, dan Thoriq Abdillah Fathan.

Riwayat Pendidikan : Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tasikmalaya lulus tahun 1984;  SMP Negeri Kawalu Tasikmalaya lulus tahun 1987; SMEA Negeri Tasikmalaya lulus tahun 1990; Ajun Akuntan Program Studi Akuntansi Sekolah Tinggi Akuntansi Negara Jakarta lulus tahun 1993; Sarjana Ekonomi Program Studi Akuntansi Universitas Satya Negara Indonesia Jakarta lulus tahun 1997; Magister Sains Program Studi Akuntansi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta lulus tahun 2006, Program Doktoral Ilmu Pemerintahan Institut Pemerintahan Dalam Negeri. 

Riwayat Pekerjaan: Koordinator Urusan Tata Usaha dan Keuangan Balai Diklat Keuangan Malang Tahun 2000-2003., Widyaiswara STAN Tahun 2004-2015., Ketua Prodi DIII Kebendaharaan Negara PKN STAN Tahun 2016-2019., Ketua Prodi DIV Manajemen Keuangan Negara PKN STAN Tahun 2021-sekarang

Disertasi Dr. Budi Mulyana, SE. M.Si yang berjudul: ”Implementasi Balanced Scorecard dalam Meningkatkan Kualitas Perencanaan Kinerja di Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta”, secara konseptual terinspirasi dari isu penting yang terkait dengan kualitas Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP) yang menjadi salah satu area yang ingin diperbaiki dalam rangka pelaksanaan agenda reformasi birokrasi yang sudah memasuki periode ketiga (2020-2024).

Mengacu kepada isu penting itulah maka menurut hemat kami masalah ini aktual untuk diteliti dan relevan dengan bidang yang ditekuni yang mendalami bidang ilmu pemerintahan. Isu penting ini juga relevan untuk menjadi perhatian dalam upaya peningkatan kualitas perencanaan kinerja di pemerintah daerah.

Penelitian ini mempunyai perbedaan yang spesifik dengan penelitian-penelitian terdahulu, baik dari judul, lokasi, tujuan penelitian,  ruang lingkup obyek penelitian, maupun metodologi penelitiannya. Temuan penelitian yang dijadikan dasar penyusunan suatu model oleh promovendus diharapkan dapat memperkaya kajian teoritis dan dukungan empiris yang berkenaan dengan pentingnya peningkatan kualitas perencanaan kinerja di Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Kajian empirik ini secara spesifik diarahkan untuk membahas Implementasi Balanced Scorecard dalam Meningkatkan Kualitas Perencanaan Kinerja di Pemerintah Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, menurut pendekatan teori Balanced Scorecard untuk sektor publik dari Niven. Dan menggunakan metode penelitian kualitatif tipe studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui studi literatur/dokumentasi, Focus Group Discussion (FGD) dan observasi. FGD melibatkan pejabat yang bertanggung jawab dalam pengembangan kinerja instansi Pemprov DKI Jakarta yang berasal dari Bappeda dan Inspektorat, serta pihak eksternal yang merupakan pakar di bidang manajemen kinerja instansi pemerintahan. Teknis analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang terdiri dari tahap reduksi data, tampilan data dan penarikan kesimpulan serta verifikasi.

Dr. Budi Mulyana, SE. M.Si telah berhasil memperoleh temuan penelitian dan memformulasikan penerapan Model BSC dalam perencanaan kinerja untuk mengatasi permasalahan dalam perencanaan kinerja di Pemprov DKI Jakarta, yang secara garis besarnya diawali dengan pemetaan sasaran strategis  (strategy mapping)ke dalam 4 perspektif BSC dalam perencanaan kinerja di tingkat Pemda; menurunkan  perencanaan kinerja tingkat Pemda ke tingkat SKPD (cascading) dan menyeleraskan pembagian target kinerja antar SKPD sesuai kewenangan dan kapasitasnya masing-masing (alignment); dan  melakukan pendetilan perencanaan kinerja di tingkat SKPD dengan menjabarkan sasaran strategis ke dalam program/kegiatan beserta indikator kinerja dan targetnya.

Nasehat Akademik yang disampaikan oleh Promotor Prof. Dr. H. Khasan Effendy, M.Pd. kepada Dr. Budi Mulyana, SE. M.Si ., kami berharap, dengan gelar yang saudara dapatkan pada hari ini untuk  dapat mengamalkan segala ilmu yang dipelajari selama  mengikuti program studi serta  menerapkan Model Balanced Scorecard dalam Meningkatkan Kualitas Perencanaan Kinerja Pemerintah Daerah yang Saudara susun dalam disertasi untuk kesejahteraan masyarakat yang seluas-luasnya.

Lebih dari itu, terkait dengan kedudukan Saudara sebagai Dosen, kami juga berharap Saudara dapat melakukan berbagai upaya dan terobosan untuk meningkatkan kapasitas dan efektivitas birokrasi dan akademisi  dalam melaksanakan fungsi-fungsi pemerintahan dengan menjunjung tinggi kedaulatan rakyat dan menghormati hak asasi manusia.

Kembangkanlah pendekatan disiplin Ilmu Pemerintahan yang Saudara dapatkan selama mengkuti Program Studi  Doktor Ilmu Pemerintahan untuk mengoptimalisasikan keberhasilan reformasi birokrasi bagi kemajuan bangsa dan negara di masa depan. (Oberlian sinaga @ JSR Watimena)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.